Alireza Faghani

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Infobox orangAlireza Faghani
Biografi
Kelahiran21 Maret 1978 (46 tahun)
Kashmar (en)
  Wasit Internasional FIFA 

Kegiatan
PekerjaanWasit sepak bola
Periode aktif2007  –
Bekerja diTehran Municipality (en)
Membela negara (untuk olahraga)Iran (2008–2023)
Australia (2023–)
Olahragasepak bola

Alireza Faghani (Bahasa Persia: عليرضا فغانى , lahir 21 Maret 1978) adalah seorang wasit sepak bola berkebangsaan Iran yang telah menjadi wasit di Liga Pro Iran selama tujuh musim dan di kancah internasional sejak 2008.

Kehidupan Awal[sunting | sunting sumber]

Dia lahir tanggal 21 Maret 1978 di Kashmar, sebuah kota dekat Masyhad. Nama panggilannya adalah Behrooz. Ayahnya, Mohammad Faghani juga seorang wasit sepak bola.

Karier[sunting | sunting sumber]

Alireza Faghani menjadi seorang wasit FIFA pada tahun 2008, hanya setahun msetelah menjadi wasit di liga top di Iran. Setelah menjadi wasit FIFA, karier Faghani langsung naik dengan cepat terutama di Asia. Baru saja satu tahun di kancah internasional, Faghani menjadi wasit di final Piala Presiden AFC 2009 dan yang bertanding adalah Regar-TadAZ Tursunzoda dan FC Dordoi Bishkek yang dimenangkan oleh tuan rumah dengan skor 2-0. Setahun kemudian dia kembali lagi memimpin pertandingan final tetapi kali ini adalah pertandingan final yang sangat penting pada AFC Challenge Cup 2010 di mana pemenangnya lolos ke Piala Asia AFC 2011. Dia memberikan kartu merah kepada bek Korea Utara di menit ke-32 tetapi Korea Utara berhasil menang dengan mengalahkan Turkmenistan dengan adu penalti.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]