Alphege

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Santo Alphege
Sebuah gambar yang menceritakan St. Alphege sedang dimintai nasihat
Lahir 953, Weston, Somerset, Inggris
Wafat 19 April 1012, Greenwich, Kent, Inggris
Dihormati di Gereja Ortodoks Timur
Gereja Katolik Roma
Gereja Inggris
Dikanonisasikan 1078, Roma oleh Paus Gregorius VII
Hari peringatan 19 April

Alphege adalah seorang Santo yang dilahirkan di Inggris dalam sebuah keluarga bangsawan.[1] Alphege diangkat menjadi Uskup di Kota Winchester pada tanggal 19 Oktober 984.[2] Selama menjadi Uskup, ia bertanggung jawab atas pembuatan sebuah orgel besar di Katedral yang suaranya dapat terdengar hingga 1 mil jauhnya dan membutuhkan 24 orang untuk memainkannya, melakukan pembesaran gedung gereja, serta mengajarkan pengajaran Swithun.[1] Pada tahun 994, serbuan bangsa Viking yang dipimpin oleh Olaf Tryggvason mencapai gencatan senjata yang diprakarsai oleh Alphege.[3] Pada tahun 1006, Alphege diangkat menjadi Uskup Agung di Canterbury.[2] Selama di Canterbury, ia memperkenalkan kultus Dunstan dan memberi perintah bagi penulisan buku berjudul "The Second Life of Dunstan", sebuah tugas yang diemban oleh Adelard antara tahun 1006 hingga 1011.[1] Pada tahun 1011, orang-orang Danes menyerbu Canterbury dan berhasil menangkap Alphege.[4] Ia dibunuh pada tahun 1012 di Greenwich karena tidak mau membayar tebusan bagi pembebasannya.[5] Ia dikuburkan di Katedral St. Petrus.[1] Ia dimasukkan ke dalam daftar santo pada tanggal 1078 oleh Paus Gregorius VII.[6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d (Inggris)William Leeson Dickinson.2008.The lives of the saints, or, Notes ecclesiological and historical on the holy days of the English Church.Princeton:Church Printing Co.
  2. ^ a b (Inggris) E.B. Fryde, D.E. Greenway, S. Porter, I. Roy.1996.Handbook of British Chronology (Third revised ed).CUK: Cambridge University Press.
  3. ^ Henrietta Leyser.2004.Oxford Dictionary of National Biography (October 2006 ed.). Oxford University Press.
  4. ^ (Inggris) Ann Williams.2003.Aethelred the Unready: The Ill-Counselled King.London: Hambledon & London.
  5. ^ Geoffrey Hindley.2006. A Brief History of the Anglo-Saxons: The Beginnings of the English Nation.New York: Carroll & Graf.
  6. ^ John P. Delaney.1980. Dictionary of Saints (Second ed.).Garden City, NY: Doubleday.