Anammelek

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Anammelek adalah salah satu nama dewa yang terdapat dalam Alkitab.[1] Ia merupakan dewa dari suku Sefarwaim yang merupakan suku yang dibawa oleh Sargon II ke Samaria.[1][2] Anammelek merupakan dewa yang membawa kabar buruk.[2] Anammelek merupakan dewa yang berasal dari daerah bagian barat semit.[2] Pasangan dari dewa ini adalah Adrammelek yang juga merupakan dewa dari orang Sefawaim.[1] Adrammelek merupakan dewa matahari sedangkan Anammelek merupakan dewa langit.[2][1] Sama seperti persembahan kepada Adrammelek, persembahan kepada Anammelek juga merupakan korban bakaran yaitu anak bayi.[1] Namun, ada kebingungan untuk membedakan nama Anammelek dengan Adrammelek berdasarkan bahasa aslinya.[2][1] Nama Anammelek juga dikaitkan dengan salah satu dewa dari mitologi Babilonia yang bernama Anu.[1] Nama Anammelek bila dikaitkan dengan nama Anu dari Babilonia maka berarti bahwa Anu adalah raja.[1] Hal ini didasarkan pada kata Melech yang berarti raja.[1] Namun, data mengenai kaitan antara nama Anammelek dengan dewa Anu tidak cukup kuat.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f g h i j (Inggris) Karel Van Der Toorn et.all. 1999. Dictionary of Deities and Demons in the Bible. Grand Rapids, Michigan: Wm B. Eerdmans. Hlm 34-35.
  2. ^ a b c d e (Inggris) Gertrude Jobes. 1962. Dictionary of Mythology and Folklore and Symbols. New York: The Scarecrow press. Hlm 91.