Alpha Canum Venaticorum

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
bintang Cor Caroli

Alpha Canum Venaticorum (α CVn, α Canum Venaticorum), nama tradisionalnya adalah Cor Caroli, adalah bintang yang paling cerah di konstelasi Canes Venatici. Bintang ini merupakan bintang ganda dengan magnitudo 2.81.[1] Bintang-bintangnya terpisah dengan jarak 19.6 arcsecond dan dapat dilihat oleh teleskop kecil. Bintang ini berada pada jarak 110 tahun cahaya dari Bumi.

Komponen utama, α² Canum Venaticorum, merupakan bintang dengan magnitudo yang bervariasi antara +2.84 dan +2.98 dalam periode waktu 5.47 days.[2] Tipe dari bintang ini adalah A0. Pasangannya, α¹ Canum Venaticorum, adalah bintang dengan kategori F0, dan bermagnitudo +5.5.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Nama Cor Caroli memiliki nama lengkap Cor Caroli Regis Martyris yang diberikan oleh Sir Charles Scarborough untuk menghormati raja Inggris, Charles I,[3][4] yang dieksekusi selama perang saudara di Inggris dan digantikan oleh anaknya, Charles II.[5] Nama lain dari para astronom terdahulu adalah:

nama lain asal bahasa arti
常陳一 China bintang pertama pada rasi Pengawal Kerajaan di Istana[6]
Al Kabd al Asad Arab hati singa[7]
Chang Chen China bangku[7]

Selain rasi Canes Venatici, bintang ini juga merupakan anggota dari berbagai rasi atau asterisma berikut:

nama rasi / asterisma asal arti anggota lainnya
Diamond of Virgo intan di Virgo α Vir, β Leo, α Boö
常陳 China Pengawal Kerajaan di Istana 10 CVn, β CVn, 6 CVn, 2 CVn, 67 UMa

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Cor Caroli Diarsipkan 2008-07-04 di Wayback Machine., Stars, Jim Kaler. Accessed on line September 15, 2008.
  2. ^ α² Canum Venaticorum, database entry, Combined General Catalog of Variable Stars (GCVS4.2, 2004 Ed.), N. N. Samus, O. V. Durlevich, et al., CDS ID II/250.
  3. ^ "space.com: Spacewatch Friday: In Search of Star Cities, By Joe Rao". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2002-12-22. Diakses tanggal 2002-12-22. 
  4. ^ Ian Ridpath: "Star Tales", Canes Venatici
  5. ^ According to R. H. Allen (Star Names: Their Lore and Meaning), the star was named by Halley for Charles II "at the suggestion of the court physician Sir Charles Scarborough, who said it had shone with special brilliance on the eve of the king's return to London, May 29, 1660". According to Deborah J. Warner (The Sky Explored: Celestial Cartography 1500-1800), it was originally named "Cor Caroli Regis Martyris" ("The Heart of King Charles the Martyr") for Charles I. According to Robert Burnham, Jr. (Burnham's Celestial Handbook, Volume 1), "the attribution of the name to Halley appears in a report published by J. E. Bode at Berlin in 1801, but seems to have no other verification".
  6. ^ salah satu rasi bintang menurut bangsa Cina
  7. ^ a b http://penelope.uchicago.edu/Thayer/E/Gazetteer/Topics/astronomy/_Texts/secondary/ALLSTA/Canes_Venatici*.html