Aleksey Nikolaevich

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Alexei Nikolaevich)
Aleksey Nikolaevich
Tsesarevich Rusia
Aleksey pada tahun 1913
Kelahiran12 Agustus [K.J.: 30 Juli] 1904
Istana Petergof, Kegubernuran Sankt-Peterburg, Kekaisaran Rusia
Kematian17 Juli 1918(1918-07-17) (umur 13)
Rumah Ipatiyev, Yekaterinburg, Republik Soviet Rusia
WangsaHolstein-Gottorp-Romanov
Nama lengkap
Aleksey Nikolaevich Romanov
AyahNikolai II dari Rusia
IbuAlix dari Hessen dan Rhine
AgamaOrtodoks Rusia
Tanda tanganAleksey Nikolaevich

Aleksey Nikolaevich (Rusia: Алексе́й Никола́евич) (12 Agustus [K.J.: 30 Juli] 1904 – 17 Juli 1918) adalah Tsesarevich[catatan 1] dan pewaris takhta terakhir Kekaisaran Rusia. Ia adalah anak bungsu dan putra satu-satunya dari Kaisar Nikolai II dan Permaisuri Aleksandra Fyodorovna. Ia terlahir dengan hemofilia, yang orang tuanya coba obati dengan metode penyembuh iman Grigori Rasputin.[3]

Hemofilia[sunting | sunting sumber]

Alexei Nikolaevich menjadi harta nasional sebagai satu-satunya pangeran Tsar Rusia pada masa itu, sementara saudara-saudara perempuannya tidak di utamakan menjadi pemimpin Kekaisaran Rusia. Dua bulan dalam hidupnya, ia mulai menunjukkan karakteristik yang sakit-sakitan. Setelah diagnosis menyeluruh oleh ahlinya, dokter menemukan penyakit yang di alami Alexei. Dan ternyata, ia di diagnosa menderita hemofilia B. Penyakit ini mencegah darah membeku jika terjadi memar atau luka. Dia mewarisi penyakit ini dari nenek buyut keibuannya, Ratu Inggris Victoria.

Semasa kecilnya, Alexei Nikolaevich tidak bisa berani bermain seperti anak-anak lain pada umumnya. Orang tuanya takut pendarahan dan komplikasi lain yang berhubungan dengan penyakit itu kambuh lagi. Pada tahun 1909, Alexei Nikolaevich ditugaskan dua tentara angkatan laut untuk memantau kegiatannya. Kedua pelaut Andrey Derevenko dan Klementy Nagorny diberi perintah tegas untuk memastikan dia tidak melukai dirinya sendiri.

Meskipun kegiatannya terbatas, Alexei terluka dalam berbagai kesempatan saat itu. Beberapa memar menyebabkan pendarahan dan rasa sakit yang berkepanjangan. Dalam keadaan yang sedemikian parah, Alexei tetap terbaring di tempat tidur dengan rasa sakit yang luar biasa. Tsar Nicholas II menjadi khawatir tentang sang pangeran. Pangeran Nikolaevich menjadi bunuh diri di saat-saat kesakitan dan imobilitas. Ketika luka-luka itu sembuh dan rasa sakitnya hilang, Alexei kembali ke dirinya yang normal.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Gelar tsesarevich paling sering disalahartikan dengan tsarevich, yang merupakan kata berbeda dengan arti yang berbeda juga: Tsarevich adalah gelar untuk setiap putra tsar, termasuk putra penguasa non-Rusia yang diberi gelar itu, misalnya Krimea, Siberia, Georgia, sedangkan Tsesarevich adalah gelar yang digunakan untuk pewaris takhta Kaisar Rusia setelah Pyotr I.[1][2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Macedonsky, Dimitry (2005–2006). "Hail, Son of Caesar! A Titular History of Romanov Scions". European Royal History Journal. 8.3 (XLV): 19–27. 
  2. ^ Burke's Royal Families of the World II. Burke's Peerage Ltd. 1980. hlm. 65. ISBN 978-0-85011-029-6. 
  3. ^ "Alexis". Encloypaedia Britannica. Diakses tanggal 22 April 2019. 

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Aleksey Nikolaevich
Cabang kadet Dinasti Oldenburg
Lahir: 12 Agustus 1904 Meninggal: 17 July 1918
Rusia
Didahului oleh:
Grand Duke Michael Alexandrovich
Urutan suksesi tahta Rusia
12 Agustus 1904 – 15 Maret 1917
Kerajaan dihapuskan tahun 1917