Angkatan Darat ke-7 (Wehrmacht)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
7. Armee
Angkatan Darat ke-7
Deut.7.Armee-Abzeichen1944.gif
Tanda dari Angkatan Darat ke-7 Jerman tahun 1944
Aktif1939–45
Negara Jerman Nazi
CabangWehrmacht
Tipe unitAngkatan Darat
PertempuranPerang Dunia II
Komandan tempur
Tokoh berjasaJenderal Friedrich Dollmann
Jenderal SS Paul Hausser
Jenderal Heinrich Eberbach
Jenderal Erich Brandenberger
Jenderal Hans Felber
Jenderal Hans von Obstfelder

Angkatan Darat ke-7 (bahasa Jerman: 7. Armee Oberkommando) adalah Angkatan Darat Jerman Perang Dunia II.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Asal-usul[sunting | sunting sumber]

Angkatan Darat ke-7 didirikan di Stuttgart pada tanggal 25 Agustus 1939 dipimpin oleh Jenderal Friedrich Dollmann. Pada saat pecahnya perang, Angkatan Darat ke-7 menjaga perbatasan Prancis dan mengawaki Westwall di wilyah Rhine Atas. Di mulai dari Kampanye di Barat pada tahun 1940, Angkatan Darat ke-7 adalah bagian dari Angkatan Darat Grup C yang dipimpin oleh Jenderal Wilhelm Ritter von Leeb. Pada tanggal 14 Juni 1940, Angkatan Darat Grup C menyerang Garis Maginot setelah itu telah dipotong oleh unit lapis baja dari Korps Panzer XXXXI. Unsur-unsur utama Angkatan Darat ke-7 mencapai area di depan Colmar dan kemudian mengejar Angkatan Darat Grup ke-2 Prancis hingga Lorraine. Pada akhir kampanye, Angkatan Darat ke-7 di bagian timur Prancis. Dari Juli 1940 sampai April 1941, Angkatan Darat ke-7 menjaga wilayah pantai di barat daya Prancis. Dari 18 April 1941, Angkatan Darat ke-7 yang bertanggung jawab atas pertahanan pesisir di Brittany dan Normandy. Pada pertengahan 1944, Angkatan Darat ke-7 menjadi Angkatan Darat Grup B yang dipimpin oleh Jenderal Erwin Rommel.

Normandia[sunting | sunting sumber]

Karena ketidakpastian perintah Komando Tinggi Jerman mengenai Sekutu setelah pendaratan D-Day, Angkatan Darat ke-7 paling awal bertempur di Normandia meskipun pada akhirnya diperkuat oleh Grup Panzer Barat. Dengan Angkatan Darat ke-5 dicadangkan di Pas de Calais, berharap akan bertempur dengan pendaratan pasukan Sekutu selanjutny. 18 juni, Angkartan Darat ke-7 telah kehilangan 97,000 tentara, termasuk lima jenderal. Pada 28 juni, tentara komandan, Jenderal Dollmann, meninggal karena serangan jantung.

Di bawah tekanan terus-menerus Sekutu, Angkatan Darat ke-7 perlahan-lahan dipaksa kembali melalui pagar tanaman negara di Normandia. Akhirnya, dalam Operasi Cobra di akhir bulan juli 1944, sayap kiri yang lemah Angkatan Darat ke-7 diremukkan oleh pemboman udara besar-besaran oleh sekutu dan kemudian diserang dan dihancurkan oleh Angkatan Darat ke-1 AS. Eksploitasi Lapis baja ini dapat merobek garis depan oleh pasukan AS yang memaksa Jerman mundur dan kemudian melakukan serangan balik yang gagal yang puncaknya hampir memusnahkan Angkatan Darat ke-7 dalam Kantong Falaise.

Dengan meninggalkan alat-alat berat mereka yang tersisa, Angkatan Darat ke-7 melarikan diri dari Kantong Falaise dan mundur ke arah timur sampai perbatasan Jerman. Selama musim gugur tahun 1944, Angkatan Darat ke-7 menggunakan strategi defensif di wilayah Eifel perbatasan di Belgia dan Luxemburg sementara Hitler mengurus dengan cermat pasukannya untuk serangan di Front Barat saat musim dingin.

Pertempuran Bulge[sunting | sunting sumber]

Selama Pertempuran Bulge itu terdiri dari tiga infanteri (ke-212, 256, Volksgrenadier ke 352) dan satu divisi parasut (ke-5).[1] perannya adalah untuk melindungi sisi selatan dari Angkatan Darat Panzer ke-5 dan seluruh Serangan Ardennes. Seperti dua pasukan Jerman yang lain saat serangan, Angkatan Darat ke-7 mengalami kerugian besar. Angkatan Darat ke-7 membela terhadap serangan ke utara dari Angkatan Darat ke-3 AS, tetapi pada akhirnya gagal untuk menghentikan pergerakan Jenderal George S. Patton ke Bastogne dan Houffalize. Namun Angkatan Darat ke-7, berhasil menghindari pengepungan dan mundur lagi ke Westwall.

Jerman[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Januari 1945, Angkatan Darat ke-3 AS menyerang ke timur, memaksa Angkatan Darat ke-7 untuk mundur dari daerah Trier ke wilayah Koblenz. Dibawah tekanan AS, Angkatan Darat ke-7 kembali dipaksa untuk mundur menuju daerah sekitar Mainz dan Mannheim. Tidak mampu menghentikan pergerakan AS di Jerman tengah selama bulan Maret dan April 1945, Angkatan Darat ke-7 terus mundur melalui lembah dan Sungai Lahn, melalui bukit Spessart, Fulda, Gotha, dan kemudian melalui Hutan Thuringian ke wilayah antara Leipzig dan Hof.

Menyerah[sunting | sunting sumber]

Angkatan Darat ke-7 menyerah kepada Angkatan Darat ke 3 AS di daerah Hutan Bavaria dan Bohemia barat pada 8 Mei 1945.

Komandan[sunting | sunting sumber]

  • Jenderal Friedrich Dollmann (25 Agustus 1939 – 28 Juni 1944)
  • Jenderal Waffen SS Paul Hausser (29 Juni 1944 – Agustus 20, 1944)
  • Jenderal Heinrich Eberbach (21 Agustus 1944 – Agustus 30, 1944)
  • Jenderal Erich Brandenberger (3 September 1944 – 21 Februari 1945)
  • Jenderal Hans Felber (22 Februari 1945 – Maret 25, 1945)
  • Jenderal Hans von Obstfelder (26 Maret 1945 – 8 Mei 1945)

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

  • Angkatan Darat ke-7 (Kekaisaran Jerman) untuk formasi setara dalam Perang Dunia I

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Elstob, page 44.

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Elstob, Peter. Hitler Serangan Terakhir, Pen & Pedang Militer Klasik #15, Barnsley, 2003. ISBN 0-85052-984-0