Alwi Abdul Jalil Habibie

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Alwi Abdul Jalil Habibie
LahirAlwi Abdul Jalil Habibie
(1908-08-17)17 Agustus 1908
Onder Afdeling Gorontalo, Hindia Belanda
Meninggal3 September 1950(1950-09-03) (umur 42)
Makassar, Sulawesi, Indonesia
KebangsaanIndonesia
AlmamaterNederlandsch Indische Veeartsenschool (Institut Pertanian Bogor)
PekerjaanAhli Pertanian
Dikenal atasAhli Pertanian Daerah Indonesia Timur
Suami/istriRaden Ajeng Tuti Marini Puspowardojo
AnakTiti Soebono
Toto Habibie
Alwini Karsum Habibie
Rudy Habibie
Fanny Habibie
Sri Rejeki Habibie
Yayuk Habibie

Alwi Abdul Jalil Habibie (Lahir di Gorontalo, 17 Agustus 1908 – 3 September 1950) adalah ayah dari Presiden ke-3 Republik Indonesia Bachruddin Jusuf Habibie berdarah Gorontalo dan berkebangsaan Indonesia.[1]

Habibie lulus dari Hollandsch-Inlandsche School (HIS) di Gorontalo kemudian melanjutkan pendidikannya di Meer Uitgebreid Lager Onderwijs (MULO) - Tondano, karena waktu itu belum ada MULO di Gorontalo. Setelah selesai di MULO, ia melanjutkan lagi pelajaran ke sekolah pertanian (kelak menjadi IPB) di Buitenzorg (Bogor).

Habibie menikah dengan R. A. Tuti Marini Poespowardojo yang berasal dari Jawa.[2]

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Karier Habibie pada mulanya sebagai Adjunt Landbouw Consulen di kota Parepare, Sulawesi Selatan dengan daerah tugas yang sekarang telah menjadi Kabupaten Barru, Kabupaten Sidenreng Rappang, Kabupaten Pinrang. Dulu semua daerah ini berada dalam Kota Parepare.

Salah satu tugasnya adalah membimbing dan membina Mantri Pertanian pada wilayah tersebut untuk melakukan eksperimen, menciptakan jenis-jenis tanaman yang bisa menjadi “bibit unggul”.

Di Parepare, Habibie dikenal akrab dengan masyarakat setempat, dari kalangan rakyat biasa sampai golongan bangsawan. Ia aktif dalam perkumpulan olahraga tenis. Kawan-kawannya waktu itu antara lain, Andi Abdullah Bau Massepe (Pahlawan Nasional), Andi Makkasau (Datu Suppa Towa/Pejuang), Abdul Razak (Bestuur Assisten), Henk Rondonuwu (Guru HIS), dan Andi Makkarumpa (Pejuang).

Dari Parepare, Habibie dipromosikan menjadi Kepala Jawatan Pertanian di Makassar dengan daerah tugasnya meliputi Indonesia Bagian Timur.

Wafat[sunting | sunting sumber]

Habibie meninggal dunia di Makassar tanggal 3 September 1950.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Keluarga Presiden B. J. Habibie". Kepustakaan Presiden. 30 Oktober 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-11-13. Diakses tanggal 7 November 2014. 
  2. ^ "Profil Tokoh Parepare: Alwi Abdul Jalil Habibie". MC Diskominfo Kota Parepare. 30 Oktober 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-09-24. Diakses tanggal 7 November 2014.