Angkatan Laut Uni Soviet

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Angkatan Laut Soviet)
Angkatan Laut Uni Soviet
Военно-морской флот СССР
Voyenno-morskoy flot SSSR
Bendera dari Angkatan Laut Soviet
Aktif1918
Negara Uni Soviet
Tipe unitAngkatan laut
Jumlah personel467.000 personel (1984)[1]
1.053 kapal (1990)
1.172 pesawat
Bagian dariAngkatan Bersenjata Uni Soviet
PertempuranRevolusi Rusia
Perang Saudara Rusia
Perang Polandia-Rusia
Perang Perbatasan Soviet-Jepang
Penyerbuan Polandia
Perang Dunia II
Invasi Soviet ke Manchuria (1945)
Perang Vietnam
Perang Dingin
Dibubarkan14 Februari 1992
Tokoh
Panglima Angkatan Laut SovietPertama: Laksamana Muda Vasili Altfater (15 Oktober 1918–22 April 1919)
Terakhir: Laksamana Vladimir Chernavin (8 Desember 1985–25 Desember 1991)
Insignia
Bendera kapal
Bendera Garda Panji Merah

Angkatan Laut Soviet (Rusia: Военно-морской флот СССР, Voyenno-morskoy flot SSSR) adalah kekuatan laut di Uni Soviet. Sering dijuluki sebagai Armada Merah (Rusia: Красный флот, tr. Krasnyy flot), Angkatan Laut Soviet terlibat dalam penyusunan sebagian besar perencanaan strategis Uni Soviet jika terjadi konflik dengan negara adikuasa lawan, Amerika Serikat, selama Perang Dingin (1945–1991) . Angkatan Laut Soviet memainkan peran besar selama Perang Dingin, baik menghadapi Pakta Pertahanan Atlantik Utara di Eropa barat atau proyeksi kekuatan untuk mempertahankan pengaruhnya di Eropa timur.

Angkatan Laut Soviet dibagi menjadi empat armada utama: Armada Utara, Pasifik, Laut Hitam, dan Baltik, selain Pangkalan Angkatan Laut Leningrad, yang dikomandoi secara terpisah. Mereka juga memiliki kekuatan yang lebih kecil, Armada Kaspia, yang beroperasi di Laut Kaspia dan diikuti oleh armada yang lebih besar, Skuadron ke-5, di Laut Mediterania. Angkatan Laut Soviet termasuk Bagian Penerbangan Angkatan Laut, Infanteri Angkatan Laut, dan Artileri Pesisir.

Angkatan Laut Soviet dibentuk dari sisa-sisa Angkatan Laut Kekaisaran Rusia selama Perang Saudara Rusia. Setelah pembubaran Uni Soviet pada tahun 1991, Federasi Rusia mewarisi sebagian besar dari Angkatan Laut Soviet dan mereformasinya menjadi Angkatan Laut Rusia, dengan bagian-bagian yang lebih kecil menjadi dasar bagi angkatan laut negara-negara pasca-Soviet yang baru merdeka.

Sejarah Awal[sunting | sunting sumber]

Perang Saudara Soviet[sunting | sunting sumber]

AL Soviet dibentuk pada tahun 1917 dari bekas personel AL Kekaisaran Rusia. Banyak kapal dari AL Rusia yang dialihkan ke AL Soviet, dan efektif digunakan setelah Revolusi Oktober. Sebelum Revolusi Oktober, kaum Bolshevik telah menguasai kapal Aurora dan Potemkin milik Kekaisaran Rusia pada tahun 1905.

AL Soviet diberi nama Armada Merah Buruh dan Tani (Rusia: Рабоче-Крестьянский Красный флот, Raboche-Krest'yansky Krasny Flot atau RKKF) berdasarkan keputusan pemerintah Soviet.

Karena perhatian negara sebagian besar diarahkan secara internal, Angkatan Laut tidak memiliki banyak dana atau pelatihan. Indikator reputasinya adalah bahwa Soviet tidak diundang untuk berpartisipasi dalam negosiasi Perjanjian Angkatan Laut Washington tahun 1921–1922, yang membatasi ukuran dan kemampuan angkatan laut yang paling kuat - Inggris, Amerika, Jepang, Prancis, Italia. Sebagian besar armada lama dijual oleh pemerintah Soviet ke Jerman pascaperang dunia pertama, untuk dibuang.

Di Laut Baltik hanya tersisa tiga kapal tempur yang terbengkalai, dua kapal penjelajah, sekitar sepuluh kapal perusak, dan beberapa kapal selam. Terlepas dari keadaan ini, Armada Baltik tetap menjadi formasi angkatan laut yang signifikan, dan Armada Laut Hitam juga menjadi dasar untuk ekspansi. Di sana juga terdapat sekitar tiga puluh armada tempur saluran air kecil.

Periode Antarperang (1922-1941)[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1930-an, Uni Soviet berencana untuk mengembangkan AL Soviet sebagai AL terkuat di dunia. Disetujui oleh Dewan Perburuhan dan Pertahanan pada tahun 1926, Program Pembuatan Kapal Angkatan Laut mencakup rencana untuk membangun dua belas kapal selam; enam yang pertama kemudian dikenal sebagai kelas Dekabrist. Mulai 4 November 1926, Biro Teknik Nº 4 (dulu Departemen Kapal Selam, dan masih dirahasiakan), di bawah pimpinan B.M. Malinin, mengelola pekerjaan konstruksi kapal selam di Galangan Kapal Baltik.

Pada tahun-tahun berikutnya, 133 kapal selam dibangun dengan desain yang dikembangkan selama manajemen Malinin. Perkembangan tambahan termasuk pembentukan Armada Pasifik pada tahun 1932 dan Armada Utara pada tahun 1933. Pasukan akan dibangun di sekitar inti kapal perang kelas Sovetsky Soyuz yang kuat. Program pembangunan ini baru dalam tahap awal pada saat invasi Jerman memaksa penangguhannya pada tahun 1941.

Pada akhir tahun 1937, armada terbesar adalah Armada Baltik yang berbasis di Leningrad, dengan dua kapal tempur, satu kapal penjelajah pelatihan, delapan kapal perusak termasuk satu kapal perusak pemimpin, lima kapal patroli, dua kapal penyapu ranjau, dan beberapa kapal penyapu ranjau yang lebih tua. Armada Laut Hitam di Sevastopol termasuk satu kapal tempur, tiga kapal penjelajah, satu kapal penjelajah pelatihan, lima kapal perusak, dua kapal patroli, dan empat kapal penyapu ranjau. Armada Utara yang beroperasi dari pantai Teluk Kola dan Polyarny terdiri dari tiga kapal perusak dan tiga kapal patroli, sedangkan Armada Pasifik memiliki dua kapal perusak, yang dipindahkan ke timur pada tahun 1936, dan enam kapal patroli berkumpul di Timur Jauh.

Perang Dunia II: Perang Patriotik Besar (1941-1945)[sunting | sunting sumber]

Membangun armada Soviet merupakan prioritas nasional, tetapi banyak perwira senior tewas dalam pembersihan oleh Stalinis pada akhir 1930-an. Porsi budget angkatan laut dari anggaran persenjataan nasional turun dari 11,5% pada tahun 1941, menjadi 6,6% pada tahun 1944.

Ketika Nazi Jerman menginvasi pada bulan Juni 1941 dan awalnya menangkap jutaan tentara, banyak pelaut dan senjata angkatan laut dilepaskan untuk memperkuat Tentara Merah; angkatan laut yang dipindahkan ini memiliki peran yang sangat penting di darat dalam pertempuran untuk Odessa, Sevastopol, Stalingrad, Novorossiysk, Tuapse, dan Leningrad. Armada Baltik diblokade di Leningrad dan Kronstadt oleh ladang ranjau, tetapi kapal selam itu lolos. Armada permukaan bertempur dengan pertahanan antipesawat kota dan membombardir posisi Jerman.

AS dan Inggris melalui program Lend Lease memberi Uni Soviet beberapa kapal mereka dengan bobot total 810.000 ton.

Komposisi armada Soviet pada tahun 1941 meliputi:

  • 3 kapal tempur,
  • 7 kapal penjelajah (termasuk 4 kapal penjelajah berat kelas Kirov modern),
  • 59 kapal perusak (termasuk 46 kapal perusak modern kelas Gnevny dan kelas Soobrazitelny),
  • 218 kapal selam,
  • 269 kapal torpedo,
  • 22 kapal patroli,
  • 88 kapal penyapu ranjau,
  • 77 pemburu kapal selam,
  • dan berbagai kapal kecil lainnya.

Dalam berbagai tahap penyelesaian lainnya terdapat 219 kapal, termasuk 3 kapal tempur, 2 kapal penjelajah berat, 7 kapal penjelajah ringan, 45 kapal perusak, dan 91 kapal selam.

Angkatan Laut Soviet melakukan beberapa tindakan kecil dalam Perang Musim Dingin melawan Finlandia pada tahun 1939–1940, di Laut Baltik. Itu terbatas terutama untuk kapal penjelajah dan kapal perang yang melawan duel artileri dengan benteng Finlandia. Pada Perang Patriotik, kebanyakan pelaut dikirimkan untuk membantu pasukan Tentara Merah. Para pelaut ini memegang peranan penting dalam beberapa pertempuran di Odessa, Sevastopol, Volgograd, dan Saint Petersburg. Komposisi armada Soviet pada saat perang dunia kedua masih digabung dengan kapal perang dunia pertama di antaranya kapal kelas-Novik, kapal penjelajah Jerman, Lützow, dan kapal perusak Italia kelas Tashkent. Beberapa di antara kapal tersebut hancur karena ranjau dan pesawat. Di Laut Baltik, kapal Uni Soviet dihadang oleh ranjau. Armada Soviet mencoba menerobos daerah ini, tetapi salah satu kapal tempurnya, Marat, ditenggelamkan oleh pesawat pengebom tukik Junker Stuka di Kronstadt.

Sedangkan di Laut Hitam, banyak kapal Soviet yang dihancurkan oleh pesawat dan ranjau laut. Untuk armada Pasifik, mereka baru diaktifkan oleh AL Soviet setelah Soviet mengeluarkan pernyataan perang terhadap Jepang.

Perang Dingin[sunting | sunting sumber]

Setelah Perang Dunia 2 berakhir, AL Amerika menjadi rival terbesar AL Soviet selama Perang Dingin.

Soviet dengan cepat melengkapi armada permukaan mereka dengan berbagai jenis rudal. Memang, itu menjadi fitur desain Soviet untuk menempatkan rudal besar ke kapal rudal yang relatif kecil, tetapi cepat, sementara di Barat pendekatan seperti itu tidak akan pernah dianggap layak secara taktis. Angkatan Laut Soviet juga memiliki beberapa kapal penjelajah rudal berpemandu yang sangat besar dan dipersenjatai dengan baik, seperti kelas Kirov dan Slava. Pada 1970-an, teknologi kapal selam Soviet dalam beberapa hal lebih maju daripada di Barat, dan beberapa jenis kapal selam mereka dianggap lebih unggul daripada saingan Amerika mereka.[2]

Inventaris[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1990, Angkatan Laut Soviet memiliki:

  • 63 kapal selam rudal balistik:

6 kapal selam Proyek 941 (kelas Topan).

40 kapal selam Proyek 667B (kelas Delta).

12 kapal selam Proyek 667A (kelas Yankee).

5 kapal selam Proyek 658 (kelas Hotel).

  • 72 kapal selam rudal jelajah:

6 kapal selam kelas Oscar

6 kapal selam Yankee Notch

14 kapal selam kelas Charlie

30 kapal selam kelas Echo

16 kapal selam kelas Juliett

  • 68 kapal selam serang nuklir:

5 kapal selam kelas Akula

2 kapal selam kelas Sierra

6 kapal selam kelas Alfa

46 kapal selam kelas Victor

6 kapal selam kelas November

3 kapal selam Yankee SSN

  • 63 kapal selam serang konvensional:

18 kapal selam kelas Kilo

20 kapal selam kelas Tango

25 kapal selam kelas Foxtrot

  • 9 kapal selam tambahan

1 kapal selam kelas Beluga

1 kapal selam kelas Lima

2 kapal selam kelas India

4 kapal selam kelas Bravo

1 kapal selam kelas Losos

1 kapal induk kelas Kuznetsov

4 kapal induk kelas Kiev

2 kapal induk helikopter kelas Moskva

  • 3 kapal penjelajah tempur:

3 kapal penjelajah tempur kelas Kirov

3 kapal penjelajah kelas Slava

7 kapal penjelajah kelas Kara

4 kapal penjelajah kelas Kresta I

10 kapal penjelajah kelas Kresta II

4 kapal penjelajah kelas Kynda

2 kapal penjelajah kelas Sverdlov

11 kapal perusak kelas Sovremennyy

11 kapal perusak kelas Udaloy

18 kapal perusak kelas Kashin

3 kapal perusak kelas Kanin

2 kapal perusak kelas Kildin

32 fregat kelas Krivak

1 fregat kelas Koni

18 fregat kelas Mirka

31 fregat kelas Petya

31 fregat kelas Riga

10 korvet kelas Parchim

36 korvet kelas Nanuchka

78 korvet kelas Grisha

  • 42 kapal perang amfibi:

3 kapal pendarat kelas Ivan Rogov

19 kapal pendarat kelas Ropucha

14 kapal pendarat kelas Alligator

6 kapal pendarat kelas Polnocny

Infanteri Angkatan Laut Soviet[sunting | sunting sumber]

Selama Perang Dunia II, sekitar 350.000 pelaut Soviet bertempur di darat. Pada awal perang, angkatan laut hanya memiliki satu brigade angkatan laut di armada Baltik, tetapi mulai membentuk dan melatih batalion lainnya. Ini akhirnya adalah:

  • 6 resimen infanteri angkatan laut (650 marinir dalam dua batalion)
  • 40 brigade infanteri angkatan laut yang terdiri dari 5–10 batalyon, dibentuk dari kelebihan awak kapal. Lima brigade dianugerahi status Gvardy (Garda).
  • Sejumlah unit yang lebih kecil
  • 1 divisi - Divisi Infanteri Angkatan Laut ke-55, sebelumnya merupakan formasi Tentara Merah

Perlengkapan[sunting | sunting sumber]

AL Soviet sangat memperhatikan masalah perlengkapan AL Soviet, terutama dalam masalah kapal induk saat Perang Dingin berlangsung.

Pada tahun 1968 dan 1969, Soviet mulai membangun kapal angkut helikopter kelas Moskva, lalu diikuti dengan pembuatan kapal angkut pesawat kelas Kiev. Kapal kelas Kiev dan Moskva ini hanya bisa mengangkut helikopter dan pesawat V/STOL Yakovlev Yak-38. Pada tahun 1970-an, Uni Soviet melancarkan proyek OREL yang berencana untuk membuat kapal induk raksasa yang dinamai Ulyanovsk, untuk menyaingi kapal induk Amerika Serikat, namun proyek ini diberhentikan. Kemudian, pada awal tahun 1980, Soviet berhasil membuat kapal induk terbesar pertama yang dinamakan Tbilisi (Kemudian dinamai Admiral Kuznetzov).

Untuk mendukung pertahanan kapal induk, disertakan pula pesawat bomber strategis, seperti Tu-16 dan Tu-22M yang disuplai dengan hulu ledak bom anti serangan maritim.

Selain itu, Uni Soviet juga memperhatikan pengembangan kapal selam. Uni Soviet terkenal dengan kualitas kelas kapal selamnya yang terkenal, seperti kelas Oskar yang berpemandu dan kelas Typhoon yang terkenal sebagai kelas kapal selam terbesar di dunia. Tapi, beberapa kapal selam Uni Soviet sempat mengalami beberapa kecelakaan, di antaranya adalah kebocoran reaktor nuklir.

Kepala Staf AL Soviet[sunting | sunting sumber]

  • Vasili Mikhailovich Altfater (Oktober 1918-April 1919)
  • Yevgeny Andreyevich Berens (Mei 1919-Februari 1920)
  • Aleksandr Vasiliyevich Nemits (Februari 1920-Desember 1921)
  • Eduard Samoilovich Pantserzhansky (Desember 1921-Desember 1924)
  • Vyacheslav Ivanovich Zof (Desember 1924-Agustus 1926)
  • Romuald Adamovich Muklevich (Agustus 1926-Juli 1931)
  • Vladimir Mitrofanovich Orlov (Juli 1931-Juli 1937)
  • Mikhail Vladimirovich Viktorov (Agustus 1937-Januari 1938)
  • Pyotr Andreyevich Smirnov (Januari-Agustus 1938)
  • Mikhail Petrovich Frinovsky (September 1938-April 1939)
  • Laksamana Nikolai Gerasimovich Kuznetsov (April 1939-Januari 1947)
  • Laksamana Armada Ivan Stepanovich Yumashev (Januari 1947-Juli 1951)
  • Laksamana Armada US Nikolai Gerasimovich Kuznetsov (Juli 1951-Januari 1956), jabatan kedua
  • Laksamana Armada US Sergey Georgyevich Gorshkov (Januari 196-Desember 1985). Kepala Staf AL yang berjasa mereformasi AL Soviet
  • Laksamana Armada Vladimir Nikolayevich Chernavin (1985 - 1992)

Galeri[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Militer di Uni Soviet
Komponen
Divisi Roket Strategis
Angkatan Darat
Angkatan Udara
Angkatan Laut
Tingkatan Militer Uni Soviet
Pangkat dalam militer Uni Soviet
Sejarah Militer Soviet
Sejarah militer Uni Soviet
Sejarah tingkatan militer Uni Soviet
  1. ^ "Soviet Military Power 1984 - Chapter III - Theater Forces". 
  2. ^ J.E. Moore, "The Modern Soviet Navy", in: Soviet War Power, ed. R. Bonds (Corgi 1982)