Angkatan Laut Jerman

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Angkatan Laut Jerman
Deutsche Marine
Dibentuk2 Januari 1956; 68 tahun lalu (1956-01-02)
Negara Jerman
Tipe unitAngkatan Laut
Jumlah personel16.390 personel (2021)[1]
65 kapal
56 pesawat
Bagian dariBundeswehr
MarkasRostock
MotoWir. Dienen. Deutschland.
Kami. Melayani. Jerman.
Himne"Gruß an Kiel [de]"
Pertempuran
Situs webwww.marine.de
Tokoh
Inspektur Angkatan Laut Laksamana Madya Kay-Achim Schönbach
Deputi Inspektur Angkatan Laut Laksamana Madya Rainer Brinkmann
Insignia
Bendera

Angkatan Laut Jerman (Jerman: Deutsche Marine, secara resmi Jerman: Marine listen) adalah angkatan laut dari Jerman dan bagian dari "Bundeswehr" ("Pertahanan Federal") yang bersatu yaitu Angkatan Bersenjata Jerman.

Angkatan Laut Jerman pada awalnya dikenal sebagai Bundesmarine ("Angkatan Laut Federal") dari tahun 1956 hingga 1995, ketika Deutsche Marine ("Angkatan Laut Jerman") menjadi nama tidak resmi sehubungan dengan bergabungnya Volksmarine ("Angkatan Laut Rakyat") dari Jerman Timur pada tahun 1990. Angkatan Laut Jerman terintegrasi ke dalam aliansi NATO. Misi utamanya adalah melindungi perairan teritorial Jerman dan infrastruktur laut serta jalur komunikasi laut. Terlepas dari ini, Angkatan Laut Jerman berpartisipasi dalam operasi pemeliharaan perdamaian dan memberikan bantuan kemanusiaan serta bantuan bencana. Mereka juga berpartisipasi dalam operasi Anti-Pembajakan.[2]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Untuk menelusuri awal mula Angkatan Laut Jerman, harus kembali ke masa Reichsflotte (Armada Kekaisaran) di era revolusioner 1848–52. Reichsflotte adalah angkatan laut Jerman pertama yang berlayar di bawah bendera hitam-merah-emas. Didirikan pada 14 Juni 1848 atas perintah Parlemen Frankfurt yang terpilih secara demokratis, eksistensi singkat Reichsflotte berakhir karena kegagalan revolusi dan dibubarkan pada 2 April 1852, sehingga angkatan laut Jerman modern saat ini merayakan ulang tahunnya setiap 14 Juni.

Anggota Angkatan Laut Jerman tahun 1970-an

Antara Mei 1945 dan 1956, Administrasi Penyapu Ranjau Jerman dan organisasi penggantinya, yang terdiri dari mantan anggota Kriegsmarine (Angkatan Laut Perang) Nazi Jerman, menjadi semacam tahap transisi bagi angkatan laut, memungkinkan Marinir masa depan untuk memanfaatkan personel yang baru berpengalaman atas pembentukannya. Juga, dari tahun 1949-52, Angkatan Laut AS telah mempertahankan Naval Historical Team di Bremerhaven. Kelompok mantan perwira Kriegsmarine yang bertindak sebagai konsultan sejarah dan taktis untuk Amerika, penting dalam membangun elemen Jerman dalam staf angkatan laut senior NATO. Pada tahun 1956, dengan aksesi Jerman Barat ke NATO, Bundesmarine (Angkatan Laut Federal), secara resmi didirikan. Pada tahun yang sama Volkspolizei See Jerman Timur (secara harfiah berarti Polisi Rakyat Laut) menjadi Volksmarine (Angkatan Laut Rakyat). Selama Perang Dingin, semua kapal tempur Angkatan Laut Jerman ditugaskan ke komando angkatan laut NAVBALTAP dari NATO's Allied Forces Baltic Approaches.

Dengan masuknya Jerman Timur ke Jerman Barat pada tahun 1990, Volksmarine bersama dengan seluruh Tentara Rakyat Nasional menjadi bagian dari Bundeswehr. Sejak tahun 1995 nama "Angkatan Laut Jerman" digunakan dalam konteks internasional, sedangkan nama resmi sejak tahun 1956 tetap "Marine" tanpa tambahan apapun. Per April 2020, kekuatan angkatan laut Jerman adalah 16.704 personel pria dan wanita.[3]

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Aktuelle Personalzahlen der Bundeswehr [Current personnel numbers of the Federal Defence]". 7 Mei 2021. Diakses tanggal 6 December 2021. 
  2. ^ "Archived copy". Diarsipkan dari versi asli tanggal 31 March 2017. Diakses tanggal 30 March 2017. 
  3. ^ "Personalzahlen". www.bundeswehr.de (dalam bahasa Jerman). Diakses tanggal 2021-12-06.