Angkatan Darat Kekaisaran Romawi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Anggota legiun Romawi. Ukiran ditemukan di reruntuhan Glanum di Saint-Rémy-de-Provence, kini disimpan di Museum Galia-Romawi Fourvière, Lyon.

Angkatan Darat Kekaisaran Romawi (bahasa Latin: exercitus Romanus) adalah angkatan bersenjata yang dikerahkan oleh Romawi di daratan dari masa Kerajaan Romawi (sampai sekitar tahun 500 SM) hingga Republik Romawi (500–31 SM) dan Kekaisaran Romawi (31 SM – 395 M), dan masih berlanjut pada masa Kekaisaran Romawi Timur hingga jatuhnya Konstantinopel ke tangan Kesultanan Utsmaniyah pada tahun 1453. Maka dari itu, istilah ini mencakup sejarah sepanjang kurang lebih 2.206 tahun (753 SM hingga 1453 M), dan pada masa itu angkatan darat Romawi bekali-kali berganti persenjataan, taktik, dan pengorganisasiannya, walaupun tradisi intinya tetap bertahan dalam waktu yang lama.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Angkatan Darat Romawi yang pertama merupakan angkatan darat Kerajaan Romawi yang berdiri hingga masa awal Republik (sampai sekitar tahun 300 SM). Pada masa ini, peperangan seringkali terdiri dari serangan-serangan berskala kecil untuk melakukan penjarahan, sehingga kemungkinan angkatan darat ini mengikuti gaya pengorganisasian dan peralatan bangsa Etruska dan Yunani Kuno.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  • The Complete Roman Army, Adrian Goldsworthy Thames & Hudson, 2011
  • The Roman Army: A Social and Institutional History, Pat Southern, Oxford University Press, 2007
  • Companion to the Roman Army, Paul Erdkamp, John Wiley & Sons, 31 Mar 2011