Anatolius (Potapov)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Anatolius (Potapov)

Anatolius Muda dari Optina, juga Anatolius II (Potapov) dari Optina atau Anatole II dari Optina (lahir 15 Februari 1855 – meninggal 11 Agustus 1922 pada umur 67 tahun), adalah seorang arkimandrit dari kelompok biara Optina pada akhir abad kesembilan belas dan awal abad kedua puluh yang dikenal sebagai Tetua Optina. Anatolius Tua dimuliakan pada 30 Juli dan dengan seluruh Tetua Optina pada 11 Oktober.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Anatolius kecil (nama sekulernya adalah Alexander Potapov) lahir pada 15 Februari 1855 di Moskwa dalam keluarga pedagang barang antik. Sejak kecil, ia ingin menjadi biarawan. Namun, ibunya memintanya untuk tidak meninggalkannya pada masa tuanya. Baru setelah ibunya menjemput ajal pada 15 Februari 1885, Alexander masuk Biara Optina dalam suai 30 tahun dan menjadi murid Ambrosius dari Optina.

Pada 27 Februari 1917, saat Kaisar Nikolas bersiap untuk turun takhta, Anatolius bernubuat bahwa persatuan Gereja Ortodoks Rusia akan terpecah menjadi beberapa cabang. Namun, ia menyatakan bahwa perpecahan tersebut dapat menyelamatkan orang-orang karena melalui mukjizat besar Allah, mereka dikumpulkan bersama dan disatukan dan persatuan kanonikal akan dipulihkan.

Referensi[sunting | sunting sumber]