Chihuahua (anjing)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Anjing Chihuahua)
Chihuahua
Negara asal Meksiko
Ciri-ciri
Berat 1,8–2,7 kg (4–6 pon)
Tinggi 15–25 cm (6–10 in)
Bulu Berambut pendek (bulu halus) dan berbulu panjang
Warna Warna apapun kecuali merle
Jumlah anak biasanya 2–5
Masa hidup 12 – 20

Chihuahua adalah salah satu ras anjing yang paling kecil di dunia, tetapi memiliki kepribadian yang besar. Chihuahua terkenal akan ukuran tubuh mungil, telinga berdiri tegak, dan kepribadian yang hidup. Meskipun kecil, Chihuahua memiliki hati yang penuh semangat dan sangat setia kepada pemiliknya. Mereka seringkali menjadi anjing pendamping yang penuh cinta dan ceria, cocok untuk berbagai gaya hidup.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Chihuahua adalah salah satu ras anjing paling kuno dan terkenal di dunia. Meskipun sejarah pastinya tidak selalu jelas, ada beberapa teori yang menyelidiki asal usulnya. Salah satu teori yang paling dikenal adalah bahwa Chihuahua adalah keturunan dari anjing kecil yang dipelihara oleh peradaban Toltek di Meksiko kuno.

Ada juga hipotesis bahwa Chihuahua adalah keturunan anjing kecil yang berasal dari Kepulauan Malta di Laut Tengah. Namun, sebagian besar pakar percaya bahwa Chihuahua adalah hasil domestikasi dari anjing kecil yang hidup di Meksiko sebelum kedatangan Spanyol.

Chihuahua mendapat namanya dari negara bagian Chihuahua di Meksiko, di mana mereka diyakini pertama kali ditemukan. Mereka menjadi populer di kalangan bangsawan Meksiko, terutama selama era Revolusi Meksiko pada awal abad ke-20. Kemudian, Chihuahua mulai menyebar ke Amerika Serikat, terutama setelah beberapa spesimen dibawa oleh turis Amerika yang mengunjungi Meksiko.

Pada tahun 1904, Chihuahua pertama kali diperkenalkan ke American Kennel Club (AKC) dan sejak itu mereka menjadi semakin populer sebagai hewan peliharaan di seluruh dunia. Hari ini, Chihuahua tetap menjadi salah satu ras anjing yang paling diminati, terutama karena ukuran tubuh mereka yang mungil, kepribadian yang hidup, dan kesetiaan yang besar kepada pemiliknya.

Penampilan[sunting | sunting sumber]

Standar yang diakui oleh AKC (American Kennel Club) dikenal sebagai "chihuahua", tetapi mereka ada dua jenis, bulu panjang dan bulu halus. Chihuahua tidak boleh lebih dari enam pon. Mereka banyak warnanya, dan dikenal karena telinganya yang berdiri. Anak chihuahua sering disangka hamster, karena mukanya yang pipih, sangat kecil, dan bulu tipis.[butuh rujukan]

Karakteristik[sunting | sunting sumber]

Chihuahua pada dasarnya adalah ras anjing yang penyayang, sering menggonggong dan suka mencari perhatian pada pemiliknya. Meskipun bertubuh mungil, chihuahua memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi, bahkan mereka berani untuk menyerang hewan lain yang berukuran lebih besar darinya ketika dirinya merasa terintimidasi.

Seperti anjing pada umumnya, chihuahua juga mempunyai perilaku yang aktif dan sangat senang ketika diajak bermain di luar rumah. Namun, mereka juga cenderung kurang ramah terhadap orang asing yang tidak dikenalnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]


Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]