Angkatan Bersenjata Australia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Angkatan Pertahanan Australia
Australian Defence Force
Angkatan
Markas besarCanberra, ACT
Kepemimpinan
Panglima Tertinggi Gubernur-Jenderal David Hurley
Menteri Pertahanan Peter Dutton
Panglima Angkatan Pertahanan Jenderal Angus Campbell
Kekuatan personel
Usia penerimaan16,5 tahun (untuk seleksi)
17 tahun (untuk bertugas)
Wajib militerTidak ada, dihapus pada tahun 1972
Personel aktif55.095 (2020)[1]
Personel cadangan28.878 (2020)[2]
Personel dikerahkan1.841 (2020)[3]
Belanja
AnggaranA$44,6 miliar (2021)[4]
Persentase terhadap PDB2,0%[5]
Industri
Pemasok lokalIndustri pertahanan Australia

Angkatan Bersenjata Australia (bahasa Inggris: Australian Defence Force, ADF lit. ''Angkatan Pertahanan Australia) adalah sebuah organisasi militer yang bertugas untuk mempertahankan Australia. Organisasi tersebut terdiri dari Angkatan Laut Kerajaan Australia (Royal Australian Navy, RAN), Angkatan Darat Kerajaan Australia (Australian Army), dan Angkatan Udara Kerajaan Australia (Royal Australian Air Force. RAAF). ADF memiliki kekuatan lebih dari 85.000 pasukan penuh waktu dan pasukan cadangan aktif dan didukung oleh Departemen Pertahanan dan beberapa badan sipil lainnya.

Selama dekade pertama abad ke-20, Pemerintah Australia membentuk angkatan bersenjata sebagai organisasi yang terpisah. Setiap layanan memiliki rantai komando yang independen. Pada tahun 1976, pemerintah membuat perubahan strategis dan membentuk ADF untuk menempatkan layanan di bawah satu markas. Seiring waktu, tingkat integrasi telah meningkat dan kantor pusat tri-layanan, logistik, dan lembaga pelatihan telah menggantikan banyak pendirian layanan tunggal.

ADF memiliki alutsista berteknologi canggih tetapi relatif berjumlah kecil. Meskipun 58.206 personel tugas aktif penuh waktu ADF dan 29.560 cadangan aktif menjadikannya militer terbesar di Oseania, ADF lebih kecil daripada kebanyakan kekuatan militer Asia. Meskipun demikian, ADF didukung oleh anggaran militer yang signifikan menurut standar dunia dan dapat mengerahkan pasukan di berbagai lokasi di luar Australia.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Kutipan[sunting | sunting sumber]

Karya[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]