Anis punggung-merah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Anis punggung-merah
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
Z. erythronota
Nama binomial
Zoothera erythronota
(Sclater, 1859)
Sinonim

Geokichla erythronota

Anis punggung-merah (Zoothera erythronota) adalah spesies burung dari keluarga Turdidae. Secara tradisional, termasuk Anis Merah ( Z. mendeni ) sebagai subspesies. Burung ini endemik di Sulawesi Indonesia dan pulau-pulau sekitarnya termasuk Buton dan Kabaena.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Burung ini berukuran 19 sampai 21 cm. Tubuh bagian atas dari mahkota sampai tunggir merah-kadru; sayap hitam dengan dua garis putih yang lebar; pada muka terdapat noktah putih di depan dan belakang mata; tenggorokan dan dada hitam; perut putih berloreng hitam. Sub-spesies kabaena mirip dengan sub-spesies utama, tetapi bagian mahkota dan punggung hitam.

Penyebaran[sunting | sunting sumber]

Endemik Sulawesi atau hanya dapat ditemukan hidup di Pulau Sulawesi. terdiri atas 2 sub-spesies, dengan daerah persebaran:

  • erythronota (P. L. Sclater, 1859) – Sulawesi (kecuali semenanjung timur) dan P. Buton.
  • kabaena Robinson-Dean et al., 2002 – P. Kabaena I, Sulawesi Tenggara.

Tempat hidup dan Kebiasaan[sunting | sunting sumber]

Burung ini jarang ditemui dan kurang umum di hutan primer, hutan yang telah rusak dan didominasi oleh tegakan bambu dari dataran rendah sampai ketinggian 1000 mdpl. Di Sulawesi dan Buton, lebih menyukai habitat hutan primer, sedangkan di Kabaena dapat di temui pada tipe habitat yang lebih beragam.[butuh rujukan]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]