Allegiant (novel)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Allegiant
Allegiant novel cover.jpg
Cover of first edition
PengarangVeronica Roth
Perancang sampulJoel Tippie
NegaraUnited States
BahasaEnglish
SeriDivergent trilogy
GenreScience fiction, dystopia, romance, young-adult fiction
PenerbitKatherine Tegen Books
Tanggal rilisOctober 22, 2013
Jenis mediaPrint (hardcover)
Halaman526 pp (first edition)
ISBN0-06-202406-X
Nomor OCLC855550266
Klasifikasi LCPZ7.R7375 Al 2013[1]
DidahuluiInsurgent

Allegiant adalah judul novel bergenre fiksi ilmiah terbitan HarperCollins pada tahun 2013 yang ditulis oleh novelis Amerika Serikat, Veronica Roth. Buku ini merupakan sequel terakhir dari trilogi Divergent yang dimulai sejak tahun 2011.[2][3][4][5][6]

Plot[sunting | sunting sumber]

Allegiant merupakan buku terakhir trilogi yang menandai puncak dari semua fakta yang ada. Akibat video yang diperlihatkan semua orang menjadi terbagi kembali, akan tetapi Evelyn tetap berpikir jika video itu tidak benar dan menganggap orang di luar tembok adalah penjajah dan melarang siapapun keluar dari tembok tanpa seizinnya. Pada akhirnya, Tris beserta teman-temannya yang ingin mengetahui kebenaran, berhasil keluar dengan sembunyi-sembunyi. Ketika sudah di luar, mereka bertemu dengan orang-orang yang dianggap oleh Tris dan teman-temannya sudah meninggal, ternyata masih hidup. Mereka dibawa ke sebuah tempat bekas bandara yang dijadikan pusat penelitian. Dari tempat itu Tris dan teman-temannya baru mengetahui kalau selama ini dirinya dan seluruh warga di Chicago adalah sebuah objek eksperimen pemerintah. Mereka di bagi ke dalam dua bagian yaitu genetik yang murni dan genetik rusak. Para divergent inilah yang mereka anggap genetik murni.

Mengetahui bahawa selama ini mereka hanya dijadikan sebagai objek eksperimen membuat Tris marah, selama ini mereka menonton tanpa membantu masyarakat di Chicago. Tris tinggal di area penelitian tersebut sambil melihat keadaan, di tempat itu pula tris mengetahui fakta lainnya, fakta jati diri ibunya. Fakta ibunya dulu bukanlah dari Dauntless atau dari Chicago seperti selama ini yang dia tahu, melainkan ibunya berasal dari area penelitian. Keadaan semakin parah di Chicago, sehingga membuat para ilmuwan memutuskan untuk memprogram ulang semua manusia itu dengan serum memori. Mereka akan membebaskan serum itu di seluruh Kota Chicago agar semua orang lupa ingatan dan mulai dari awal lagi. Tris dan teman-temannya tidak dapat menerima keputusan itu, sehingga memutuskan melawan para ilmuwan demi orang-orang yang dilindunginya. Akhir yang mengejutkan menjadi sebuah nilai plus dari novel ini. Pesan penulis yang mengatakan jika sejak awal, ia ingin menuliskan bahwa semua orang ingin memiliki tempat tersendiri dalam masyarakatnya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Allegiant". Library of Congress Catalog Record. Retrieved March 25, 2014.
  2. ^ "Allegiant (Divergent Series #3) (B&N Exclusive Edition) by Veronica Roth". Diakses tanggal September 3, 2013. 
  3. ^ "Allegiant (Divergent) Hardcover by Veronica Roth". Diakses tanggal September 3, 2013. 
  4. ^ "Allegiant (Divergent #3) by Veronica Roth". Diakses tanggal September 3, 2013. 
  5. ^ "I pledge my 'Allegiant' to this hot dystopian trilogy". Diakses tanggal October 22, 2013. 
  6. ^ "Veronica Roth's 'Divergent' finale, 'Allegiant,' is released". Diakses tanggal October 22, 2013.