Alba (Skotlandia)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Penobatan Raja Alexander III di Moot Hill, Scone, pada 13 Juli 1249. Dia disambut oleh ollamh rìgh, penyair kerajaan, yang menyapanya dengan proklamasi "Benach De Re Albanne" (= Beannachd do Rìgh Albann' ', "Berkah untuk Raja Skotlandia"); penyair melanjutkan dengan melafalkan silsilah Alexander

Alba (/ˈælbə, ˈælvə/ al--,_-AL-və,[1][2] Gaelik Skotlandia: [ˈal̪ˠapə]) adalah nama Scottish Gaelic untuk Scotland. Itu juga, dalam historiografi bahasa Inggris, digunakan untuk merujuk pada pemerintahan Gambar dan Skotlandia bersatu pada abad kesembilan sebagai Kerajaan Alba,[3] hingga berkembang menjadi Kerajaan Skotlandia pada akhir Abad Pertengahan setelah penyerapan Strathclyde dan Lothian berbahasa Inggris pada abad ke-12.[4] Itu adalah kognitif dengan istilah Irlandia Alba (gen. Alban , dat. Albain) dan Manx istilah Nalbin, dua Goidelik Bahasa Celtic Insular, serta kata-kata kontemporer yang digunakan dalam Cornish (Alban) dan Welsh (Yr Alban), keduanya adalah Brythonic bahasa Celtic Insuler. Bahasa Brythonic ketiga yang bertahan, Breton, malah menggunakan Bro-Skos, yang berarti 'negara Skotlandia'. Di masa lalu, istilah ini adalah nama untuk Britania Raya secara keseluruhan, terkait dengan nama Brythonic Albion.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Istilah ini pertama kali muncul dalam teks klasik sebagai Ἀλβίων Albíōn[5] atau Ἀλουΐων Alouíōn (dalam tulisan Ptolemeus dalam Yunani), dan kemudian sebagai Albion dalam dokumen Latin. Secara historis, istilah ini mengacu pada Inggris secara keseluruhan dan pada akhirnya didasarkan pada Indo-Eropa akar kata untuk "putih".[6] Kemudian digunakan oleh penutur Gaelik dalam bentuk Alba' ' (datif Albainn, genitif Albann, sekarang usang) sebagai nama yang diberikan untuk yang pertama kerajaan Gambar yang ketika pertama kali digunakan dalam pengertian ini (sekitar masa raja Causantín mac Áeda (Konstantinus II, 943–952)) telah berkembang. Wilayah Breadalbane (Bràghad Albann, bagian atas "Alba") juga mengambil namanya dari sana.

Seiring berjalannya waktu, kerajaan itu memasukkan wilayah lain ke selatannya. Itu menjadi Latindinyatakan kembali pada periode Abad Pertengahan Tinggi sebagai "Albania" (tidak jelas apakah pada akhirnya memiliki etymon yang sama dengan Albania). Kata terakhir ini digunakan terutama oleh penulis Celto-Latin, dan paling terkenal oleh Geoffrey of Monmouth. Kata inilah yang diteruskan ke Bahasa Inggris Tengah sebagai Albany, meskipun sangat jarang ini digunakan untuk Kerajaan Skotlandia, melainkan untuk gagasan Kadipaten Albany. Dari yang terakhir inilah Albany, ibu kota negara bagian AS New York, dan Albany, [ [Australia Barat]], ambil nama mereka.

Itu juga muncul dalam bentuk sastra Inggris dari Albyn, seperti dalam Childe Harold Byron:

Dan liar dan tinggi 'pertemuan Cameron' naik,
Catatan perang Lochiel, yang ada di perbukitan Albyn
Telah mendengar, dan mendengar, juga, memiliki musuh Saxonnya

Penggunaan modern[sunting | sunting sumber]

Tanda penyambutan kedatangan di Skotlandia tepatnya di A7: Fàilte to Scotland

BBC Alba, saluran televisi yang sebagian besar disiarkan dalam bahasa Gaelik Skotlandia, diluncurkan pada September 2008 sebagai usaha patungan antara British Broadcasting Corporation (BBC) dan perusahaan Gaelik MG Alba. Versi baru dari lagu Runrig Alba (aslinya ada di album mereka, The Cutter and the Clan) ditampilkan pada peluncuran saluran.

Pada pertengahan 1990-an, Liga Celtic memulai kampanye untuk menggunakan kata "Alba" pada sepak bola Skotlandia dan rugby atasan. Sejak tahun 2005, SFA telah mendukung penggunaan bahasa Gaelik Skotlandia dengan menambahkan Alba di belakang strip resmi tim.[7] Namun, pada tahun 2008, SRU masih dilobi agar Alba ditambahkan ke jalur rugby nasional.[8]

Pada tahun 2007, Eksekutif Skotlandia mengubah namanya menjadi "Pemerintah Skotlandia" dan mulai menggunakan logo bilingual dengan nama Gaelik Riaghaltas na h-Alba. Namun, versi Gaelic sejak awal selalu Riaghaltas na h-Alba. Parlemen Skotlandia, juga menggunakan nama Gaelic Pàrlamaid na h-Alba.

Tanda selamat datang baru di rute bersejarah A7 ke Skotlandia didirikan pada tahun 2009, dengan teks Fàilte gu Alba.

Frasa seperti Alba gu bràth dapat digunakan sebagai frasa seruan. Itu digunakan dalam film Braveheart sebagai William Wallace mendorong pasukan di Battle of Stirling Bridge.

Pada bulan Maret 2021, mantan menteri pertama Skotlandia dan pemimpin SNP Alex Salmond meluncurkan Partai Alba yang pro-kemerdekaan, bersiap untuk menentang Pemilihan Parlemen Skotlandia 2021s.[9]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Alba". Collins English Dictionary. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-11-21. Diakses tanggal 21 April 2021. 
  2. ^ Templat:Kutip kamus
  3. ^ Webster, Bruce (1997). Medieval Scotland: The Making of an Identity. hlm. 21. ISBN 978-0333567616. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-01-03. Diakses tanggal 21 April 2021. 
  4. ^ Walker. Lords of Alba: The Making of Scotland. hlm. 168. ISBN 978-0-7524-9519-4. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-04-29. Diakses tanggal 2023-04-29. 
  5. ^ [[Yunani Kuno] ] ". καὶ λεγόμεναι, Ἀλβίων καὶ Ἰέρνη, ...", transliterasi "... en toutôi ge mên nêsoi megistoi tynchanousin ousai dyo, Brettanikai legomenai, Albiôn kai Iernê, ...", Aristotle: On Sophistical Refutations. Tentang Akan Datang dan Meninggal Dunia. Di Kosmos., 393b, halaman 360–361, Loeb Classical Library No. 400, London William Heinemann LTD, Cambridge, Massachusetts University Press MCMLV
  6. ^ MacBain, A An Etymological Dictionary of the Gaelic Bahasa Gairm 1896, dicetak ulang tahun 1982 ISBN 0-901771-68-6
  7. ^ "Gaelic ditambahkan ke strip Skotlandia". BBC News. 24 Agustus 2006. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-04-11. Diakses tanggal 2010 -01-01. 
  8. ^ "Gàidhlig air lèintean rugbaidh na h-Alba". BBC Scotland Alba. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-12-10. Diakses tanggal 2023-04-29. 
  9. ^ salmond-to-become-leader-of-new-pro-independence-alba-party-12257381 "Alex Salmond menjadi pemimpin Partai Alba pro-kemerdekaan baru menjelang pemilihan Skotlandia" Periksa nilai |url= (bantuan). Sky News (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-03-27. 

Templat:Kepulauan Inggris