Alap-alap australia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Alap-alap australia
Australian Hobby Pikedale Jul02.JPG
Status konservasi
Klasifikasi ilmiah
Kingdom: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Aves
Ordo: Falconiformes
Famili: Falconidae
Genus: Falco
Spesies: F. longipennis
Nama binomial
Falco longipennis
Swainson, 1837
Samsonvale Cemetery, SE Queensland

Alap-alap australia (Falco longipennis) adalah burung falkon yang ditemukan khususnya di Australia. Burung ini juga bermigrasi pada musim dingin ke Indonesia dan Selandia Baru. Burung ini merupakan burung pemangsa terkecil di Australia, dengan panjang sekitar 30 - 36 cm. Burung ini sangat menyerupai alap-alap kawah, hanya berukuran lebih kecil dan memiliki bulu yang lebih gelap.

Burung ini mendiami hutan terbuka dan dapat melakukan manuver dengan cepat melalui dedaunan saat mengejar burung lain. Mereka juga dapat beradaptasi dan akan mengunjungi taman kota, kebun, dan semak semak. Mereka akan berburu burung kecil, hingga hampir seukuran mereka sendiri, dan sering terlihat saat senja berburu kelelawar dan serangga besar.

Saat berkembang biak, mereka mengambil alih sarang burung lain. Burung betina akan mengerami telur sementara burung jantan berburu.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Jenis alap-alap ini memiliki panjang tubuh sekitar 30 sampai 35 cm. Berat tubuh jantan sekitar 132–280 g dan betina sekitar 190 sampai 420 g dengan rentang sayap sekitar 66 sampai 87 cm[2]. Bagian atas abu-abu tua, kepala lebih gelap, bercak kumis runcing, tenggorokan keputih-putihan, setengah bagian kerah pucat melebar hingga sisi tengkuk, bagian bawah merah karat bungalan, bercoret tipis lebih gelap, penutup ekor bawah pucat, ekor berpalang, lingkar mata biru pucat. Remaja: mirip dewasa tetapi lebih coklat dan merah karat.

Penyebaran dan Ras[sunting | sunting sumber]

Alap-alap australia terdapat tiga sub-spesies yang diakui dengan penyebaran meliputi Australia, Papua, Maluku dan NT.

  • hanieli Hellmayr, 1914 – Sunda Kecil, dari Lombok sampai Timor.
  • longipennis Swainson, 1837 – Australia dan Tasmania; diluar musim berbiak bermigrasi sampai Papua, Maluku dan New Britain.
  • murchisonianus Mathews, 1912 – Australia, Maluku dan Papua Nugini

Habitat[sunting | sunting sumber]

Menghuni padang rumput yang pohonnya jarang, daerah terbuka; lahan budidaya yang berhutan dan tepian hutan di pesisir dan hutan monsun dataran rendah. Dari permukaan laut sampai ketinggian 900 m (Sumbawa) dan 1600 (Flores).

Makanan[sunting | sunting sumber]

Alap-alap australia salah satu burung pemangsa yang agresif dan mampu manuver dengan cepat untuk memangsa buruannya seperti hewan mamalia, burung kecil dan seukuran tubuhnya, kelelawar, kumbang, serangga, jangkrik, belalang dan lainnya. Alap-alap australia adalah pemburu yang luas dan ahli mencengkram mangsa di udara. Selain itu, Alap-alap australia dikenal mengusik burung-burung yang lebih besar seperti jenis elang meskipun dirinya tak mampu untuk memangsanya.[3]

Reproduksi[sunting | sunting sumber]

Ketika musim kawin, alap alap australia berkembang biak antara Agustus hingga Januari dengan mengambil sarang burung lain untuk dijadikan tempat bertelur antara 2-3 telur dan dierami sekitar 35 hari oleh betina dan yang jantan berburu mangsa.[4]

Konsevasi[sunting | sunting sumber]

Alap alap Australia tidak terdaftar sebagai spesies terancam di Australia dan terdaftar sebagai spesies sedikit perhatian. Itu tercantum pada Lampiran II dari badan konservasi perdagangan internasional (CITES).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2012). "Falco longipennis". IUCN Red List of Threatened Species. Version 2012.1. International Union for Conservation of Nature. Diakses tanggal 16 July 2012. 
  2. ^ "Purple-throated Sunbird (Leptocoma sperata)". www.hbw.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-10-07. 
  3. ^ Admin. "Alap-alap Australia, Australian hobby | Jenis Burung". jenisburung.co (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-10-07. 
  4. ^ "Falco longipennis". www.globalraptors.org. Diakses tanggal 2018-10-07.