Alejandro Serrano

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Alejandro Serrano (lahir di Cuenca, 14 Januari 1933) adalah Wakil Presiden Ekuador pada periode 5 Mei 2005 hingga 15 Januari 2007.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Serrano menempuh pendidikan dasarnya di Escuela de los Hermanos Cristianos, lalu melanjutkan ke sekolah SMP dan SMA di Colegio de los Padres Jesuitas. Selesai dari pendidikan menengahnya, ia masuk ke Fakultas Filsafat dan Sastra di Universitas Cuenca, dan kemudian ke Fakultas Teknik Sipil di universitas yang sama. Ia memegang dua gelar kesarjanaan yaitu Ph.D. dalam Filsafat dan Sastra dan insinyur dalam teknik sipil.

Pekerjaan[sunting | sunting sumber]

Serrano pernah bekerja sebagai dosen di beberapa sekolah, yaitu di Coegio Rafael Borja, Colegio Benigno Malo, Colegio Garaicoa, Colegio Rosa de Jesús Cordero, Colegio Fray Vicente Solano (menjabat sebagai rektor), kemudian menjabat sebagai dekan di Fakultas Filsafat dan Sastra di Universitas Cuenca dan mengajar pula di Fakultas Hukum Universitas del Azuay

Dalam masyarakat, Serrano pernah menjabat sebagai anggota dewan di Cantón Cuenca dan kemudian sebagai anggota Dewan Perwakilan di tingkat Provinsi di Provinsi Azuay. Belakangan ia terpilih sebagai gubernur di Provinsi Azuay dan kemudian dua kali menjabat sebagai wakil provinsinya di Dewan Perwakilan Nasional. Serrano juga pernah menjabat sebagai Wali kota Cuenca dan Sekretaris Jenderal dari Perhimpunan Munisipal Ibero-Amerika yang berkedudukan di Madrid, Spanyol.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Serrano menikah dan mempunyai empat orang anak serta tujuh orang cucu.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Alfredo Palacio
Wakil Presiden Ekuador
5 Mei 200515 Januari 2007
Diteruskan oleh:
Lenín Moreno