Alfin Lestaluhu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Alfin Farhan Lestaluhu)

Alfin Lestaluhu
Informasi pribadi
Nama lengkap Alfin Farhan Lestaluhu
Tanggal lahir 2004
Tempat lahir Tulehu, Maluku, Indonesia
Tanggal meninggal 31 Oktober 2019
Tempat meninggal Jakarta Barat, DKI Jakarta, Indonesia
Posisi bermain Bek kanan
Karier junior
Tim
SKO Ragunan
Tim nasional
2019 Indonesia U-17 12 (1)

Alfin Farhan Lestaluhu (lahir pada tahun 2004 – meninggal 31 Oktober 2019) adalah seorang pemain sepak bola berkebangsaan Indonesia yang bermain mengisi barisan pertahanan kanan di regu sepak bola U-17 Indonesia.

Karier profesional[sunting | sunting sumber]

Sekolah Khusus Olahraga Ragunan[sunting | sunting sumber]

Alfin meniti riwayat kerjanya sebagai pesepakbola dengan bergabung di SKO Ragunan.

Karier internasional[sunting | sunting sumber]

Indonesia U-17[sunting | sunting sumber]

Awal cerita bergabungnya Alfin menjadi bagian tim nasional sepak bola U-17 Indonesia terjadi saat sang pelatih, Bima Sakti, meyakini adanya potensi dari Alfin yang berpeluang terus berkembang. Sejak bergabung pada tahun 2019, namanya langsung menembus kesebelasan utama Indonesia U-17.

Kejuaraan Remaja U-15 AFF 2019 menjadi ajang pertama bagi kiprah Alfin bersama kesebelasan Indonesia. Pemain berusia belasan tersebut turut berhasil memperoleh juara ketiga bagi negara yang dibelanya setelah memenangkan kesebelasannya ketika adu tendangan penalti melawan kesebelasan Thailand yang menjadi tuan rumah selama ajang tersebut.

Kiprahnya bersama Indonesia di usia muda masih berlanjut di ajang Kualifikasi Kejuaraan Piala Asia U-17 2020, ketika mendapat jatah pengelompokan bersama Tiongkok, Filipina, Brunei Darussalam, dan Kepualauan Mariana Utara di kelompok G dalam ajang tersebut. Melalui ajang tersebut, dia semakin menunjukkan peningkatannya dengan berhasil melesakkan satu sepakannya ke dalam gawang kesebelasan Filipina yang berakhir dengan kemenangan 4-0 pada pertandingan pertama.[1]

Statistik karier[sunting | sunting sumber]

Gol internasional[sunting | sunting sumber]

Per pertandingan yang dimainkan pada 16 September 2019.
Daftar gol internasional Alfin Lestaluhu untuk tim nasional Indonesia U-16
No. Tanggal Lokasi Lawan Skor Hasil Kompetisi
1. 16 September 2019 Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Indonesia  Filipina 3–0 4–0 Kualifikasi Kejuaraan U-16 AFC 2020

Kesehatan dan korban gempa[sunting | sunting sumber]

Di Ambon[sunting | sunting sumber]

Alfin berangkat untuk pulang ke Maluku sejak 24 September 2019 usai bertanding menghadapi kesebelasan Tiongkok saat Kualifikasi Piala Asia U-17 2020 dan tiba di Bandar Udara Internasional Pattimura pada hari itu juga.[2] Alfin sempat mengeluh merasa sakit di bagian perut sejak beberapa saat telah berada di bandar udara tersebut. Lantaran mengalami muntah yang menandai kesehatannya mulai memburuk, ia mendapatkan perawatan singkat hingga sempat sembuh dari masalah kesehatan di perutnya. Dua hari kemudian, gempa berkekuatan di atas 6 SR yang mengguncang kota Ambon mengharuskan Alfin bersama keluarganya berpindah ke sebuah kemah pengungsi gempa Ambon di kompleks perkuliahan Balai Perguruan Tinggi Darussalam Ambon. Selama berada di kemah pengungsian, ia kembali tidak enak badan hingga harus diteliti lebih lanjut terkait masalah kesehatannya di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. H. Ishak Umarella. Bahkan, ia harus dilarikan lagi ke Rumah Sakit Tentara Tk. II Prof. Dr. Jonas Andreas Latumeten–dirawat selama sepekan–berhubung tidak pula pulih dari penyakitnya.[3]

Dirawat di Jakarta[sunting | sunting sumber]

Alfin pun dibawa berobat ke Rumah Sakit Royal Progress di Jakarta Utara, DKI Jakarta oleh Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), serta dipindahkan pula ke Rumah Sakit Harapan Kita di Jakarta Barat, DKI Jakarta.

Kematian[sunting | sunting sumber]

Alfin menutup usia ketika dirawat di Rumah Sakit Harapan Kita, Jakarta Barat, DKI Jakarta akibat kehilangan kesadaran yang bertambah parah selama kurang lebih satu bulan setelah dipastikan terkena gejala penyakit radang otak dan kekurangan zat putih telur pembentuk plasma darah pada pukul 22:11 WIB.[4] Jenazah Alfin pun telah diterbangkan ke Tulehu di pagi hari pada tanggal 1 November 2019. Pemain berusia belasan tahun itu diterbangkan melalui Bandar Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta menuju Bandar Udara Internasional Pattimura, Ambon, Maluku untuk dimakamkan di kampung halamannya di Desa Tulehu, Ambon.[5][6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Pahlawan Itu Bernama Alfin Lestaluhu". Asumsi. 1 November 2019. Diakses tanggal 2 November 2019. 
  2. ^ Riyantama, Rauhanda (1 November 2019). "Kronologi Wafatnya Alfin, Cetak Gol Indah Hingga Jadi Korban Gempa". bolatimes. Diakses tanggal 3 November 2019. 
  3. ^ Ikhsan, Harley (1 November 2019). "Organisasi Kemanusiaan Beri Santunan Keluarga Mendiang Alfin Lestaluhu". Liputan 6. Diakses tanggal 3 November 2019. 
  4. ^ Wirawan, Randy (1 November 2019). "PSSI Ungkap Penyebab Meninggalnya Pemain Timnas U-16 Alfin Lestaluhu". bolalob. Diakses tanggal 5 November 2019. 
  5. ^ Arifin, Yanu (1 November 2019). "dibawa ke kampung halamannya di Desa Tulehu, Ambon". Sport Detik. Diakses tanggal 5 November 2019. 
  6. ^ Riyantama, Rauhanda (1 November 2019). "Kronologi Wafatnya Alfin, Cetak Gol Indah hingga Jadi Korban Gempa". bolalob. Diakses tanggal 5 November 2019.