Alat bantu pernapasan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Alat bantu pernapasan

Alat bantu pernapasan (bahasa Inggris: ventilator) adalah sebuah mesin yang menyediakan ventilasi mekanis dengan menggerakkan udara yang bernapas ke dalam dan keluar dari paru-paru, untuk memberikan napas kepada pasien yang secara fisik tidak dapat bernapas, atau bernafas kurang. Ventilator modern adalah mesin pengendali mikro terkomputerisasi, tetapi pasien juga dapat diventilasi dengan masker bag valve sederhana yang dioperasikan dengan tangan. Ventilator terutama digunakan dalam pengobatan perawatan intensif, perawatan di rumah, dan obat darurat (sebagai unit mandiri) dan dalam anestesiologi (sebagai komponen dari mesin anestesi).

Alat bantu pernapasan kadang-kadang disebut "respirator", sebuah istilah yang umum digunakan untuk mereka pada 1950-an (khususnya "respirator Burung"). Namun, rumah sakit kontemporer dan terminologi medis menggunakan kata "respirator" untuk merujuk pada masker pelindung.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Center for Devices and Radiological Health (2019-02-08). "Personal Protective Equipment for Infection Control - Masks and N95 Respirators". FDA. Diakses tanggal 2017-03-08.