Angkatan Laut Jerman

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Angkatan Laut Jerman
Deutsche Marine
Bundeswehr Logo Marine with lettering.svg
Dibentuk2 Januari 1956; 64 tahun lalu (1956-01-02)
Negara Jerman
Tipe unitAngkatan Laut
Jumlah personel16.365 personel (30 Juni 2019)[1]
65 kapal
54 pesawat
Bagian dariBundeswehr
Headquarters of the German NavyRostock (Komando Angkatan Laut)
MotoWir. Dienen. Deutschland.
(Kami. Melayani. Jerman.)
Himne"Gruß an Kiel [de]"
Ulang tahun14 Juni
Pertempuran
Situs webwww.marine.de
Tokoh
Inspektur Angkatan LautLaksamana Madya Andreas Krause
Inspektur deputi Angkatan LautLaksamana Madya Rainer Brinkmann
Kepala StafLaksamana Muda Thorsten Kähler
Tokoh berjasa
Insignia
LambangNaval Ensign of Germany.svg

Angkatan Laut Jerman (bahasa Jerman: Deutsche Marine, secara resmi bahasa Jerman: Marine Tentang suara ini listen ) adalah angkatan laut dari Jerman dan bagian dari "Bundeswehr" ("Pertahanan Federal") yang bersatu yaitu Angkatan Bersenjata Jerman.

Angkatan Laut Jerman pada awalnya dikenal sebagai Bundesmarine ("Angkatan Laut Federal") dari tahun 1956 hingga 1995, ketika Deutsche Marine ("Angkatan Laut Jerman") menjadi nama tidak resmi sehubungan dengan bergabungnya Volksmarine ("Angkatan Laut Rakyat") dari Jerman Timur pada tahun 1990. Angkatan Laut Jerman sangat terintegrasi ke dalam aliansi NATO. Misi utamanya adalah melindungi perairan teritorial Jerman dan infrastruktur laut serta jalur komunikasi laut. Terlepas dari ini, Angkatan Laut Jerman berpartisipasi dalam operasi pemeliharaan perdamaian dan memberikan bantuan kemanusiaan serta bantuan bencana. Mereka juga berpartisipasi dalam operasi Anti-Pembajakan.[2]

Untuk menelusuri awal mula Angkatan Laut Jerman, harus kembali ke masa Reichsflotte (Armada Kekaisaran) di era revolusioner 1848–52. Reichsflotte adalah angkatan laut Jerman pertama yang berlayar di bawah bendera hitam-merah-emas. Didirikan pada 14 Juni 1848 atas perintah Parlemen Frankfurt yang terpilih secara demokratis, eksistensi singkat Reichsflotte berakhir karena kegagalan revolusi dan dibubarkan pada 2 April 1852, sehingga angkatan laut Jerman modern saat ini merayakan ulang tahunnya setiap 14 Juni.

Anggota Angkatan Laut Jerman tahun 1970-an

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Die Stärke der Streitkräfte [Personnel strength of German Armed Forces]". 16 July 2019. Diakses tanggal 20 July 2019. 
  2. ^ "Archived copy". Diarsipkan dari versi asli tanggal 31 March 2017. Diakses tanggal 30 March 2017.