Angkatan Laut Kekaisaran Rusia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Angkatan Laut Kekaisaran Rusia
Российский императорский флот
Rossiyskiy imperatorskiy flot
Lambang Angkatan Laut Kekaisaran Rusia
Dibentuk1696
Negara Ketsaran Rusia
 Kekaisaran Rusia
Tipe unitAngkatan laut
Bagian dariAngkatan Bersenjata Kekaisaran Rusia
PelindungSanto Nikolas
Pertempuran
Dibubarkan1917
Tokoh
Panglima Tertinggi Kaisar Rusia
Menteri Angkatan Laut Ivan Traverse (pertama)
Aleksandr Guchkov (terakhir)
Insignia
Bendera
Bendera kapal

Angkatan Laut Kekaisaran Rusia (bahasa Rusia: Российский императорский флот, Rossiyskiy imperatorskiy flot) adalah nama untuk angkatan laut dari Kekaisaran Rusia dari tahun 1696 - 1917. Secara resmi, cabang ini didirikan pada 1696 dan terus ada sampai pembubarannya selama Revolusi Februari 1917. Angkatan Laut ini sebenarnya sudah ada sejak dulu, bahkan sebelum Tsar Pyotr I mendirikan Angkatan Laut Kekaisaran Rusia selama Kampanye Azov Kedua. Namun, dahulunya cabang angkatan laut lebih kecil. Angkatan laut ini mulai diperbesar pada pertengahan abad ke-18 dan pada awal abad ke-19. Abad tersebut merupakan kekuatan tertinggi pada cabang ini dan hanya bisa ditandingi oleh Angkatan Laut Kerajaan Inggris dan Prancis dalam hal segi ukuran.

Angkatan Laut Kekaisaran menarik perwiranya dari aristokrasi Kekaisaran, yang termasuk dalam negara Gereja Ortodoks Rusia. Bangsawan muda mulai dilatih untuk kepemimpinan di sekolah angkatan laut nasional.

Angkatan laut memiliki pengalaman yang beragam selama Perang Dunia I, dengan Jerman umumnya menguasai Laut Baltik, sementara Rusia menguasai Laut Hitam. Revolusi Rusia menandai berakhirnya Angkatan Laut Kekaisaran; perwiranya sebagian besar bersekutu dengan kaisar, dan para pelaut berpisah untuk berperang di kedua sisi selama Perang Saudara Rusia tahun 1917-1922. Angkatan Laut Soviet yang didirikan sebagai Armada Merah pada tahun 1918 setelah Revolusi, mengambil alih kapal-kapal Angkatan Laut Kekaisaran Rusia yang masih ada.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pendirian angkatan laut Rusia modern[sunting | sunting sumber]

Tsar Pyotr I, pendiri angkatan laut Rusia modern

Pyotr yang Agung mendirikan Angkatan Laut Rusia modern. Selama Kampanye Azov Kedua tahun 1696 melawan Turki, Rusia untuk pertama kalinya menggunakan 2 kapal perang, 4 kapal api, 23 galai, dan 1300 kapal perang, yang dibangun di Sungai Voronezh. Setelah pendudukan benteng Azov, Boyar Duma memeriksa laporan Pyotr tentang kampanye militer ini. Alhasil dikeluarkan dekret pada 20 Oktober 1696 untuk memulai pembangunan angkatan laut. Tanggal ini dianggap sebagai pendirian resmi Angkatan Laut Kekaisaran Rusia.

Dari tahun 1703 hingga 1723, pangkalan angkatan laut utama Armada Baltik terletak di Saint Petersburg dan kemudian di Kronstadt. Pangkalan juga dibuat di Reval (Tallinn) dan di Vyborg setelah diserahkan oleh Swedia setelah Perang Rusia-Swedia (1741-1743). Vladimirsky Prikaz adalah organisasi pertama yang bertanggung jawab atas pembuatan kapal. Kemudian, fungsi-fungsi ini dipindahkan ke Admiralteyskiy Prikaz (markas di St. Petersburg).

Abad ke-18[sunting | sunting sumber]

Pada paruh kedua abad ke-18, Angkatan Laut Rusia dibangun untuk mendukung kebijakan luar negeri pemerintah. Angkatan laut terlibat dalam Perang Rusia-Turki untuk supremasi di Laut Hitam. Untuk pertama kalinya, Rusia mengirim skuadronnya dari Laut Baltik ke teater operasi yang jauh (lihat ekspedisi Kepulauan Angkatan Laut Rusia). Skuadron Laksamana Spiridov memperoleh supremasi di Laut Aegea dengan menghancurkan armada Turki dalam Pertempuran Chesma pada tahun 1770. Pada tahun 1771, tentara Rusia menaklukkan pantai Selat Kerch dan benteng Kerch dan Yenikale.

Setelah maju ke Danube, Rusia membentuk Armada Militer Danube dengan tujuan menjaga muara Danube. Pada tahun 1771 mereka menjadi tamu di Republik Ragusa.[1] Kaviar Beluga dari Danube terkenal, dan pedagang dari Republik Ragusa mendominasi bisnis ekspor-impor di Serbia dengan Monarki Habsburg.

Abad ke-19[sunting | sunting sumber]

Pada paruh kedua abad ke-18, Angkatan Laut Rusia memiliki armada terbesar keempat di dunia setelah Britania Raya, Spanyol, dan Prancis. Armada Laut Hitam memiliki 35 kapal perang dan 19 fregat (1787), dan Armada Baltik memiliki 23 kapal dan 130 fregat (1788).

Pertempuran Navarino antara Rusia, Britania Raya, dan Prancis melawan Kekaisaran Ottoman

Pertumbuhan Angkatan Laut di tahun-tahun setelah ini sangat mendukung kemampuan angkatan laut Rusia, memperluas Armada Laut Baltik dan Laut Hitam. Sebuah skuadron Rusia di bawah Laksamana Belanda Lodewijk van Heiden bertempur di Pertempuran Navarino pada tahun 1827. Angkatan Laut digunakan untuk pengaruh yang besar selama Perang Rusia-Turki (1828-29), memanfaatkan skuadron Mediterania dan Armada Laut Hitam untuk mendapatkan keuntungan. komando Laut dari Ottoman, yang berkontribusi pada kemenangan Rusia dan penandatanganan Perjanjian Adrianopel pada tahun 1829.

Angkatan Laut Kekaisaran Rusia terus berkembang di akhir abad ini menjadi armada terbesar ketiga di dunia setelah Britania Raya dan Prancis. Ekspansi dipercepat di bawah Tsar Nikolai II yang telah dipengaruhi oleh ahli teori angkatan laut Amerika Alfred Thayer Mahan. Meskipun kapasitas industri Rusia meningkat, mereka tidak mampu memenuhi permintaan dan beberapa kapal dipesan dari Britania Raya, Prancis, Jerman, Amerika Serikat, dan Denmark. Arsitek angkatan laut Prancis memiliki pengaruh besar pada desain Rusia.

Perang Rusia-Jepang[sunting | sunting sumber]

Pada malam tanggal 8 Februari 1904, armada Angkatan Laut Kekaisaran Jepang di bawah Laksamana Heihachiro Togo melakukan serangan mendadak dengan kapal perusak torpedo terhadap kapal-kapal Rusia di Port Arthur, yang mengakibatkan kerusakan parah pada dua kapal perang Rusia. Serangan berkembang menjadi Pertempuran Port Arthur keesokan paginya. Serangkaian pertempuran laut yang tidak pasti terjadi, di mana Jepang tidak dapat menyerang armada Rusia dengan sukses di bawah baterai pantai (meriam pantai)[2] dari pelabuhan dan Rusia menolak untuk meninggalkan pelabuhan menuju laut lepas, terutama setelah kematian Laksamana Stepan Osipovich Makarov pada 13 April 1904.

Kapal penjelajah Rusia Pallada selama Pengepungan Port Arthur

Durasi perjalanan Armada Baltik berarti Laksamana Togo sangat mengetahui kemajuan Armada Baltik, dan dia membuat rencana untuk menemuinya sebelum mencapai pelabuhan di Vladivostok. Dia mencegat mereka di Selat Tsushima antara Korea dan Jepang, pada pagi hari tanggal 27 Mei 1905. Meskipun kedua armada kapal perang hampir sama dalam hal teknologi, dengan desain kapal perang Inggris yang digunakan Angkatan Laut Kekaisaran Jepang, dan sebagian besar desain Prancis disukai oleh armada Rusia; pengalaman tempur yang diperoleh Togo dalam pertempuran laut tahun 1904 di Port Arthur dan Laut Kuning memberinya keunggulan atas Laksamana Rozhestvensky yang belum teruji selama Pertempuran Tsushima pada 27 Mei.[3] Pada penghujung hari pada tanggal 27 Mei, hampir semua kapal perang Rozhestvensky tenggelam, termasuk kapal andalannya, Knyaz Suvorov; dan pada hari berikutnya, Laksamana Nebogatov yang telah membebaskan Rozhestvensky karena luka-lukanya, menyerahkan sisa armada kepada Laksamana Togo.

Perang Dunia I[sunting | sunting sumber]

Kapal dreadnought Poltava dari Armada Baltik pada tahun 1916

Di Laut Baltik, Jerman dan Rusia adalah kombatan utama, dengan sejumlah kapal selam Inggris berlayar melalui Kattegat untuk membantu Rusia. Dengan armada Jerman yang lebih besar dan lebih modern (banyak kapal Armada Laut Tinggi dapat dengan mudah dikerahkan ke Baltik melalui Terusan Kiel ketika Laut Utara tenang), Rusia memainkan peran utama defensif, paling banyak menyerang konvoi antara Jerman dan Swedia dan meletakkan ladang ranjau ofensif. Kapal selam Rusia dan Inggris menyerang kapal Jerman yang berlayar antara Swedia dan Jerman.

Setelah Laksamana Kolchak mengambil alih komando (Agustus 1916), armada Rusia menambang pintu keluar dari Bosporus, mencegah hampir semua kapal Ottoman memasuki Laut Hitam. Belakangan tahun itu, pendekatan angkatan laut ke Varna juga ditambang. Kerugian terbesar yang diderita oleh armada Laut Hitam Rusia adalah kehancuran kapal penempur modern Imperatritsa Mariya, yang meledak di pelabuhan pada 7 Oktober 1916, hanya satu tahun setelah ditugaskan. Tenggelamnya Imperatritsa Mariya tidak pernah dijelaskan sepenuhnya; bisa saja disabotase atau kecelakaan.[4]

Revolusi dan Perang Saudara[sunting | sunting sumber]

Revolusi dan perang saudara berikutnya menghancurkan Angkatan Laut Rusia. Hanya armada Baltik yang berbasis di Petrograd yang sebagian besar tetap utuh, meskipun diserang oleh Angkatan Laut Kerajaan Inggris pada tahun 1919. Intervensi asing menduduki pantai Pasifik, Laut Hitam, dan Kutub Utara. Sebagian besar kapal perang Armada Laut Hitam yang masih hidup, dengan kru yang setia pada gerakan Rusia Putih, menjadi bagian dari armada Wrangel di bawah kendali komandan Pyotr Wrangel dan setelah mengevakuasi pasukan Putih dan warga sipil dari Krimea akhirnya diinternir di Bizerta, Tunisia. Pelaut Rusia bertempur di kedua sisi dalam konflik. Para pelaut armada Baltik memberontak terhadap perlakuan kasar oleh otoritas Soviet dalam Pemberontakan Kronstadt tahun 1921.

Kapal-kapal yang tersisa membentuk inti dari Angkatan Laut Soviet pada pendiriannya tahun 1918, meskipun sisa-sisa armada Wrangel tidak pernah kembali ke Rusia.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Dadić, Žarko (1990). Ruđer Bošković (edisi ke-2. ed). Zagreb: Školska knj. ISBN 86-03-99817-5. OCLC 32218603. 
  2. ^ Grant p. 46, 51, 54, 63, etc. throughout the book
  3. ^ Forczyk p. 41-54
  4. ^ "The History of the Russian Navy".