Alusi Tao Toba

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Alusi Tao Toba adalah sebuah lembaga nonpemerintah yang bergerak di bidang pelestarian lingkungan dan penguatan masyarakat di Danau Toba melalui pendidikan. Alusi Tao Toba berasal dari bahasa Batak (Alusi: Jawab, Tao: Danau, dan Toba) yang artinya "Menjawab Panggilan Danau Toba". Alusi Tao Toba diharapkan menjadi jawaban yang menyelesaikan persoalan-persoalan pendidikan, lingkungan, dan kesejahteraan masyarakat di sekitar Danau Toba. Alusi Tao Toba dibentuk pada tahun 2010 oleh Togu Simorangkir.[1][2][3]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Alusi Tao Toba dibentuk pada tahun 2010 oleh Togu Simorangkir, dimulai dengan mendirikan Sopo Belajar (Rumah Belajar). Pendirian Sopo Belajar dilatarbelakangi minimnya sarana pendidikan non-formal luar sekolah di Pulau Samosir dan sekitar Danau Toba. Di daerah ini, kegiatan ekstrakurikuler bagi anak-anak dan remaja yang berkenaan dengan peningkatan pendidikan non-formal juga sangat minim. Rendahnya minat baca bukan hanya karena kebiasaan membaca yang rendah tetapi juga karena terbatasnya bahan bacaan. Alusi Tao Toba hadir untuk memberikan akses buku-buku bacaan tersebut lewat program Tao Toba Membaca.[1][2][4]

Sopo Belajar[sunting | sunting sumber]

Sejak berdiri, Alusi Tao Toba sudah mengoperasikan beberapa Sopo Belajar (beberapa di antaranya sudah ditutup). Saat ini, Alusi Tao Toba mengelola 8 Sopo Belajar yaitu:

  1. Sopo Belajar Lontung; berdiri tanggal 21 April 2010 di Huta Lontung Nagodang, Desa Pardomuan, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir.
  2. Sopo Belajar Janji Maria; berdiri tanggal 21 September 2013 di Huta Janji Maria, Desa Parbaba Dolok, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir.
  3. Sopo Belajar Bahal-bahal; berdiri tanggal 17 November 2015 di Huta Bahal-bahal, Desa Hasinggahan, Kecamatan Sianjurmulamula, Kabupaten Samosir.
  4. Sopo Belajar Lumban Hariara; berdiri tanggal 18 Juni 2016 di Huta Lumban Hariara, Desa Simbolon Purba, Kecamatan Palipi, Kabupaten Samosir.
  5. Sopo Belajar Binangara; berdiri tanggal 7 September 2017 di Huta Binangara, Desa Hasinggahan, Kecamatan Sianjurmulamula, Kabupaten Samosir.
  6. Sopo Belajar Pinal; berdiri tanggal 18 November 2017 di Huta Pinal, Desa Hasinggahan, Kecamatan Sianjurmulamula, Kabupaten Samosir.
  7. Sopo Belajar Lagundi; berdiri tanggal 1 Februari 2018 di Huta Lagundi, Desa Hasinggahan, Kecamatan Sianjumulamula, Kabupaten Samosir.
  8. Sopo Belajar Naga Timbul; berdiri tanggal 1 Mei 2018 di Huta Naga Timbul, Desa Parhorasan, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir.[5]

Kegiatan di Sopo Belajar, selain aktivitas membaca juga ada aktivitas bermain, belajar bahasa Inggris, olahraga, dan kreativitas.

Kapal Belajar[sunting | sunting sumber]

Selain mengelola Sopo Belajar, Alusi Tao Toba juga mengoperasikan Kapal Belajar, --perpustakaan apung keliling—untuk menjangkau desa-desa di pinggiran Danau Toba yang tidak memiliki akses darat. Perpustakaan bergerak ini mulai beroperasi sejak tanggal 7 Agustus 2015 di Danau Toba. Hingga saat ini, Kapal Belajar sudah mendatangi desa-desa di tujuh kabupaten di pinggiran Danau Toba. Agar bisa menjangkau lebih banyak desa, Alusi Tao Toba menambah satu lagi Kapal Belajar untuk beroperasi di sekitar Kecamatan Sianjurmula-mula.

Selain Sopo Belajar dan Kapal Belajar, Alusi Tao Toba juga mengoperasikan tiga Kreta Baca; perpustakaan bergerak dengan menggunakan sepeda motor. Kreta Baca hadir untuk menjangkau anak-anak yang terlalu jauh berjalan kaki ke Sopo Belajar atau tidak bisa datang ke Sopo Belajar saat musim menanam atau musim panen.[5][6][7]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Alusi Tao Toba". Literasi Nusantara (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-10-07. 
  2. ^ a b Bempah, Ramdhan Triyadi. Damanik, Caroline, ed. "Alusi Tao Toba, Jawaban untuk Anak-anak di Pinggir Danau Toba". Kompas.com. Diakses tanggal 2020-10-07. 
  3. ^ developer, medcom id (2018-08-24). "Cerita Togu Simorangkir Perjuangkan Pendidikan Anak Toba". Medcom.id. Diakses tanggal 2020-10-07. 
  4. ^ developer, mediaindonesia com (2018-08-25). "Kebaikan tidak Pernah Berhenti". Media Indonesia. Diakses tanggal 2020-10-07. 
  5. ^ a b Nusantara, Solusi Sistem. "Galang Dana, Pendiri Yayasan Alusi Tao Toba Jalan Kaki Keliling Danau Toba | Apa & Siapa". www.gatra.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-10-07. 
  6. ^ Bakkara, Arjuna. "Gramedia dan Alusi Tao Toba Menggelar Literasi Nusantara di Tepian Danau Toba". Tribunnews.com. Diakses tanggal 2020-10-07. 
  7. ^ BeritaSatu.com. "Perpustakaan Terapung Ini Singgahi 7 Kabupaten di Danau Toba". beritasatu.com. Diakses tanggal 2020-10-07.