Albert VI, Adipati Agung Austria

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Albert VI, Adipati Agung Austria.

Albert VI (lahir 12 Desember 1418 – meninggal 2 Desember 1463 pada umur 44 tahun, juga dikenal sebagai yang Boros dari Istana Habsburg) merupakan, dengan abangnya Kaisar Frederick III, seorang Adipati Utama Austria Dalam (antara lain wilayah adipati Stiria, Kärnten dan Carniola) dari tahun 1424 dan Austria dari tahun 1457 sampai kematiannya. Menurut tradisi, Albert kebalikannya dari Frederick, energik dan bisu.

Albert dilahirkan di Wina, putra Adipati Agung Ernest Besi Austria Dalam dan istrinya Cymburgis dari Masovia. Setelah kematian ayah mereka pada tahun 1424 ia dan saudaranya tetap dibawah perwalian paman mereka Adipati Frederick IV yang Berkantong Kosong, yang memerintah atas Austria Selanjutnya dan Kadipaten Tirol.

Tumbuh dewasa pada tahun 1436 Albert, meskipun seorang pewaris junior Austria Dalam, tidak menerima pemerintahan sepenuhnya selama beberapa waktu, yang menyebabkan hubungannya retak dengan abangnya Frederick (Frederick V sebagai Adipati Agung). Ketika pada tahun 1439 baik Adipati Frederick IV dari Austria Selanjutnya dan Raja Albert II dari Jerman, Adipati Austria wafat, Adipati Agung Frederick menjadi wali atas putra-putra mereka yang masih kecil Sigismund dan Ladislaus yang Anumerta. Sebagai kepala keluarga Habsburg, pewaris Austria Dalam dan wali dari Austria Selanjutnya, Tirol dan Austria Sepantasnya, ia kemudian memerintah atas seluruh wilayah dinasti turun temurun. Di tahap ini, Albert mulai berselisih dengan saudaranya dan pada tahun 1446 menuntut wilayah Austria Selanjutnya darinya.

Konflik di antara bersaudara itu meningkat ketika Adipati Ladislaus yang Anumerta wafat tanpa keturunan pada tahun 1457 dan Frederick, Kaisar Romawi Suci sejak tahun 1452, menjadi pewarisnya. Albert bangkit dan pada tahun 1458 menduduki bagian barat wilayah adipati Austria "atas Enns" (kemudian dikenal sebagai Austria Hulu), yang ia pimpin di Linz sebagai suatu kerajaan terpisah dan, bagian patrimoni Habsburg yang cukup kecil. Setelah mengepung Frederick di Wina Hofburg, ia juga mengambil alih pemerintahan Austria dibawah Enns (sekarang Austria Hilir) pada tahun 1462. Namun Albert wafat tanpa keturunan pada tahun berikutnya dan seluruh wilayahnya kembali jatuh ketangan abangnya.

Pada tahun 1452 Albert menikahi Mathilde (Mechthild), putri Pangeran Palatine Louis III. Keduanya berjasa dengan mendirikan Universitas Freiburg pada tahun 1457.

Silsilah[sunting | sunting sumber]

Preceded by:
Ernest Besi
Adipati Stiria, Kärnten dan Carniola
1424–1463

dengan Frederick V
Succeeded by:
Frederick V
Preceded by:
Ladislaus yang Anumerta
Adipati Agung Austria
1457–1463

dengan Frederick V