Anjing Beauce

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Anjing Beauce

Anjing Beauce dengan telinga terpotong
Nama lain Anjing gembala Beauce
Anjing gembala Prancis
Anjing gembala berbulu pendek Prancis
Nama panggilan Anjing sarung kaki merah
Negara asal Prancis
Ciri-ciri
Berat 70–110 pon (32–50 kg)
Tinggi Jantan 26–28 in (66–71 cm)
Betina 25–26 in (64–66 cm)
Bulu Bulu luar kasar dengan bulu lapis bawah lebat dan gebu
Warna Hitam dengan tanda sawo matang, atau hitam dan kelabu berbelak dengan tanda sawo matang
Jumlah anak 6–7 ekor anak anjing
Masa hidup 10–13 tahun
Catatan
Juga didaftarkan di Amerika Serikat oleh Klub Anjing Beauce Amerika Utara - NABC.

Anjing Beauce (Prancis: chien beauceron), anjing gembala Beauce (Prancis: chien de berger de Beauce; Inggris: Beauce shepherd dog), anjing gembala Prancis (Prancis: chien de berger français), atau anjing gembala berbulu pendek Prancis (Prancis: chien de berger français à poil court; Inggris: French shorthaired shepherd dog), adalah satu ras anjing pengawal dan anjing gembala tergolong dalam kategori anjing pekerja yang asal usulnya terletak di dataran Prancis Utara.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Satu ras gembala Prancis yang dikenali selama berabad-abad di Eropa barat, anjing Beauce terkenal sebagai salah satu ras yang digunakan untuk mencipta pinscher Doberman. Nama daerahnya agak mengelirukan: Ras ini terdapat di seluruh Prancis utara, bukan sahaja di daerah Beauce. Sungguhpun berpenampilan agak berbeda, anjing Beauce dan anjing gembala berbulu panjang, anjing Brie, mencabang dari ternakan leluhur serupa, mengongsi trait kuku embun kembar pada tungkai belakang. Kedua-duanya digunakan untuk menggembala domba dan sapi. Seperti anjing Beauce, anjing Brie terjumpa di seluruh Prancis utara, dan sungguhpun implikasi dari namanya, juga tidak datang secara eksklusif dari daerah Brie.

Pada 1809, Abbé Rozier mengarang sebuah artikel tentang anjing-anjing gembala Prancis ini, yang dalamnya dia mendeskripsikan perbedaan jenis dan menggunakan istilah "berger de Brie" (anjing gembala Brie) dan "berger de Beauce" (anjing gembala Beauce).

Pada 1893, doktor hewan Paul Megnin membedakan antara berger de la Brie berbulu panjang dengan berger de Beauce berbulu pendek. Dia mendefinisikan standar ras ini, dengan bantuan M. Emmanuel Ball. Pada 1922, Klub Sahabat Anjing Beauce (Prancis: Club des Amis du Beauceron) dibentuk di bawah bimbingan Dr. Megnin.

Pada 2008, anjing Beauce muncul buat kali pertama dalam Pertunjukan Anjing Westminster Kennel Club.

Budaya populer[sunting | sunting sumber]

  • Ada seekor anjing Beauce bernama Bosco dalam film Marmaduke.
  • Seekor anjing ras ini juga dalam film Hotel for Dogs. Namanya Henry.
  • Sekawan anjing Beauce pemburu dalam film 1988 The Bear.
  • Seekor anjing Beauce juga terlihat dalam film The Wild Child.
  • Dua ekor anjing gembala Beauce dalam film James Bond Moonraker.
  • Terdapat seekor anjing Beauce yang digunakan secara meluas dalam usaha pencarian dan penyelamatan dalam serangan teroris terhadap Pusat Dagangan Dunia di Kota New York pada 11 September 2001.[1]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

  • Vous et votre beauceron (bahasa Prancis), dikarang oleh Pierre Boistel, diterbitkan oleh Editions de l'Homme, 8 Januari 1991, ISBN 2-7619-0900-3, 166 halaman.
  • Les Berger Francais (bahasa Prancis), dikarang oleh Philippe De Wailly dan Alain Dupont, diterbitkan oleh Solar, 12 September 1999, ISBN 2-263-02658-4.
  • Beauceron, dikarang oleh Meg Purnell Carpenter, diterbitkan oleh Kennel Club Books, Mei 2007, ISBN 978-1-59378-371-6, 160 halaman.
  • Le Beauceron (bahasa Prancis), dikarang oleh Monique Reverdy, diterbitkan oleh Artémis, 21 Mei 2003, ISBN 2-84416-181-2, 144 halaman.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]