Ambassador Morgenthau's Story

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ambassador Morgenthau's Story
PengarangHenry Morgenthau Sr.
Judul asliAmbassador Morgenthau's Story
NegaraAmerika Serikat
BahasaBahasa Inggris
SubjekMemoar
PenerbitDoubleday
Tanggal terbit
1918
Jenis mediaCetak (Sampul keras)
Halaman407 halaman

Ambassador Morgenthau's Story (1918) adalah judul memoar yang diterbitkan Henry Morgenthau Sr., Duta Besar AS untuk Kekaisaran Utsmaniyah dari tahun 1913 hingga 1916, hingga hari pengunduran dirinya dari jabatan tersebut.[1] Buku ini didedikasikan untuk Presiden AS saat itu Woodrow Wilson dan memerlukan waktu dua tahun untuk menyelesaikannya. Penulis bayangan untuk Henry Morgenthau adalah Burton J. Hendrick. Namun, perbandingan dengan dokumen resmi yang diajukan oleh Morgenthau dalam posisinya sebagai duta besar, menunjukkan bahwa buku tersebut pasti telah disusun dan ditulis secara ekstensif oleh Morgenthau sendiri.

Buku ini merupakan sumber utama mengenai peristiwa genosida Armenia dan genosida Yunani selama tahun-tahun terakhir Kekaisaran Utsmaniyah. Ketika diterbitkan, buku tersebut mendapat kecaman oleh dua sejarawan Amerika terkemuka mengenai liputannya tentang Jerman pada minggu-minggu sebelum dimulainya perang.

Isi[sunting | sunting sumber]

Morgenthau, seorang mantan Duta Besar AS untuk Kekaisaran Utsmaniyah, menceritakan pengalamannya dalam hubungannya dengan Jerman-Utsmaniyah selama Perang Dunia I. Ia menyebut CUP sebagai " sistem bos" di dalam Kekaisaran Utsmaniyah dan menceritakan bagaimana hal tersebut terbukti bermanfaat bagi Kekaisaran Jerman untuk membawa Utsmaniyah ke pihak mereka. Morgenthau juga menguraikan rincian pengaruh Jerman dalam mencegah penjualan kapal perang Amerika ke Yunani, rencana mereka untuk wilayah baru, stasiun-stasiun batubara, ganti rugi dan penutupan Dardanelles untuk memisahkan Kekaisaran Rusia dari Sekutu selama berlangsungnya Perang Dunia I. Buku tersebut juga berisi informasi tentang pencabutan kapitulasi Kekaisaran Utsmaniyah.

Tentang pertahanan Van[sunting | sunting sumber]

Buku ini memuat gambar para pengungsi Armenia di Van.[2] Van memiliki pemerintahan sementara Armenia yang memberikan bantuan kepada orang miskin.

Morgenthau melaporkan dari kota-kota Utsmaninah dari Aleppo dan Van. Ia mengutip kesaksian pejabat konsulat yang membenarkan deportasi seperlunya yang juga menyarankan keterlibatan penduduk Armenia di Van dengan kedatangan pasukan Rusia yang telah mengambil alih kota, dalih yang mereka gunakan sebagai pembenaran untuk melakukan persekusi atas seluruh etnis Armenia.

Dalam memoarnya, Morgenthau kemudian menulis bahwa:

Ketika pihak berwenang Turki memberikan perintah untuk deportasi ini, mereka hanya memberikan surat perintah kematian kepada seluruh ras; mereka memahami hal ini dengan baik dan dalam percakapan mereka dengan saya, mereka tidak melakukan upaya khusus untuk menyembunyikan fakta.

Diskusi dengan para pemimpin Utsmaniyah[sunting | sunting sumber]

Rekaman audio dari Bab 24, "The Murder of a Nation", dari Ambassador Morgenthau's Story.
Foto Mehmet Talat Pasha yang tercantum dalam memoar.

Diperlukan beberapa waktu sebelum kisah kekejaman Armenia mencapai Kedutaan Besar AS dengan semua detail informasinya. Morgenthau kemudian mengangkat masalah ini secara langsung dengan Talaat Pasha dan Enver Pasha. Ketika Morgenthau bertanya kepada keduanya apakah informasi yang sampai ke kedutaan dapat dipercaya, mereka menganggapnya sebagai manifestasi dari kekacauan yang terjadi di provinsi-provinsi Armenia selama bertahun-tahun. Ketika laporan konsuler yang datang dari Van dan Urfa, baik Enver maupun Talaat Pasha menganggapnya sebagai hal yang berlebihan.

Duta Besar meminta Pemerintah AS untuk campur tangan, tetapi Amerika Serikat bukan peserta dalam Perang Dunia I pada saat itu dan hanya dapat membuat nota protes tertulis atau lisan kepada otoritas Utsmaniyah. Hal ini tidak dilakukan dan Morgenthau dibiarkan tanpa pengaruh di luar hubungan pribadinya dengan mereka yang berkuasa. Ketika hal tersebut gagal, ia kemudian menarik perhatian media internasional melalui peristiwa genosida Armenia yang sedang berlangsung, mengorganisir upaya bantuan swasta dan membantu membentuk Komite Amerika untuk Bantuan Armenia dan Suriah (ACASR).

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Menurut Thomas de Waal, bukti dalam buku tersebut sangat memberatkan sehingga beberapa penyangkal Genosida Armenia mencoba untuk menyangkalnya, meskipun banyak dari isi buku tersebut diverifikasi oleh nota diplomatik dan akses Morgenthau kepada para pemimpin Utsmaniyah telah dikuatkan oleh sumber-sumber lain.[3]

Galeri[sunting | sunting sumber]

Edisi[sunting | sunting sumber]

Morgenthau, Henry (1918). Ambassador Morgenthau's Story. Doubleday & Co. 

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Morgenthau, Henry (1919). Ambassador Morgenthau's Story (edisi ke-1). Garden City, New York: Doubleday, Page & Company. Diakses tanggal June 23, 2016 – via Internet Archive. 
  2. ^ a b Ambassador Morgenthau's Story. 1918. Chapter Twenty-Seven
  3. ^ de Waal, Thomas (2015). Great Catastrophe: Armenians and Turks in the Shadow of Genocide (dalam bahasa Inggris). Oxford University Press. hlm. 44–45. ISBN 978-0-19-935069-8. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]