Anamniotes

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Anamniotes
Trouts spawning showing typical anamniote external fertilization
Trouts spawning showing typical anamniote external fertilization
Anamniotes have a distinct larval stage, such as in the smooth newt.
Anamniotes have a distinct larval stage, such as in the smooth newt.
Klasifikasi ilmiah
Kelompok yang termasuk
Jawless fishes
Cartilaginous fishes
Bony fishes
Amphibians
Kelompok yang tidak termasuk
Amniotes

Anamniotes adalah kelompok informal yang terdiri dari ikan dan amfibi, yang disebut "rendah vertebrata ", yang terletak mereka telur dalam air. Mereka dibedakan dari amniote, "vertebrata tingkat tinggi" ( reptilia, burung dan mamalia ), yang bertelur di darat atau mempertahankan telur yang telah dibuahi di dalam induknya.

Namanya mengacu pada amnion, selaput embrionik yang diproduksi selama perkembangan janin amniota yang berfungsi untuk mengangkut oksigen ke dalam telur dan mengeluarkan karbondioksida. Seperti namanya, anamniota tidak mengembangkan amnion selama kehidupan janin dan mampu menukar oksigen, karbon dioksida, dan limbah metabolit dengan air di sekitarnya.  Air membantu dalam difusi produk limbah (terutama amonia ), memungkinkan embrio menyelesaikan perkembangan embrio tanpa diracuni oleh produk limbahnya sendiri.  Selama perkembangannya, semua kelas anamniotemelewati tahap yang menyerupai ikan, sehingga menunjukkan hubungan fisiologis yang erat.

Ciri-ciri anamniote[sunting | sunting sumber]

Telur anamniote dari katak.

Kelompok tersebut dicirikan dengan mempertahankan kondisi vertebrata primitif dalam beberapa ciri:[1][2]

  • Tidak adanya amnion
  • Tidak adanya atau kondisi dasar dari allantois
  • Sel darah merah berinti
  • Kulit permeabel memungkinkan difusi air dan gas langsung melalui kulit.
  • Adanya pada beberapa periode kehidupan insang.

Sejarah penemuan[sunting | sunting sumber]

Fitur yang menyatukan anamniote pertama kali dicatat oleh Thomas Henry Huxley pada tahun 1863, yang menciptakan ungkapan Ichtioid atau Ichthyopsida ("wajah ikan") untuk grup tersebut.[3][tidak ada di rujukan] Ini adalah klasifikasi taksonomi tepat di bawah tingkat Vertebrata, meskipun Huxley menampilkan Ichthyopsida sebagai unit informal dan tidak pernah memberanikan diri untuk meneruskan peringkat Linnaean untuk grup tersebut. Istilah ichthyopsida berarti wajah ikan atau mirip ikan sebagai lawan dari sauropsida atau hewan berwajah kadal ( reptil dan burung ) dan mamalia.[4] Kelompok yang mewakili tingkat evolusi daripada klade, istilah anamniote sekarang digunakan sebagai cara informal untuk menunjukkan sifat fisik kelompok, bukan sebagai unit sistematis.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Romer, A. S.; Parsons, T. S. (1985) [1977]. The Vertebrate Body (edisi ke-6th). Philadelphia: Saunders. ISBN 978-0-03-058443-5. 
  2. ^ Nicholson, H.A. (1880): Manual of Zoology, Blackwood And Sons. Original text
  3. ^ Huxley, T.H. (1876): Lectures on Evolution. New York Tribune. Extra. no 36. In Collected Essays IV: pp 46-138 original text w/ figures
  4. ^ Encyclopædia Britannica, 9th ed. (1878). original text