Alfred von Tirpitz

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Alfred von Tirpitz
Bundesarchiv Bild 134-C1743, Alfred von Tirpitz.jpg
Alfred von Tirpitz
Lahir 19 Maret 1849
Küstrin, Kerajaan Prussia
Meninggal 6 Maret 1930 (umur 80)
Ebenhausen, Republik Weimar
Pengabdian Flag of Prussia (1892-1918).svg Kerajaan Prussia
 Kekaisaran Jerman
Dinas/cabang Angkatan Laut Prussia
 Kaiserliche Marine
Lama dinas 1869–1916
Pangkat Kriegsmarine-Großadmiral (s).svg Großadmiral
Perang/pertempuran Perang Perancis-Prusia
Perang Dunia I

Alfred Peter Friedrich von Tirpitz (lahir 19 Maret 1849 – meninggal 6 Maret 1930 pada umur 80 tahun) adalah seorang Laksamana Jerman, Sekretaris Angkatan Laut Jerman, unit administratif berkuasa Angkatan Laut Kekaisaran Jerman dari tahun 1897 hingga 1916. Prussia tidak pernah memiliki angkatan laut yang besar, begitu juga negara-negara bagian Jerman lainnya sebelum Kekaisaran Jerman dibentuk pada 1871. Dimulai pada 1890-an, Tirpitz mengubah Angkatan Laut Kekaisaran yang tidak terlalu menonjol menjadi sebuah kekuatan militer kelas dunia yang mampu mengancam Angkatan Laut Inggris. Tetapi, angkatan lautnya tidak cukup kuat untuk mengalahkan Inggris dalam Perang Dunia I. Salah satu pertempuran besar di laut, pertempuran Jutlandia, berakhir imbang dengan kedua pihak mengklaim kemenangan. Tirpitz beralih ke perang kapal selam, tetapi tidak memperoleh dukungan. Ia mengundurkan diri pada 1916 dan tidak pernah lagi memperoleh kekuasaan.

Keluarga dan kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Tirpitz lahir di Küstrin, provinsi Brandenburg, Prusia, sebagai putra dari pengacara yang kemudian menjadi hakim, Rudolf Tirpitz (1811–1905). Ibunya adalah putri seorang dokter. Tirpitz tumbuh besar di Frankfurt. Ia mengingat masa kecilnya sebagai seorang pelajar biasa.

Tirpitz lancar berbahasa Inggris dan memiliki rumah di Inggris, sehingga dua putrinya bersekolah di sana.

Pada 18 November 1884 ia menikahi Maria Augusta Lipke (lahir 11 Oktober 1860 di Schwetz, Prussia Barat, meninggal 1941). Pada 12 Juni 1900 ia diangkat menjadi bangsawan Prussia dengan gelar von Tirpitz. Putranya, Oberleutnant zur See Wolfgang von Tirpitz, menjadi tahanan perang setelah tenggelamnya SMS Mainz dalam Pertempuran Teluk Heligoland pada 28 Agustus 1914.

Karier angkatan laut[sunting | sunting sumber]

Tirpitz bergabung dengan Angkatan Laut Prussia lebih karena ketidaksengajaan ketika seorang temannya memberitahunya bahwa temannya tersebut mendaftar angkatan laut. Tirpitz memutuskan untuk mengikuti langkah temannya dan dengan persetujuan orang tuanya memasuki Sekolah Angkatan Laut Kiel di umur 16 tahun, pada tanggal 24 April 1865. Tak lama kemudian Prussia berperang dengan Austria. Tirpitz menjadi kadet (Seekadett) pada tanggal 24 Juni 1866 dan ditempatkan di kapal yang berpatroli di Selat Inggris. Tahun 1866 Prussia menjadi bagian dari Konfederasi Jerman Utara, sehingga angkatan lautnya juga secara resmi menjadi angkatan laut konfederasi itu dan Tirpitz bergabung dengan institusi barunya pada tanggal 24 Juni 1869.

Tanggal 22 September 1869 Tirpitz memperoleh pangkat Unterleutnant zur See (sub-letnan) dan bertugas di kapal SMS König Wilhelm. Dalam Perang Perancis-Prussia, Angkatan Laut Prussia sangat kalah jumlah, sehingga kapal Tirpitz menghabiskan masa perang dengan hanya berlabuh, lebih mempermalukan angkatan laut. Dalam tahun-tahun awal karier Tirpitz, Prussia dan Britania Raya berhubungan baik dan Angkatan Laut Prussia menghabiskan banyak waktu di pelabuhan-pelabuhan Britania. Tirpitz melaporkan bahwa Plymouth lebih ramah kepada pelaut-pelaut Jerman daripada Kiel dan di sana lebih mudah mendapatkan peralatan dan persediaan dengan kualitas yang lebih baik. Pada saat itu Angkatan Laut Britania Raya membantu pengembangan Angkatan Laut Prussia dan memberikan rasa hormat pada perwira-perwira Prussia sebagai mitra mereka.[1]

Pengembangan torpedo[sunting | sunting sumber]

Penyatuan Jerman pada tahun 1871 berarti perubahan nama lagi menjadi Angkatan Laut Kekaisaran Jerman. Pada tanggal 25 May 1872 Tirpitz memperoleh kenaikan pangkat menjadi Leutnant zur See (Letnan Laut) dan tanggal 18 November 1875 menjadi Kapitänleutnant (Kapten-letnan). Tahun 1877 ia terpilih untuk melihat pekerjaan pengembangan Torpedo Whitehead di Fiume dan setelah itu, ia ditugaskan untuk bertanggung jawab atas seksi torpedo Jerman, yang kemudian dinamakan inspektorat torpedo. Tahun 1879 sebuah alat yang berfungsi telah dihasilkan, tapi alat tersebut tidak dapat mengenai targetnya, meskipun dengan kondisi-kondisi yang telah diperkirakan oleh Tirpitz. Tanggal 17 September 1881 ia menjadi Korvettenkapitän (Kapten Korvet). Dari pengembangan torpedo, Tirpitz beralih ke pengembangan kapal-kapal yang membawa torpedo. Sekretaris Angkatan Laut Jerman saat itu, Leo von Caprivi, tidak berhubungan baik dengan Tirpitz dan Tirpitz kini bekerja sama dengannya untuk pengembangan taktik. Caprivi membayangkan kapal-kapal tersebut akan digunakan untuk pertahanan melawan kemungkinan lawan mereka, Perancis, tetapi Tirpitz menyiapkan rencana pengembangan untuk menyerang pelabuhan pangkalan Perancis di Cherbourg. Tirpitz kemudian menyebutkan masa-masanya bersama kapal-kapal torpedo sebagai 'sebelas tahun terbaik dari hidupnya'.[2]

Pengembangan strategis Angkatan Laut[sunting | sunting sumber]

Tahun 1887 kapal-kapal torpedo mengawal Pangeran Wilhelm ke Inggris untuk menghadiri perayaan ulang tahun emas neneknya , Ratu Victoria. Itulah pertama kalinya Tirpitz bertemu dengan Wilhelm. Pada Juli 1888 Caprivi digantikan dengan Alexander von Monts. Kapal-kapal torpedo tidak lagi dianggap penting dan Tirpitz meminta pindah, menjadi komandan kapal penjelajah SMS Preussen dan kemudian SMS Württemberg. Ia dipromosikan menjadi Kapten Laut (Kapitän zur See) tanggal 24 November 1888 dan tahun 1890 menjadi kepala staf Skuadron Baltik. Pada satu kesempatan Kaiser menghadiri makan malam dengan perwira-perwira senior angkatan laut di Kiel dan meminta pendapat mereka tentang cara mengembangkan angkatan laut. Akhirnya pertanyaan itu ditujukan pada Tirpitz dan ia menyarankan untuk membuat kapal-kapal tempur. Jawaban itu menarik perhatian Kaiser dan sembilan bulan kemudian ia dipindahkan ke Berlin untuk mengerjakan strategi baru pembuatan armada laut besar. Tirpitz menunjuk seorang staf atau perwira yang ia kenal saat ia mengembangkan kapal-kapal torpedo dan mengumpulkan semua jenis kapal perang sebagai satu kesatuan kapal tempur untuk melakukan latihan menguji taktik-taktik. Tanggal 1 Desember 1892 ia melakukan presentasi di hadapan Kaiser. Hal itu menyebabkan muncul konflik antara Tirpitz dan Sekretaris Angkatan Laut, Admiral Friedrich von Hollmann. Hollmann bertanggung jawab atas pengadaan kapal-kapal dan memiliki kebijakan mengumpulkan kapal setelah anggaran disetujui. Tirpitz memperoleh kesimpulan bahwa susunan tempur terbaik adalah satu skuadron yang terdiri atas delapan kapal tempur yang identik, lebih baik daripada kombinasi kapal apa pun dengan kemampuan berbeda-beda. Kapal-kapal lain dapat ditambahkan pada kelompok delapan itu. Hollmann lebih menyukai armada gabungan, termasuk kapal-kapal penjelajah untuk operasi-operasi laut jarak jauh. Tirpitz meyakini bahwa dalam perang, tidak ada kapal penjelajah yang selamat, kecuali didukung dengan kapal-kapal tempur yang cukup.

Kapitän zur See Tirpitz menjadi kepala staf angkatan laut tahun 1892 dan memperoleh pangkat Konteradmiral (setingkat Laksamana Pertama) pada tahun 1895.

Pada musim gugur 1895, Tirpitz minta diganti karena frustrasi rekomendasinya tidak diterapkan. Kaiser, yang tidak ingin kehilangan Tirpitz, malah meminta ia untuk menyiapkan seperangkat rekomendasi untuk konstruksi kapal. Rekomendasi itu diberikan tanggal 3 Januari 1896, tapi saatnya tidak tepat karena bertepatan dengan penyerangan ke Transvaal di Afrika bagian selatan oleh pasukan pro-Britania terhadap bangsa Boer yang pro-Jerman. Kaiser segera menetapkan keputusannya untuk mengerahkan kapal-kapal penjelajah yang dapat beroperasi jarak jauh dan mempengaruhi perang. Hollman ditugaskan untuk memperoleh dana dari Reichstag (parlemen Jerman saat itu) untuk program pembuatan kapal, tapi gagal memperoleh dana yang cukup untuk memuaskan setiap orang. Kanselir Hohenlohe tidak melihat perlunya penambahan angkatan laut dan menyampaikan bahwa Reichstag menentangnya. Admiral Gustav von Senden-Bibran, Kepala Kabinet Angkatan Laut, menyarankan bahwa satu-satunya kesempatan adalah dengan mengganti Hollmann. Wilhelm secara impulsif memutuskan untuk menunjuk Tirpitz.[3]

Meskipun demikian, Hollmann telah memperoleh dana untuk satu kapal tempur dan tiga kapal penjelajah besar. Dirasakan bahwa akan menjadi suatu kesalahan apabila mengganti Hollman sebelum dana itu benar-benar disetujui oleh Reichstag. Oleh karena itu, Tirpitz ditugaskan untuk bertanggung jawab atas Skuadron Asia Timur di Timur Jauh, tapi dengan janji akan menunjuknya sebagai Sekretaris pada saat yang tepat. Skuadron kapal penjelajah beroperasi dari fasilitas Britania di Hong Kong yang jauh dari memuaskan karena kapal-kapal Jerman sering tidak didahulukan untuk dermaga-dermaga yang tersedia. Tirpitz diinstruksikan untuk mencari tempat yang cocok untuk pelabuhan baru dan ia memilih empat tempat yang memungkinkan. Meskipun awalnya ia menyukai teluk di Kiautschou/Tsingtao, pejabat-pejabat lain di angkatan laut menyarankan lokasi yang berbeda dan akhirnya Tirpitz goyah pada laporan akhirnya. Suatu lahan 'disewa' pada tahun 1898 setelah lahan tersebut secara kebetulan diduduki oleh pasukan Jerman. Tanggal 12 Maret 1896 Reichstag memotong dana yang disetujui untuk Hollmann dari sebelumnya 70 juta mark menjadi 58 juta, dan Hollman mengajukan pengunduran dirinya. Tirpitz diminta untuk pulang dan ditawarkan posisi Sekretaris Angkatan Laut Kekaisaran. Ia pulang dengan jarak yang jauh, melewati Amerika Serikat dalam perjalanannya, dan tiba di Berlin tanggal 6 Juni 1897. Ia pesimis dengan peluangnya untuk berhasil melobi Reichstag.[4]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Luar negeri
  • Bendera Kekaisaran Rusia Bintang Jasa Santo Alexander Nevsky - Agustus 1902 - saat kunjungan Kaisar Jerman dalam latihan perang armada Rusia di Reval.[5]

Hasil karya[sunting | sunting sumber]

  • My Memoirs. London/New York. 1919.  Dipublikasikan ulang dalam satu volume oleh NSNB dengan pengantar oleh Erik Empson pada 2013 ASIN B00DH2E9LE.
  • The structure of German World Power. Stuttgart/Berlin. 1924. 
  • German policy. Hamburg/Berlin. 1926. 
  • Memories, 5 volumes. Berlin/Leipzig. 1927. 

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Massie, hlm. 166.
  2. ^ Massie, hlm. 167.
  3. ^ Massie, hlm. 169–170.
  4. ^ Massie, hlm. 171.
  5. ^ "Latest intelligence - the Imperial meeting at Reval". The Times (36842). London. 09-08-1902. p. 5.  Periksa nilai tanggal di: |date= (bantuan)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

Karya tulis[sunting | sunting sumber]

  • Tirpitz, Alfred von, Erinnerungen (Leipzig: K.F.Koehler, 1919).

Sumber sekunder[sunting | sunting sumber]

  • Bird, Keith. (Juli 2005). "The Tirpitz Legacy: The Political Ideology of German Sea Power," Journal of Military History. Vol. 69 Issue 3. hlm. 821–825.
  • Bönker, Dirk. (2012). Militarism in a Global Age: Naval Ambitions in Germany and the United States before World War I. Tinjauan daring.
  • Clark, Sir Christopher (2013). The Sleepwalkers: How Europe Went to War in 1914. New York: Harper. 
  • Epkenhans, Michael. (2008). Tirpitz: Architect of the German High Seas Fleet. hlm. 106.
  • Herwig, Holger H., 'Admirals versus Generals: The War Aims of Imperial German Navy 1914-1918', Central European History 5 (1972), pp. 208–33.
  • Hobson, Rolf. Imperialism at Sea: Naval Strategic Thought, the Ideology of Sea Power, and the Tirpitz Plan, 1875-1914 (Brill, 2002) di Questia
  • Kelly, Patrick J. (Okt. 2002). "Strategy, Tactics, and Turf Wars: Tirpitz and the Oberkommando der Marine, 1892-1895," Journal of Military History,. Vol. 66 Issue 4. hlm. 1033–1060.
  • Kelly, Patrick J. (2011). Tirpitz and the Imperial German Navy. Bloomington, Indiana: Indiana University Press. 
  • Massie, Robert K. Dreadnought. London: Jonathan Cape. ISBN 0-224-03260-7. 
  • Wikisource-logo.svg Saunders, George (1922). "Tirpitz, Alfred von". Encyclopædia Britannica (edisi ke-12th). 

Sumber primer[sunting | sunting sumber]

  • Marinearchiv, Der Krieg zur zee 1914-1918 (18 vols, Berlin and Frankfurt: E.S.Mittler & Sohn, 1932-66).
  • Marinearchiv, Der Krieg zur See 1914-1918. Der Handelskrieg mit U-Booten (5 vols., Berlin: E.S. Mittler & Sohn, 1923-66).
Jabatan politik
Didahului oleh:
Friedrich von Hollmann
Sekretaris Angkatan Laut Kekaisaran Jerman
1889–1916
Diteruskan oleh:
Eduard von Capelle
Penghargaan dan prestasi
Didahului oleh:
Sir James Craig
Sampul Majalah Time
2 June 1924
Diteruskan oleh:
Carter Glass