Amestris

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Amestris
Ratu Persia
Ayah Otanes
Pasangan Ahasyweros I dari Persia
Anak
Darius
Hystaspes
Artahsasta I dari Persia
Amytis
Rhodogyne
Agama Zoroastrianisme[1]

Amestris (bahasa Yunani: Άμηστρις, Amēstris, mungkin sama dengan Άμαστρις, Amāstris, dari Bahasa Persia Kuno Amāstrī-, "wanita kuat")[2] merupakan istri Ahasyweros I dari Persia, ibunda Raja Akhemeniyah Artahsasta I dari Persia.[3]

Ia dikenal dianggap buruk oleh para sejarahwan Yunani Kuno.[4][5][6]

Amestris adalah putri Otanes, salah satu dari tujuh bangsawan yang membunuh peniru magus raja Persia Bardiya pada tahun 522 SM. Setelah ini, Darius I dari Persia mulai bertakhta. Menurut sejarahwan Yunani kuno Herodotos, Otanes dihargai dengan pernikahan kerajaan. Darius I menikahi putri Otanes Phaedymia sementara Otanes menikahi seorang saudari Darius, yang melahirkan Amestris.

Ketika Darius meninggal pada tahun 486 SM, Amestris menikah dengan putra mahkota, Ahasyweros. Herodotos menggambarkan Amestris sebagai seorang despot yang kejam:

Saya diberitahu bahwa Amestris, istri Ahasyweros, ketika ia berusia lanjut, mengembalikan nyawa kepada dewa yang dikatakan berada di bawah bumi dengan memakamkan dua kali tujuh anak Persia yang adalah orang-orang yang terkenal.
Herodotos, Historia 7.114.

Asal usul cerita ini tidak jelas, karena catatan yang diketahui menunjukkan bahwa pengorbanan manusia tidak diijinkan di dalam agama Persia. Juga karena sebagian besar catatannya berasal dari sumber Yunani, dan karena keterlibatan Yunani sebagai lawan Persia, terdapat kemungkinan tidak semua catatan akurat.

Sekitar tahun 478 SM, putranya Putra Mahkota Darius menikah dengan sepupunya Artaynte di Sardis. Ia adalah putri saudara Ahasyweros Masistes. Atas perintah Ahasyweros, Artaynte berzinah bersamanya. Ketika Amestris memergokinya, ia tidak membalas dendam terhadap Artaynte, namun melawan ibundanya, istri Masistes, karena Amestris menganggap bahwa itu adalah tindakannya yang tidak sah. Pada hari ulang tahun Ahasyweros, Amestris mengirim pengawalnya dan memotong payudara istri Masistes dan melemparkannya ke anjing, serta hidung, telinga, lidah dan bibirnya. Saat melihat ini, Masistes melarikan diri ke Bactria untuk memulai pemberontakan, namun dicegat oleh pasukan Ahasyweros yang membunuhnya dan putra-putranya.[7]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Amestris made human sacrifice. See Boyce, Mary (1989). A History of Zoroastrianism: The early period, p. 141.
  2. ^ electricpulp.com. ""Amestris" in Encyclopedia Iranica". Diakses tanggal 9 September 2014. 
  3. ^ Smith, William (1867). "Amestris (I)". Dalam William Smith. Dictionary of Greek and Roman Biography and Mythology. 1. Boston: Little, Brown and Company. hlm. 137. 
  4. ^ Herodotus, Histories vii. 61, 114, ix. 108—113
  5. ^ Ctesias, Persica c. 20. 30. ed. Lion
  6. ^ Plutarch, Alcibiades p. 123, c.
  7. ^ Godley, Alfred Denis (1921–24). "Histories book 9". Herodotus, with an English translation. OCLC 1610641. 

Sumber[sunting | sunting sumber]