Alun Armstrong

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Alun Armstrong
Armstrong di London, Januari 2012
Lahir17 Juli 1946 (umur 77)
Annfield Plain, County Durham, England, UK
PekerjaanAktor
Tahun aktif1971–sekarang
Suami/istriSue
Anak

]] Alun Armstrong (lahir 17 Juli 1946) adalah seorang aktor karakter Inggris. Armstrong dibesarkan di County Durham di Inggris Timur Laut. Dia pertama kali tertarik dengan dunia akting melalui produksi Shakespeare di Grammar School (sekolah tata bahasa). Sejak kariernya dimulai pada awal 1970-an, ia sudah ber-akting, dalam kata-katanya, "spektrum penuh karakter yang fantastis untuk musikal ... Saya selalu bermain karakter yang sangat berwarna-warni, sering agak gila, despotik, psikotik[1]."

berbagai reputasinya termasuk beberapa yang berbeda yang adaptasi dari Charles Dickens dan eksentrik mantan detektif Brian Lane di New Tricks. Armstrong juga seorang aktor panggung selama sembilan tahun bersama Royal Shakespeare Company. Awalnya ia memainkan peran di Thenardier dalam produksi London dari Les Misérables dan ia memenangkan Olivier Award sebagai pemeran utama dalam Sweeney Todd.

Kehidupan Awal[sunting | sunting sumber]

Alun Armstrong lahir di Annfield Plain, dekat Stanley, County Durham.[2] Ayahnya seorang penambang batu bara dan kedua orangtuanya Pengkhotbah Methodist awam. Ia bersekolah di SMP Annfield Plain dan kemudian pergi ke Consett Grammar School, di mana pada saat itu seorang guru menginspirasinya untuk mencoba akting. Di Lower Sixth, ia memerankan Petruchio di The Taming of the Shrew - Perannya kemudian tampil di Royal Shakespeare Company.[3]

Dia duduk dibangku sekolah pada musim panas di National Youth Theatre pada tahun 1964, namun latar belakang dan aksen utara membuat dia merasa keluar dari sana. Armstrong mengikuti audisi di Royal Academy of Dramatic Art namun tidak diterima disana. Ia mengikuti kursus seni rupa di Newcastle University.[4] ia mengikuti kursus megah namun merasa tidak cocok, dan ia diusir setelah dua tahun karena ia berhenti untuk hadir kekelas.

Armstrong bekerja sebagai tukang batu dan sebagai Penggali Kubur sebelum ia memutuskan untuk mencoba berakting lagi. Dan kemudian memulai bekerja sebagai manajer panggung asisten di Teater Cambridge Arts. Dia kemudian melanjutkan ke pendidikan Teater perusahaan berafiliasi dengan Sheffield Repertory Theatre, dan ia tampil di beberapa drama-drama Radio 4.

Film[sunting | sunting sumber]

Armstrong membuat debutnya dalam film Get Carter (1971). Ia menulis surat kepada MGM (Metro Goldwyn Mayer) yaitu studio yang membuat film tersebut, setelah mengetahui bahwa perusahaan tersebut sedang membuat film di Newcastle dan diundang untuk bertemu sutradara Mike Hodges, yang sangat ingin untuk mengadakan casting pada aktor lokal.[5]

Armstrong telah muncul dalam sejumlah film, meskipun dalam media ini ia telah biasanya memainkan pemeran pendukung. Di film A Bridge Too Far (1977), ia mendapat peran kecil sebagai salah satu pasukan Inggris di the Battle of Arnhem.[6] Ia menjadi pemeran pendukung di film the Bandit Leader Torquil pada 1983 film fantasi Krull.

Dalam film Patriot Games (1992), Armstrong berperan sebagai petugas di SO-13. Dalam Braveheart (1995), ia memerankan Scottish noble Mornay yang mengkhianati William Wallace. Penjahat Mesir pemimpin sekte Baltus Hafez di The Mummy Returns (2001), dan ia memerankan Saint Peter dengan aksen Geordie pada film Millions (2004).Pemeran utama sebagai Jim bersama Paul Freeman (sebagai Ray) di film When I'm Sixty-Four. Ia juga mendapat peran kecil sebagai Constable Tinggi di Sleepy Hollow (1999), Cardinal Jinette di Van Helsing (2004), Hakim Fang di Roman Polanski Oliver twist (2005) dan Paman Garrow di Eragon (2006).[7]

Televisi[sunting | sunting sumber]

Armstrong telah memainkan lebih dari 80 peran yang berbeda dalam produksi televisi selama dalam perjalanan kariernya.[8] Selama tahun 1970, ia muncul di berbagai serial TV, termasuk disetiap episode film Whatever Happened to the Likely Lads?, Porridge dan The Sweeney.

Ia ikut casting di dua mini-seri sebagai penambang batu bara di North East England. Ia memerankan Joe Gowlan di The Stars Look Down (1974) diadopsi dari novel karya A.J. Cronin, dan ia memerankan Ken Loach di film Days of Hope (1975) dinegara asalnya di County Durham. Dalam sebuah wawancara 2007, Armstrong menjadi bintang favorit di film Days of Hope. "saya mencintainya karena itu sejarah saya sendiri dan latar belakang yang sedang didramatisir dan, tentunya, tidak akan lebih baik dari itu"

Dalam serial komedi A Sharp Intake of Breath, ia berperan berbagai karakter yang bertentangan dengan kehidupan karakter utama yang dimainkan oleh David Jason. Pada tahun 1977, ia menjadi Wakil Kepala Sekolah di Willy Russell's Our Day Out, film televisi yang menceritakan tentang sekelompok siswa kurang mampu di daytrip. Ia juga membintangi drama 1981 televisi Yorkshire pada drama Get Lost!

Armstrong telah memerankan sejumlah karakter dari karya-karya Charles Dickens. Ia memrankan Wackford Squeers dan Mr. Wagstaff di film the eight-hour Royal Shakespeare Company yang di adaptasi dari The Life and Adventures of Nicholas Nickleby yang ditayangkan untuk televisi pada tahun 1982. Dia hadir dalam dua versi Oliver Twist: 1999 ITV mini-seri sebagai ayah Agnes Fleming yaitu Captain Fleming dan tahun 2005 film Roman Polanski memerankan Hakim Fang Dia berperan dalam empat BBC Dickens adaptasi: Daniel Peggotty di film David Copperfield (1999); sebagai Inspektur Bucket di Bleak House (2005); sebagai Yeremia dan Efraim Flintwinch di Little Dorrit (2008);. dan sebagai Hiram Grewgious di The Mystery of Edwin Drood (2012) Armstrong menjadi penggemar Dickens sejak membaca novel David Copperfield dengan suara keras di sekolah. Dia sangat ingat rumah kapal Dan Peggotty di pantai, dan dalam rangka untuk memainkan peran dia menolak tawaran dari Clint Eastwood, dengan orang yang ia telah memberi dia kerja di White Hunter Black Heart.

Dalam drama seri BBC Our Friends in the North (1996), ia memerankan Austin Donohue, karakternya berdasarkan politisi T. Dan Smith. Armstrong digambarkan abad ke-18 sebagai bangsawan politisi Henry Fox dalam seri BBC Aristocrats (1999). Dalam film TV 2000 This Is Personal: The Hunt untuk Yorkshire Ripper, ia digambarkan sebagai George Oldfield, Asisten Kepala Polisi untuk Kejahatan di Kepolisian Yorkshire Barat yang kesehatannya memburuk selama penyelidikan saat ia menerima pesan, konon dari si pembunuh. Dia dinominasikan untuk Royal Televison Society untuk perannya dalam film This Is Personal.

Pada seri kedua Bedtime (2002), ia berperan sebagai duda yang khawatir tentang perilaku yang mencurigakan dari anaknya. Dia dan Brenda Blethyn membintangi Between the Sheets(2003) sebagai pasangan menikah yang frustrasi dalam terapi seks. di adaptasi dari Carries's War, ia berperan sebagai seorang pria yang enggan mengambil di dua anak yang dievakuasi ke Wales selama Perang Dunia II.

Armstrong dikenal karena perannya sebagai Brian Lane di BBC One series Trik Baru tentang sekelompok mantan detektif polisi yang membantu menyelidiki kasus yang belum terpecahkan dan terbuka untuk Polisi Metropolitan London. Karakter Brian Lane adalah pecandu alkohol obsesif dan sosial yang rendah yang memiliki kapasitas yang besar untuk mengingat rincian dari kasus-kasus lama dan rekan. Pada bulan Agustus 2012, Armstrong mengumumkan ia akan meninggalkan acara setelah seri kesepuluh. Pengumuman itu mengusung komentar oleh para pemain dalam sebuah wawancara dengan Radio Times bahwa mengkritik beberapa tulisan seri ', dan yang menarik marah sanggahan dari acara penulis-sutradara Julian Simpson.

Selama berperan di New Tricks, Armstrong terus mengambil proyek-proyek lainnya. Ia membintangi film TV 2004 When I'm 64 tentang seorang guru pensiun kesepian yang memulai hubungan dengan pria lain. n, meskipun kekhawatiran mengenai syuting adegan cinta dengan lawan mainnya Paul Freeman, karena dia pikir itu adalah cerita yang indah. Ia juga membintangi The Girls Who Came to Stay ( 2006), tentang pasangan Inggris yang mengambil dua anak gadis terkena dampak dari bencana Chernobyl, dan Filth (2008), sebagai suami dii "Clean-Up TV" aktivis Mary Whitehouse.

Untuk tiga seri tahun 2009-2011, ia memerankan William Garrow sebagai mentor John Southouse di BBC pada periode drama hukum Hukum Garrow . Pada tahun 2012, ia memerankan Earl of Northumberland di BBC2 yang di adaptasi dari adaptasi dari Henry IV, Bagian I dan II . Anaknya Joe Armstrong berperan sebagai Northumberland putra Hotspur . pada 2014 Showtime seri horor Penny Dreadful, Armstrong memerankan Vincent Brand, seorang aktor yang memberikan Frankenstein's Monster sebuah pekerjaan pekerjaan di Grand Guignol . bintang tamu pada 2014 khusus Natal dari Downton Abbey.

Teater[sunting | sunting sumber]

Selain film dan job televisi, Armstrong telah banyak berperan di banyak produksi teater. Salah satu peran awal adalah Billy Spencer di David Storey The Changing Room di Royal Court Theatre disutradarai oleh Lindsay Anderson pada tahun 1971. Pada tahun 1975, ia memerankan Touchstone di As You Like It disutradarai oleh Peter Gill di Nottingham Playhouse.

Armstrong menghabiskan sembilan tahun bersama Royal Shakespeare Company dari tahun 1979 sampai 1988. Pada tur dan di Donmar Warehouse pada 1979-1980, ia memerani Dogberry di Much Ado About Nothing dan Azdak di The Caucasian Chalk Circle.

Pada tahun 1981, Armstrong bergabung menjadi tokoh produksi delapan-jam The Life and Adventures of Nicholas Nickleby sebagai Wackford Squeers. Perusahaan melanjutkan tur untuk tampil di Broadway di Teater Plymouth. Drama itu difilmkan di televisi di Old Vic Theatre pada tahun 1982.

Dalam produksi di Royal Shakespeare Theatre, Theatre Royal, Newcastle, dan Teater Barbican di 1982-1983, Armstrong memerani Trinculo The Tempestdan Petruchio di The Taming dari Shrew dengan Sinéad Cusack sebagai Kate. pada 1983, ia memerani Ralph Trapdoor di The Roaring Girl dibintangi Helen Mirren. dia melakukan peran Leontes di The Winter Tale dan John Proctor dalam The Crucible pada tur nasional yang termasuk juga Christ Church, Spitalfields pada tahun 1984 dan tur ke Polandia pada tahun 1985. pada 1985-1986, ia memerani Thersites di Troilus dan Cressida. dan masih banyak lainnya.

Kehidupan Pribadi[sunting | sunting sumber]

Alun Armstrong dan istrinya Sue memiliki tiga putra:. Tom, Joe dan Dan. Joe Armstrong juga seorang aktor. Ayah dan anak memerani versi yang lebih tua dan lebih muda dari karakter yang sama di 2010 BBC drama A Passionate Woman, dan mereka memerani Northumberland dan Hotspur anaknya di 2012 BBC yang di adaptasi dari Henry IV. Dan Armstrong juga adalah seorang musisi di band Jam Opera. Alun Armstrong tampil dalam video musik untuk lagu mereka "The Lost Buoy."

Pada bulan Juli 2009, Armstrong dianugerahi dua gelar kehormatan sebagai pengakuan atas kontribusi untuk seni. Dia menerima Doktor Kehormatan Sastra dari Universitas East Anglia dan Doktor Kehormatan Seni dari Universitas Sunderland. Teater di Civic Hall di Stanley, County Durham, dekat kampung halaman Armstrong, dimana dia di namai setelah di 2014

Dia juga seorang pendukung setia klub sepak bola AFC Wimbledon, seperti karakternya di New Tricks.

Layar Kaca dan tokoh panggung[sunting | sunting sumber]

Film[sunting | sunting sumber]

Tahun
Judul Peran Catatan
1971 Get Carter

Keith
1973 The 14
Tommy Juga dikenal sebagai Eksistensi dan The Wild Bunch kecil
1973 The Sex Victims George Film Pendek
1976 Don't Tell the Lads
1976 The Likely Lads
Milkman
1977 A Bridge Too Far Corporal Davies
1977 The Duellists Lacourbe
1981 The French Lieutenant's Woman Grimes
1983 Krull Torquil
1985 Billy the Kid and the Green Baize Vampire Maxwell Randall
1985 Number One Blackpool Sergeant
1989 The Childeater Stefano Short film
1989 That Summer of White Roses Zemba Also known as Djavolji raj
1990 White Hunter Black Heart Ralph Lockhart
1991 American Friends Dr. Weeks
1991 London Kills Me John Stone
1992 Blue Ice Osgood
1992 My Little Eye Dad Short film
1992 Patriot Games Sgt. Owens
1992 Split Second Thrasher
1994 Black Beauty Reuben Smith
1995 An Awfully Big Adventure Uncle Vernon
1995 Braveheart Mornay
1997 The Saint
Inspector Teal
1999 G:MT – Greenwich Mean Time Uncle Henry
1999 Onegin Zaretsky
1999 Sleepy Hollow High Constable
1999 With or Without You Sammy
2000 Harrison's Flowers Samuel Brubeck
2000 Proof of Life Wyatt
2001 The Mummy Returns Baltus Hafez
2001 Strictly Sinatra Bill
2003 It's All About Love David
2003 Paradise Found Pissarro
2004 Millions Saint Peter
2004 Van Helsing Cardinal Jinette
2004 Van Helsing: The London Assignment Cardinal Jinette
2005 Oliver Twist Magistrate Fang
2006 Eragon Uncle Garrow
2006 A Ticket Too Far Dad FIlm pendek
2012 The Lost Buoys Tycoon musik video

Televisi[sunting | sunting sumber]

Year Title Role Notes
1971 Advent of Steam William Hedley Seri 1, episode 6: "The Iron Horse: Part 2"
1972 Dividing Fence Geordie Gilroy bagian dari the Full House di Tyneside live arts programme
1972 General Hospital Ken Hartley Seri 1, episodes 11–16 & 18
1972 New Scotland Yard
Ray Davies Seri 1, episode 7: "The Wrong 'Un"
1972 Villains Terence 'Tel' Boldon Seri 1, episode 1: "George"

Seri 1, Episode 6: "Sand Dancer"
Seri 1, Episode 8: "Move In, Move On"

1973 Armchair 30 Glazier Seri 1, episode 8: "Ross Evans' Story"
1973 Hunter's Walk Lorry Driver Seri 1, episode 7: "Discretion"
1973 Only Make Believe Michael Biddle Bagian dari BBC Play for Today series
1973 Six Days of Justice P.C. Williamson Seri 3, episode 4: "The Complaint"
1973 Softly, Softly: Taskforce David Miller Seri 9, episode 3: "A Quiet Man"
1973 Thriller Mike Seri 1, episode 9: "The Eyes Have It"
1974 Easy Go First docker Part of the BBC Play for Today series
1974 Father Brown Joe Seri 1, episode 1: "The Hammer of God"
1974 Justice Bob Graham Seri 3, episode 6: "It's Always a Gamble"
1974 Sporting Scenes Bernie Series 1, episode 3: "The Needle Match"
1974 Whatever Happened to the Likely Lads? Dougie Scaife Seri 2, episode 12: "Conduct Unbecoming"
1975 Days of Hope Billy Shepherd TV seri-mini
1975 Public Eye Vince Gregson Seri 7, episode 9: "The Fatted Calf"
1975 The Squirrels Jim Seri 1, episode 6: "The Favourite"
1975 The Stars Look Down Joe Gowlan TV seri-mini
1975 The Sweeney Peter Jenner Seri 2, episode 9: "Stay Lucky Eh?"
1976 Chester Mystery Plays Lightborne / Secundus Demon Bagian dari BBC Play of the Month series
1976 The New Avengers Private George Harris Seri 1, episode 12: "Dirtier by the Dozen"
1977 Centre Play Richard Clewes Seri 6, episode 8: "Risking It"
1977 Our Day Out Mr. Briggs Bagian dari BBC2 Play of the Week series

Rebroadcast in 1978 in the Play for Today series

1977 Shooting the Chandelier Brodovich Bagian dari BBC2 Play of the Week series
1977 Porridge Spraggon Seri 3, episode 5: "A Test of Character"
1977 Romance Weaver Seri 1, episode 5: "House of Men"
1977 The Squirrels Sweeney Seri3, episode 8: "Shoulder to Shoulder"
1978 Enemy at the Door Louis Mendoza Seri 1, episode 8: "Officers of the Law"
1978 Freedom of the Dig Bagian dari BBC2 Premiere drama series
1978 Liza Mikhalevich Bagian dari BBC2 Play of the Week series
1978 Z-Cars Det. Supt. Boley Seri 13, episode 13: "Pressure"
1978–79 A Sharp Intake of Breath Various characters Seri 1–2: 13 episodes
1979 All Day on the Sands Dad Bagian dari Six Plays by Alan Bennett series
1979 Measure for Measure Provost Bagian dari seri BBC Television Shakespeare
1980 Armchair Thriller Trahearne Seri 3, episode 17–20: "Fear of God"
1981 Get Lost! Neville Keaton 4 episode
1981 One in a Thousand Dick Hayes Drama Dokumenter
1982 The Life and Adventures of Nicholas Nickleby Wackford Squeers

Mr. Wagstaff

Tahap pannggung yang di filmkan di tv
1983 Mr. Moon's Last Case Narrator TV play
1984 The Book Tower Presenter Program anak-anak: 7 eposode
1984 The House Mr. Smeth TV film
1984 Sharing Time Luke Seri 1, episode 1: "Guilt on the Gingerbread"
1985 Bulman DS Figg Seri 1, episode 4: "Death of a Hitman"
1987 Christmas Is Coming ... This Is a Government Health Warning! Program informasi dengan sketsa komedi
1988 Number 27 Murray Lester
1988 The Storyteller The Troll (voice) Seri 1, episode 9: "The True Bride"
1988 This is David Lander Councillor Stennalling Seri 1, episode 1: "Not a Pretty Site"
1989 A Night on the Tyne Willy TV film
1989 Nineteen 96 Det. Supt. Frank Burroughs Bagian dari BBC Screen One series
1990 Looking after Number One Dick Baggian dari BBC Screenplay Firsts series
1990 Sticky Wickets Evans Bagian dari BBC Screen One series
1990 The Widowmaker Dad TV film
1991 murder in eden Sgt. McGing TV seri-mini
1991 Stanley and the Women Rufus Hilton TV seri-mini
1992 Goodbye Cruel World Roy Grade TV seri-mini
1992 Inspector Morse Superintendent Holdsby Seri 6, episode 2: "Happy Families"
1992 The Life and Times of Henry Pratt Uncle Teddy TV seri-mini
1992 Married... with Children Trevor Season 6, episod 24–26: "England Show," Parts I, II and III
1992 Shakespeare: The Animated Tales Caliban (voice) Seri 1, episode 2: "The Tempest"
1993 Goggle-Eyes Gerald Faulkner TV seri-mini
1994 Doggin' Around Charlie Foster TV film
1994 MacGyver: Trail to Doomsday Chief Superintendent Capshaw TV film
1995 Sorry about Last Night Mickey TV film
1996 Brazen Hussies Jimmy Hardcastle TV film
1996 Breaking the Code Mick Ross TV film
1996 Our Friends in the North Austin Donohue TV seri-mini
1996 Tales from the Crypt Inspector Herbert Season 7, episode 12: "Confession"
1996 Witness Against Hitler Pastor Harald Poelchau TV film
1997 Underworld Teddy Middlemass 6 episode
1998 In the Red DCI Frank Jefferson TV seri-mini
1998 Shell Shock Narrator dokumenter bagian 3
1999 Aristocrats Henry Fox TV seri-mini
1999 David Copperfield Daniel Peggotty TV film
1999 Oliver Twist Mr. Fleming TV seri-mini
2000 7Up 2000 Narrator Dokumentery
2000 Challenger: Go for Launch Narrator Dokumenter
2000 This Is Personal: The Hunt for the Yorkshire Ripper George Oldfield Nominasi TV Film Royal Television Society award
2001 Adrian Mole: the Cappuccino Years George Mole 6 episode
2001 Extinct Narrator Dokumenter bagian 6
2001 Score George Devon TV film
2001 Waiters Oscar Bagian dari seri ITV First Cut
2002 Bedtime Neil Henshall Seri 2: 6 episode
2002 Inquisition Martin TV film
2002 Sparkhouse Richard Bolton TV film
2003 Between the Sheets Peter Delany TV seri-mini
2003 Messiah 2: Vengeance is Mine DCI Charlie Macintyre TV seri-mini
2003–2013, 2015 New Tricks Brian Lane Seri 1–10: 80 episode
2004 Carrie's War Samuel Evans TV film
2004 When I'm 64 (television film) Jim TV film
2005 Bleak House Inspector Bucket TV seri-mini
2006 The Girls Who Came to Stay Bob Jenkins TV film

Juga dikenal The Girls of Belarus

2007 The Dinner Party Jim TV film
2008 Filth: The Mary Whitehouse Story Ernest Whitehouse TV film
2008 Little Dorrit Jeremiah and Ephraim Flintwinch TV seri-mini
2009–2011 Garrow's Law John Southouse Seri 1–3: 11 episodes
2010 A Passionate Woman Donald TV film (Bagian 2)
2012 The Mystery of Edwin Drood Hiram Grewgious TV film
2012 Henry IV, Parts I and II Earl of Northumberland TV films
2014 Penny Dreadful Vincent Brand seri TV
2014 Downton Abbey Stowell the Grumpy Butler Serie 5 Spesial natal

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kalina, Paul, "Old Hand Returns with New Tricks", Diakses 17-04-2016.
  2. ^ Keal, Graham, "Alun's Glad to Be Gay", Minggu malam, Diakses tanggal 17-04-2016.
  3. ^ Lockyer, Daphne, "Alun Armstrong" Diarsipkan 2012-10-01 di Wayback Machine., TES Magazine, Diakses tanggal 16-04-2016.
  4. ^ Lockyer, Daphne, "Alun Armstrong" Diarsipkan 2012-10-01 di Wayback Machine., TES Magazine, Diakses 16-04-2016.
  5. ^ Mitchell, Wendy, "Get Armstrong", Screen Daily, Diakses tanggal 17-04-2016.
  6. ^ Cummings, Mike, "Alun Armstrong", All Movie Guide. Diakses 16-04-2016.
  7. ^ Warren, Bill, "Eragon" Diarsipkan 2011-07-07 di Wayback Machine., Audio Video Revolution, Diakses tanggal 17-04-2016.
  8. ^ "Alun Armstrong" Diarsipkan 2007-12-01 di Wayback Machine., BFI Film and TV Database. Diakses tanggal 17-04-2016.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]