Albert Gregorius

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Potret Pangeran Charles Antoine Chasset [fr], anggota Sénat conservateur dan utusan luar biasa untuk Metz (1813)
Potret Jenderal Nicolas Dahlmann (tanggal tidak diketahui)

Albert Jacob Frans Gregorius, atau Albert Jacques François Grégorius (26 Oktober 1774 – 25 Februari 1853) adalah seorang pelukis potret Flemish-Belgia dan Direktur akademi seni di Bruges.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Ia dilahirkan dalam keluarga miskin dan pekerja keras. Kemampuan menggambarnya diamati oleh François van der Donckt, seorang pelukis potret lokal yang menerimanya, memberinya pelajaran pertama dan membantunya mendaftar di akademi seni. Gregorius ada di sana dari tahun 1791 hingga 1793 dan memenangkan beberapa penghargaan.

Pada tahun 1801, ia pergi ke Paris, di mana ia magang ke Joseph-Benoît Suvée, yang juga dari Bruges. Tidak lama kemudian, Suvée pergi ke Roma untuk menjadi Direktur Akademi Prancis, tetapi Gregorius dapat menemukan posisi di studio Jacques-Louis David. Pada tahun 1805, dia kembali ke Bruges, membuat persiapan untuk memasuki Prix de Rome, tetapi jatuh sakit dan tidak dapat berpartisipasi.

Setelah sembuh, ia kembali ke Paris dan menetap sampai tahun 1835. Ia segera membangun reputasi sebagai pelukis potret dan membentuk asosiasi dengan seniman Flemish ekspatriat lainnya ("De Club van de Belgen"). Setelah berpameran di Ghent Salon, ia memasuki Paris Salon pada tahun 1812 dan akan terus tampil di sana setiap tahun hingga keberangkatannya. Selain bangsawan Prancis yang biasa, ia juga dikenal karena potretnya August Wilhelm Schlegel, yang sekarang dipajang di Coppet Castle.

Pada usia 61, ia menerima penunjukan sebagai Direktur "De Vrije Academie" (sekarang "De Stedelijke Academie") di Bruges. Dia menjabat sampai 1852, ketika dia dipaksa untuk mengundurkan diri setelah bentrokan dengan rekan, mahasiswa dan pejabat kota atas pendekatan konservatif untuk seni. Muridnya yang paling terkenal adalah Ford Madox Brown.

Anehnya, pada sertifikat kematiannya ia digambarkan sebagai "duda", tetapi nama istrinya tidak diketahui. Ada spekulasi bahwa dia menikah sebentar selama tinggal lama di Prancis dan tidak memiliki kerabat dekat yang ingin dia beri tahu.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • A. Jacobs, "Albert Gregorius", in: Le dictionnaire des peintres belges du XIVe siècle à nos jours, Vol. A-K, ed. by Eliane de Wilde and Philippe Roberts-Jones. La Renaissance du livre, 1995 ISBN 2-80412-012-0
  • André Penninck and Fernand Boneure, "Albert Gregorius", in: Lexicon van Westvlaamse beeldende kunstenaars, Vol. VII, Vereniging van Westvlaamse Schrijvers, 1998 ISBN 90-7239-022-9

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Media terkait Albert Gregorius di Wikimedia Commons