Alfredo Palacio

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Alfredo Palacio González
Alfredo Palacio (cropped).jpg
Presiden Ekuador
Masa jabatan
20 April 2005 – 15 Januari 2007
Wakil PresidenAlejandro Serrano
PendahuluLucio Gutiérrez
PenggantiRafael Correa
Informasi pribadi
Lahir22 Januari 1939 (umur 80)
Guayaquil, Ekuador
Partai politikTanpa Affiliasi Partai
PasanganMaría Beatriz Paret

Luis Alfredo Palacio González (lahir 22 Januari 1939) adalah Presiden Ekuador saat ini. Periode 15 Januari 2003 - 20 April 2005, ia menjabat wakil presiden setelah ditunjuk sebagai presiden, ketika Kongres Ekuador mencopot jabatan Presiden Lucio Gutiérrez dari kekuasaannya setelah berlangsungnya unjuk rasa selama satu minggu terhadap pemerintahannya.

Ia belajar di sekolah swasta "Abdón Calderón" dan di sekolah menengah "San José La Salle" di Guayaquil. Ia lulus pada 1967 dari Universitas Guayaquil sebagai dokter, lalu mengambil spesialisasi dalam bidang penyakit dalam, kardiologi dan bedah di Cleveland, Ohio (Amerika Serikat). Ia menjalani magangnya di St. Louis, Missouri di Amerika Serikat. Ia kemudian menjadi dosen di bidang kardiologi dan ilmu kesehatan masyarakat di fakultas kedokteran Universitas Guayaquil.

Palacio dipilih untuk mendampingi Lucio Gutiérrez sebagai calon wakil presiden dalam pemilu 2002. Selama kampanye orang sering melihat Gutiérrez, tampil dalam seragam militernya, didampingi oleh Palacio, yang mengenakan pakaian bedahnya. Sebelumnya, Palacio pernah menjadi Menteri Kesehatan pada masa pemerintahan Sixto Durán Ballén (1994-1996). Ia mengemban tugas yang luar biasa pada masa perang yang tidak diumumkan dengan Peru, yang dimulai pada 1995.

Palacio menegaskan bahwa ia "bukan seorang politikus" karena ia tidak tergolong partai politik manapun. Ia menggunakan hal ini sebagai alasan untuk menghindari pemukulan oleh masyarakat. Setelah tampil sebagai menteri, ia kemudian masuk Partai Demokratik Kiri (Party of the Democratic Left). Banyak dari menteri yang dipilihnya berasal dari Partai Izquierda Democrática.

Salah satu usul pertama Palacio yang diajukannya sebagai presiden adalah menyelenggarakan Persidangan Konstitusional untuk mengamendemen Konstitusi 1998. Selama beberapa bulan sebelum ia memegang jabatannya, ia telah banyak mengkritik rezim Gutiérrez. Ia mengatakan bahwa negaranya sedang "sekarat" dan sangat membutuhkan "perawatan intensif".

Organisasi Kesehatan Dunia[sunting | sunting sumber]

Palacio juga seorang calon (kandidat) untuk jabatan direktor jenderal Organisasi Kesehatan Dunia pada pemilihan 9 November 2006. Sebelumnya, pada 18 Oktober 2006, ia menyatakan tidak bersedia dicalonkan untuk posisi itu karena akan akan mengkonsentrasikan dirinya dalam tugas-tugas kepresidenan setelah menerima mandat dalam beberapa waktu sesudahnya.[1]

Didahului oleh:
Lucio Gutiérrez
Presiden Ekuador
20 April 200515 Januari 2007
Diteruskan oleh:
Rafael Correa
Didahului oleh:
Pedro Pinto Rubianes
Wakil Presiden Ekuador
2003–2005
Diteruskan oleh:
Alejandro Serrano

Pranala luar[sunting | sunting sumber]