Angkatan Darat Israel

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Angkatan Darat Israel
זרוע היבשה
Lambang Angkatan Darat Israel
Dibentuk1948
Negara Israel
Tipe unitAngkatan darat
Jumlah personel133.000 personel aktif
380.000 personel cadangan
Bagian dariPasukan Pertahanan Israel
MarkasKamp Bar-Lev
Pertempuran
Tokoh
Panglima Tertinggi Rav Aluf Aviv Kochavi
Insignia
Bendera

Angkatan Darat Israel (bahasa Ibrani: זרוע היבשה) adalah cabang angkatan darat dari Pasukan Pertahanan Israel (IDF). Panglimanya adalah Komandan Perwira Umum dengan pangkat Mayor Jenderal (Mazi) di bawah Kepala Staf Umum.

Perintah dari Menteri Pertahanan David Ben-Gurion pada tanggal 26 Mei 1948 secara resmi membentuk Pasukan Pertahanan Israel sebagai tentara wajib militer yang dibentuk dari kelompok paramiliter Haganah, yang menggabungkan kelompok militan Irgun dan Lehi. Angkatan Darat telah bertugas di semua operasi militer utama negara itu—termasuk Perang Arab–Israel 1948, Krisis Suez 1956, Perang Enam Hari 1967, Perang Yom Kippur 1973, Operasi Entebbe 1976, Perang Lebanon 1982, Intifada Pertama 1987–1993, Intifada Kedua 2000–2005, Perang Lebanon 2006, dan Perang Gaza (2008–09). Meskipun awalnya IDF beroperasi di tiga front—melawan Lebanon dan Suriah di utara, Yordania dan Irak di timur, dan Mesir di selatan—setelah Perjanjian Damai Israel-Mesir 1979, IDF terkonsentrasi di Lebanon selatan dan Teritori Palestina, termasuk Intifadah Pertama dan Kedua.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Anggota Brigade Yiftach melakukan upacara, menandakan awal terbentuknya militer Israel

Menyusul Deklarasi Kemerdekaan Israel, Perdana Menteri dan Menteri Pertahanan David Ben-Gurion mengeluarkan perintah untuk pembentukan Pasukan Pertahanan Israel pada tanggal 26 Mei 1948. Meskipun Ben-Gurion tidak memiliki wewenang hukum untuk mengeluarkan perintah semacam itu, perintah itu disahkan kabinet pada 31 Mei. Perintah yang sama menyerukan pembubaran semua angkatan bersenjata Yahudi lainnya.[1] Dua organisasi bawah tanah Yahudi lainnya, Irgun dan Lehi, setuju untuk bergabung dengan IDF jika mereka dapat membentuk unit independen dan setuju untuk tidak melakukan pembelian senjata secara independen. Inilah latar belakang Peristiwa Altalena, sebuah konfrontasi seputar senjata yang dibeli oleh Irgun yang mengakibatkan perselisihan antara anggota Irgun dan IDF yang baru dibentuk. Perselingkuhan itu berakhir ketika Altalena, kapal yang membawa senjata, ditembaki oleh IDF. Setelah peristiwa itu, semua unit Irgun dan Lehi yang independen dibubarkan atau digabung ke dalam IDF. Palmach, komponen utama Haganah, juga bergabung dengan IDF dengan perbekalan, dan Ben Gurion menanggapi dengan membubarkan stafnya pada tahun 1949, setelah itu banyak perwira senior Palmach pensiun, terutama komandan pertamanya, Yitzhak Sadeh.

Segera setelah perang 1948, konflik Israel-Palestina bergeser ke konflik intensitas rendah antara IDF dan fedayeen Palestina. Dalam Krisis Suez 1956, uji kekuatan tempur pertama IDF setelah 1949, tentara baru merebut Semenanjung Sinai dari Mesir, yang kemudian dikembalikan. Dalam Perang Enam Hari 1967, Israel menaklukkan Semenanjung Sinai, Jalur Gaza, Tepi Barat (termasuk Yerusalem Timur) dan Dataran Tinggi Golan dari negara-negara Arab di sekitarnya, mengubah keseimbangan kekuatan di kawasan serta peran IDF. Pada tahun-tahun berikutnya menjelang Perang Yom Kippur, IDF bertempur dalam Perang Atrisi melawan Mesir di Sinai dan perang perbatasan melawan Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) di Yordania, yang berpuncak pada Pertempuran Karameh.

AD Israel pada Intifada Kedua

Kejutan Perang Yom Kippur dan akibatnya benar-benar mengubah prosedur dan pendekatan IDF terhadap peperangan. Perubahan dalam organisasi dibuat dan lebih banyak waktu didedikasikan untuk pelatihan perang konvensional. Namun, pada tahun-tahun berikutnya, peran tentara perlahan bergeser lagi ke konflik berintensitas rendah, perang kota dan kontra-terorisme. Contoh yang terakhir adalah suksesnya serangan komando Operasi Entebbe tahun 1976 untuk membebaskan penumpang maskapai yang dibajak yang ditahan di Uganda. Selama era ini, IDF juga berhasil melakukan misi pengeboman di Irak untuk menghancurkan reaktor nuklirnya. Itu terlibat dalam Perang Saudara Lebanon, memulai Operasi Litani dan kemudian Perang Lebanon 1982, di mana IDF menggulingkan organisasi gerilya Palestina dari Lebanon. Militansi Palestina telah menjadi fokus utama IDF sejak itu, terutama selama Intifadah Pertama dan Kedua, Operasi Perisai Pertahanan, Perang Gaza, Operasi Pilar Pertahanan, dan Operasi Pelindung Tepi, menyebabkan IDF mengubah banyak kode etik dan mempublikasikannya. Organisasi Syiah Lebanon, Hizbullah, juga menjadi ancaman yang berkembang,[2] di mana IDF melawan konflik asimetris antara tahun 1982 dan 2000, serta perang skala penuh pada tahun 2006.

Dinas[sunting | sunting sumber]

Layanan cadangan tentara Israel

Layanan militer memiliki tiga jenis layanan berbeda:

  • Layanan Reguler (שירות חובה): dinas wajib militer yang diadakan menurut hukum dinas keamanan Israel.
  • Layanan Permanen (שירות קבע): dinas militer yang diadakan sebagai bagian dari perjanjian kontrak antara IDF dan pemegang posisi permanen.
  • Layanan Cadangan (שירות מילואים): layanan militer di mana warga negara dipanggil untuk tugas aktif paling lama sebulan setiap tahun (sesuai dengan Undang-Undang Layanan Cadangan), untuk pelatihan dan kegiatan militer yang sedang berlangsung dan terutama untuk tujuan peningkatan militer pasukan jika terjadi perang.

Kadang-kadang IDF juga mengadakan kursus pra-militer (קורס קדם צבאי atau קד"צ) untuk calon prajurit reguler.

Wanita[sunting | sunting sumber]

Pasukan wanita di militer Israel

Israel adalah salah satu dari sedikit negara yang mewajibkan atau menempatkan wanita dalam peran tempur, meskipun dalam praktiknya, wanita dapat menghindari wajib militer melalui pengecualian agama dan lebih dari sepertiga wanita Israel melakukannya.[3] Pada 2010, 88% dari semua peran di IDF terbuka untuk kandidat perempuan, dan perempuan dapat ditemukan di 69% dari semua posisi IDF.[4]

Menurut IDF, 535 tentara wanita Israel tewas dalam operasi tempur pada periode 1962–2016,[5] dan puluhan sebelum itu. IDF mengatakan bahwa kurang dari 4 persen wanita berada dalam posisi tempur. Sebaliknya, mereka terkonsentrasi di posisi "dukungan tempur" yang memerintahkan kompensasi dan status yang lebih rendah daripada posisi tempur.[6]

Misi[sunting | sunting sumber]

Tentara Israel saat Operasi Jaga Saudara (2014)

Misi IDF adalah untuk "mempertahankan keberadaan, keutuhan wilayah dan kedaulatan negara Israel. Untuk melindungi penduduk Israel dan untuk memerangi segala bentuk terorisme yang mengancam kehidupan sehari-hari."[7]

Prinsip-prinsip utama militer Israel berasal dari kebutuhan Israel untuk memerangi lawan-lawan yang unggul secara numerik. Salah satu prinsip tersebut, adalah konsep bahwa Israel tidak boleh kalah dalam satu perang pun. IDF percaya bahwa ini mungkin jika dapat dengan cepat memobilisasi pasukan untuk memastikan bahwa mereka menyerang musuh di wilayah musuh.[8] Pada abad ke-21, berbagai ancaman non-konvensional termasuk organisasi teroris, infrastruktur bawah tanah yang dioperasikan oleh Hamas, dll. telah memaksa IDF untuk mengubah doktrin pertahanan resminya.[9]

Masa depan[sunting | sunting sumber]

Tentara Israel dengan peralatan tempur lengkap

IDF merencanakan sejumlah peningkatan teknologi dan reformasi struktural untuk masa depan. Pelatihan telah ditingkatkan dengan kerjasama yang lebih besar antara unit darat, udara, dan angkatan laut.[10]

Angkatan Darat sedang menghapus senapan M-16 secara bertahap demi varian IWI Tavor, yang terbaru adalah flat-top IWI Tavor X95 ("Micro-Tavor Dor Gimel").[11]

Selain itu, pengangkut personel lapis baja M113 yang sudah ketinggalan zaman sedang digantikan oleh APC Namer baru, dengan 200 dipesan pada tahun 2014, serta memperoleh AFV Eitan, dan sedang meningkatkan APC IDF Achzarit.[12]

IDF juga merencanakan tank masa depan untuk menggantikan Merkava, yang akan mampu menembakkan laser dan getaran elektromagnetik, berjalan pada mesin hybrid, dengan awak hanya dua orang, akan lebih cepat, dan akan lebih terlindungi, dengan penekanan pada sistem perlindungan seperti Trophy over armor.[13]

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ostfeld, Zehava; אוסטפלד, זהבה. (1994). Tsava nolad : shelavim ʻiḳariyim bi-veniyat ha-tsava be-hanhagato shel Daṿid Ben-Guryon. [Tel Aviv]: Miśrad ha-biṭaḥon. ISBN 965-05-0695-0. OCLC 30586080. 
  2. ^ AP. "Hezbollah hiding 100,000 missiles that can hit north, army says". www.timesofisrael.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-12-22. 
  3. ^ Images, Getty. "Abuse of IDF Exemptions Questioned". The Forward (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-12-22. 
  4. ^ "Statistics: Women's Service in the IDF for 2010IDF Blog | The Official Blog of the Israel Defense Forces". web.archive.org. 2015-05-13. Archived from the original on 2015-05-13. Diakses tanggal 2021-12-22. 
  5. ^ "Israeli Woman Who Broke Barriers Downed by Hezbollah Rocket as 2006 Combat Volunteer". Haaretz (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-12-22. 
  6. ^ Sztokman, Elana Maryles (2014-08-07). "Gaza: It's a Man's War". The Atlantic (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-12-22. 
  7. ^ "Israel Defense Forces - צבא ההגנה לישראל". web.archive.org. 2010-11-02. Archived from the original on 2010-11-02. Diakses tanggal 2021-12-22. 
  8. ^ "Israel Defense Forces | military organization, Israel | Britannica". www.britannica.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-12-22. 
  9. ^ "Israel Defense Forces Strategy Document". Belfer Center for Science and International Affairs (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-12-22. 
  10. ^ "Analysis / The Israeli Army's New Target: Itself". Haaretz (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-12-22. 
  11. ^ Jerusalem Post: IDF phasing out M-16 in favor of Israeli-made Tavor (19 December 2012)
  12. ^ Yehoshua, Yossi (2014-09-22). "Ya'alon approves addition of 200 advanced APCs for the IDF". Ynetnews (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-12-22. 
  13. ^ Qolbi, Fera Hayatun (2020-06-30). "Masa Emerging Adulthood pada Mahasiswa: Kecemasan akan Masa Depan, Kesejahteraan Subjektif, dan Religiusitas Islam". Psikoislamika : Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam. 17 (1): 44. doi:10.18860/psi.v17i1.8821. ISSN 2655-5034.