Altar Domitius Ahenobarbus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Altar Domitius Ahenobarbus
LokasiLapangan Mars [1]
Dibangun diBetween 122 dan 115 SM
Dibangun oleh/untukCn. Domitius Ahenobarbus
Jenis strukturbas-relief
Hal terkaitDaftar monumen kuno
di Roma

Altar of Domitius Ahenobarbus adalah serangkaian empat plakat marmer pahatan yang mungkin menghiasi dasar yang mendukung patung pemujaan di ruang bawah tanah Kuil Neptunus yang terletak di Roma di Lapangan Mars.

Hiasan tersebut berasal dari akhir abad kedua SM, yang menjadikannya relief Romawi tertua kedua yang saat ini dikenal. Namun, ada juga relief kontemporer yang menggambarkan bireme angkatan laut Romawi dengan marinir bersenjata, dari kuil Palestrina yang dibangun c. 120 SM.[1]

Pahatan panel masih terlihat sampai sekarang, dengan satu bagian dipajang di Louvre dan satu lagi di Glyptothek di Munich (Inv. 239). Salinan karya kedua ini dapat dilihat di Museum Pushkin di Moskow.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Coarelli, Filippo (1987), I Santuari del Lazio in età repubblicana. NIS, Rome, pp 35-84.

Bibiliografi[sunting | sunting sumber]

  • Cels Saint-Hilaire, Janine (2011). La République romaine: 133-44 av. J.-C. (dalam bahasa Prancis). Armand Colin. 
  • De Chaisemartin, Nathalie (2003). Rome - Paysage urbain et idéologie: Des Scipions à Hadrien (IIe s. av. J.-C.-IIe s. ap. J.-C.) (dalam bahasa Prancis). Armand Colin. 
  • Coarelli, Filippo (2007). Rome and environs: an archaeological guidePerlu mendaftar (gratis). University of California Press. ISBN 978-0-520-07961-8.