Alliata

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Lambang Alliata

Alliata atau Agliata merupakan sebuah keluarga bangsawan Italia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Keluarga Alliata atau Agliata adalah salah satu keluarga bangsawan tertua di Italia. Keluarga tersebut menyatakan leluhur yang disebutkan dalam "decretus" Kekaisaran pada 325, pada masa pemerintahan Kaisar Romawi Konstantinus Agung. Pada 530, Dacius Alliata menjadi Uskup Agung Milan; ketika Dacius Alliata meninggal pada 552, ia ditahbiskan sebagai orang suci oleh Gereja Kalsedon dan hari perayaannya ialah 14 Januari.

Pada abad kedua belas, keluarga tersebut bermukim kembali di Pisa dan kemudian Palermo, di mana mereka mengumpulkan beberapa gelar Pangeran, termasuk Pangeran Kekaisaran Romawi Suci, gelar Gentiluomo di camera di Sua Santità, dan banyak gelar lainnya.

Anggota[sunting | sunting sumber]

Donna Maria Felicita Alliata-Colonna, yang menikah dengan Pangeran Don Fulco V Ruffo di Calabria-Santapau, menjadi nenek buyut Donna Paola Ruffo di Calabria, Ratu Belgia.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Elenco Ufficiale Nobiliare Italiano, Storia dell' aristocrazia italiana, L' impero da Giuliano a Costantino, Da Costantino a Carlo Magno: la stirpe imperiale europea.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]