Analisis jabatan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Analisis Jabatan Suatu kegiatan mengumpulkan informasi yang lengkap dan benar mengenai jabatan yang ada dalam suatu organisasi. Tujuannya adalah agar dari hasil analisis tersebut dapat disusun uraian jabatan yang lengkap dan akurat termasuk juga spesifikasi jabatan dan persyaratan yang harus di penuhi oleh calon pemegang jabatan itu. biasanya analisis jabatan dilakukan sebagai langkah pertama dalam proses evaluasi jabatan. [1]

Analisis jabatan menyangkut fakta, yaitu informasi tentang apa yang dikerjakan dalam jabatan itu, bukan tentang si pemegang jabatan. analisis jabatan juga tidak menganalisis tentang hasil karya pejabatnya. karena itu analisis jabatan harus dibedakan dari analisis karyawan yang menganalisis sifat- sifat karyawannya.

bidang-bidang yang harus dianalisis dalam anaisis jabatan mencakup : (1) kegiatan, yaitu semua tugas yang dilakukan pemegang jabatan yang berkaitan dengan jabatan itu, termasuk tugas umum dan khusus, tingkat kepentingan, tingkat kesulitan, serta besarnya tanggung jawab. fokus utamanya adalah pada apa yang dikerjakan; (2) lingkungan pekerjaan, mencakup lokasi dan kondisi tempat kerja, supervisi yang di perlukan, jadwal kerja, serta ada atau tidaknya insentif khusus yang berupa uang atau bukan uang.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Suwartoyo, B; Lumbantoruan, Magdalena (1992). Ensiklopedi Ekonomi, Bisnis & Manajemen. Jakarta: PT Cipta Adi Pustaka. hlm. 13.