Alfonso Portillo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Alfonso Portillo
Alfonso Portillo Cabrera.jpg
Presiden Guatemala
Masa jabatan
14 Januari 2000 – 14 Januari 2004
Wakil PresidenJuan Francisco Reyes
PendahuluÁlvaro Arzú
PenggantiÓscar Berger
Informasi pribadi
Lahir24 September 1951 (umur 67)
Zacapa, Guatemala
Partai politikFront Republik Guatemala

Alfonso Antonio Portillo Cabrera (lahir di Zacapa, Guatemala, 24 September 1951; umur 67 tahun) adalah seorang politikus Guatemala yang menjabat sebagai Presiden Guatemala periode 2000−2004.

Ia menjabat pada 14 Januari 2000, yang mewakili Front Republik Guatemala (FRG), partai yang dipimpin oleh mantan jenderal dan mantan penguasa militer Efraín Ríos Montt.

Kehidupan awal dan karier[sunting | sunting sumber]

Portillo lahir di Zacapa. Ia memperoleh pendidikan di Meksiko. Dia diduga menerima gelar sarjana ilmu sosial dari Universitas Otonom Guerrero (UAG) di Chilpancingo, Guerrero, dan gelar doktor dari Universitas Otonomi Nasional Meksiko (UNAM) di Kota Meksiko. Namun, kebenaran atas klaim tersebut masih belum jelas karena tidak ada bukti yang tersedia untuk mendukung hal tersebut.[1]

Pada akhir 1970-an ia bergabung ke dalam kelompok sayap kiri di Guerrero dan juga dengan Persatuan Revolusioner Nasional Guatemala (URNG). Selama tahun 1980 dia mengajar ilmu politik di universitas di Chilpancingo. Selama waktu itu, Portillo menembak dan membunuh dua mahasiswa. Dia kemudian mengklaim bahwa ia telah menembak para mahasiswa untuk membela diri. Lawan-lawan politiknya, menegaskan bahwa ia telah membunuh dua mahasiswa tak bersenjata di dalam sebuah "perkelahian bar." Ia tidak pernah dituntut atas penembakan tersebut, dan pada tahun 1995, seorang hakim Meksiko menyatakan kasus ini "tidak aktif."[2][3]

Pada tahun 1989 Portillo kembali ke Guatemala dan bergabung dengan Partai Sosial Demokrat, yang telah menggantikan Partai Revolusioner Otentik pada tahun sebelumnya. PSD sedikit diketahui adalah salah satu dari sedikit partai-partai kiri yang selamat dari represi militer yang berlangsung pada tahun 1970-an dan 1980-an. Dia kemudian pindah ke Demokrat Kristen Guatemala (DCG), partai kanan-tengah yang pada saat itu adalah partai yang sedang memerintah. Pada tahun 1992 ia diangkat menjadi Direktur Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Guatemala (IGESP), peran itu dipegangnya sampai tahun 1994. Ia menjadi Sekretaris Jenderal DCG pada tahun 1993 dan terpilih sebagai anggota parlemen dari DCG pada tahun 1994, dan menjadi ketua kelompok DCG di Kongres. Selama waktu itu ia juga menjadi penasihat editorial untuk Siglo Veintiuno, salah satu dari dua surat kabar harian terbesar dan terlaris.

Presiden[sunting | sunting sumber]

Pada hari pelantikannya Portillo mengatakan bahwa Guatemala sedang "di tepi kehancuran", dan berjanji akan melakukan penyelidikan korupsi di pemerintahan secara menyeluruh. Pada tanggal 9 Agustus 2000, ia menyatakan bahwa pemerintah dari dua dekade sebelumnya telah terlibat dalam pelanggaran hak asasi manusia. Ketika ia menunjukkan tekad untuk melancarkan program yang regeneratif dan progresif, pemerintah segera menjadi kewalahan oleh realitas korupsi politik dan mafia di negara itu. Selama tahun 2001 pemerintahnya menghadapi gelombang protes terus menerus yang mengganggu kredibilitas pemerintahannya. Front Republik Guatemala (FRG) dituduh membawa korupsi dalam skala besar, yang belum pernah terjadi sebelumnya ke negara tersebut. Pemerintahnya telah dinodai oleh tuduhan pencurian, pencucian uang, transfer uang ke tentara, penciptaan rekening bank di Panama, Meksiko, dan Amerika Serikat oleh banyak anggota stafnya, dengan total lebih dari US $ 1 miliar.[butuh rujukan]

Pada putaran pertama pemilihan presiden November 2003, ia mendukung mantan diktator Efraín Ríos Montt untuk menggantikannya. Namun, FRG kalah dari kandidat Aliansi Besar Nasional (GANA), Óscar Berger, yang dilantik untuk menggantikan Portillo pada 14 Januari 2004.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Jorge Palmieri (3 Juni 2013). "LA EXTRADICIÓN DE ALFONSO PORTILLO". 
  2. ^ Jan McGirk (9 November 1999). "Self-confessed killer leads poll in Guatemala". The Independent (London). 
  3. ^ Serge F. Kovaleski (7 November 1999). "A Killer, and Perhaps a President; Candidate With Violent Past Leads in Polls for Today's Guatemalan Vote". The Washington Post. Not only has leading presidential candidate Alfonso Portillo admitted to fatally shooting two men--in what he says was self-defense—during a brawl in Mexico 17 years ago, but he has come close to boasting about it in TV campaign commercials. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Jabatan politik
Didahului oleh:
Álvaro Arzú
Presiden Guatemala
2000–2004
Diteruskan oleh:
Óscar Berger