All Nippon Airways Penerbangan 61

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Boeing 747-481D, All Nippon Airways - ANA AN2042078.jpg

All Nippon Airways Penerbangan 61 merupakan sebuah penerbangan dari Tokyo International Airport (Haneda Airport) di Ota, Tokyo, Jepang, ke New Chitose Airport di Chitose, Jepang, dekat Sapporo.

Pada 24 Juli 1999, peawat boeing 747 ini dibajak oleh Yuji Nishizawa sesaat setelah lepas landas, tepatnya pukul 11:25. Pesawat tersebut sedang melintasi Semenanjung Boso di dalam Prefektur Chiba. Pesawat ini membawa 503 penumpang termasuk 14 orang anak dan 14 awak. Nishizawa menggunakan pisau untuk menyerang awak pesawat agar diijinkan masuk kokpit.

Dia kemudian memaksa kopilot Kazayuki Koga untuk meninggalkan kokpit. Dia meminta kapten pilot Naoyuki Nagashima untuk mendaratkan pesawat di Yokota Air Base di Tokyo. pada pukul 12:09, awak pesawat berhasil melumpuhkan pembajak, namun pilot mengalami luka parah pada leher.

Kopilot Koga kembali ke kokpit dan melapor ke Air Traffic controller, "Keadaan darurat. Kapten terluka. Siapkan ambulans." Nishizawa mengaku bahwa ia membajak pesawat karena ia ingin menerbangkan pesawat sendiri. Pesawat melakukan pendaratan darurat di Haneda Airport pada pukul 12:14. Nishizawa kemudian ditahan. Seorang dokter memastikan kematian Nagashima, tigapuluh menit setelah kematiannya.