Amanuensis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Amanuensis (baca:əˌmænjuːɛnsɪs) adalah seseorang yang dipekerjakan untuk menulis atau mengetik apa yang diperintah orang lain atau untuk menyalin apa yang telah ditulis oleh orang lain, dan juga mengacu pada orang yang menandatangani dokumen atas nama lain di bawah kewenangan yang terakhir.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kata ini berasal dari Roma kuno, ditujukan kepada seorang budak untuk kepentingan pribadi tuannya untuk melakukan perintah apapun; kemudian secara khusus diterapkan pada budak yang telah dipercaya (umumnya yang telah dimerdekakan) bertindak sebagai sekretaris pribadi.

Evolusi semantik yang sama terjadi di istana Perancis, di mana Secretaire de la du utama roi, awalnya seorang pegawai rendahan yang mengkhususkan diri dalam membuat tanda tangan pejabat pada dokumen. Istilah ini sering digunakan secara bergantian dengan sekretaris atau juru tulis.

Penggunaan Akademis[sunting | sunting sumber]

Hal ini juga digunakan dalam arti tertentu dalam beberapa konteks akademik, misalnya ketika orang yang terluka atau cacat dibantu oleh amanuensis di ujian tertulis. Sebuah kasus penting dalam musik klasik adalah Eric Fenby, yang membantu komposer buta Frederick Delius dalam menuliskan catatan yang Delius diktekan.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]