Ali Topan Anak Jalanan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ali Topan Anak Jalanan
SutradaraIshaq Iskandar
ProduserHaryono
Ditulis olehTeguh Esha
Berdasarkan
Ali Topan Anak Jalanan
oleh Teguh Esha
PemeranJunaedi Salat
Yati Octavia
Titiek Sandhora
Mieke Wijaya
Ruth Pelupessy
Aedy Moward
Muchsin Alatas
Aminah Cendrakasih
Connie Sutedja
S. Bono
Eddy Wardy
Masito Sitorus
Ade Irawan
Widi Santoso
Isye Kresnawati
Ronggur Tobing
Alwi AS
Tanggal rilis
1977
Durasi109 menit
NegaraIndonesia

Ali Topan Anak Jalanan adalah film Indonesia yang dirilis pada tahun 1977 yang disutradarai oleh Ishaq Iskandar dan dibintangi oleh Junaedi Salat dan Yati Octavia.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Ali Topan mengganggu Anna Karenina yang kebetulan lewat bersama ibunya. Rombongan Ali Topan itu ditunjukkan bagai rombongan anak yang besar di jalanan, karena tidak mendapat kasih sayang orang tua. Asal mulanya; ibu yang sibuk, dan ayah yang keluar masuk hotel dengan perempuan lain dan pulang ke rumah selalu terlambat. Meski demikian, digambarkan juga bahwa Ali Topan adalah anak terpandai di kelasnya. Jadi mereka tidaklah jahat. Keluarga Anna Karenina justru sebaliknya. Orang tuanya sangat menjaga anaknya, tetapi justru kebobolan. Kakaknya kawin lari. Anna yang dipindah sekolah oleh orang tuanya, ketemu lagi dengan Ali yang mengganggunya. Satu kelas lagi. Ketika Anna dijahili, Ali membela. Maka tumbuhlah rasa simpati. Mereka lalu pacaran, meski ditentang keras orang tua Anna. Anna berontak. Anna minta Ali mengantarkannya ke rumah kakaknya yang bahagia bersama suami di desa. Orang tuanya datang bersama polisi untuk menangkap Ali. Anna mengancam bunuh diri dengan gunting, hingga selamatlah Ali. Orang tuanya mangalah.[1]

Album soundtrack[sunting | sunting sumber]

Sebuah album soundtrack yang berjudul Original Sound & Music Track Film "Puber" & "Ali Topan" diluncurkan kemudian pada tahun 1978.

Penghargaan dan Nominasi[sunting | sunting sumber]

Tahun Penghargaan Kategori Penerima Hasil
1978 Festival Film Indonesia Tata Musik Terbaik Ke-II Guruh Soekarnoputra & Masaoki Hirao Menang

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]