Aladdin (seri televisi 2018)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Aladdin (serial TV 2018))

Aladdin
Nama alternatifAladdin
GenreFantasi
Komedi
Romantis
PembuatAlind Srivastava
Nisser Parvej
Ditulis olehShakti Sagar Chopra
Lakshmi Jayakumar
SkenarioShivam Awasthi
Aanchal Aggarwal Vasani
SutradaraMaan Singh
Amandeep Singh
Kushal Awasthi
Vighnesh Kamble
Pengarah kreatifPooja Hingorani
PemeranSiddharth Nigam
Avneet Kaur
Ashi Singh
Aamir Dalvi
Raashul Tandon
Smita Bansal
Praneet Bhat
Gireesh Sahdev
Penggubah lagu temaSouvyk Chakraborty
Lagu pembuka"Aladdin"
Negara asalIndia
Bahasa asliHindi
Jmlh. musim3
Jmlh. episode572
Produksi
ProduserNissar Parvez
Alind Srivastava
Hitesh Thakkar
Pengaturan kameraMulti-camera
Durasi20–23 menit
Rumah produksiPeninsula Pictures
Rilis asli
JaringanSony SAB
Rilis21 Agustus 2018 (2018-08-21) –
05 Februari 2021 (2021-02-05)

Aladdin – Naam Toh Suna Hoga (Bahasa Indonesia: Aladdin – Pasti Pernah Mendengar Namanya) adalah serial televisi fantasi India yang berdasarkan pada karakter Seribu Satu Malam, Aladdin. Serial ini ditayangkan perdana pada 21 Agustus 2018 di Sony SAB. Serial ini melibatkan Aladdin, seorang pencuri yang baik hati, saat ia jatuh cinta dengan Putri Yasmine, berteman dengan Jin Lampu yang mengabulkan permintaan, dan bertarung melawan Zafar dan kemudian penyihir jahat Mallika, dan lagi dengan Sultan Aiyyar Zafar setelah kelahirannya kembali.

Penayangan di Indonesia[sunting | sunting sumber]

Musim Episode Awalnya Ditayangkan Keterangan Saluran TV
Pertama Ditayangkan Terakhir Ditayangkan
1 N/A 5 Agustus 2019 (2019-08-05) N/A Tayang Perdana MNCTV

Musim[sunting | sunting sumber]

Musim Episode Awalnya ditayangkan (India)
Pertama ditayangkan Terakhir ditayangkan
1 207 21 Agustus 2018 (2018-08-21) 31 Mei 2019 (2019-05-31)
2 250 03 Juni 2019 (2019-06-03) 28 Agustus 2020 (2020-08-28)
3 115 31 Agustus 2020 (2020-08-31) 05 Februari 2021 (2021-02-05)

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Cerita dimulai dengan Mallika, seorang enchantress yang kuat dan jahat yang berencana untuk mengambil alih dunia. Rencananya digagalkan oleh hambanya, Hassan, yang membunuhnya dengan mengubahnya menjadi patung. Sebelum benar-benar berubah menjadi batu, dia mengubah Hassan menjadi Jin dan menjebaknya dalam lampu yang tidak akan ditemukan sampai 500 tahun kemudian ketika dia berjanji untuk kembali sekitar waktu yang sama.

500 tahun kemudian seorang bocah lelaki bernama Aladdin lahir di Baghdad yang adalah pemilik sebenarnya dari lampu itu tetapi tidak menyadarinya. Dia adalah pemuda tanpa pamrih yang baik hati yang selalu berusaha membuat semua orang bahagia. Ia juga dikenal sebagai Pencuri Hitam terkenal di Baghdad yang banyak mencoba menangkap tetapi gagal. Ia menjadi Pencuri Hitam atas desakan bibinya yang serakah, Nazneen, paman Mustafa, dan sepupu narsisis, Gulbadan. Aladdin dan ibunya Rukhsar sangat berhutang dan terus menerus diejek karena suami Rukhsar, Omar, dituduh sebagai pengkhianat dan ditangkap oleh penjaga kerajaan. Namun Rukhsar tidak percaya ini.

Aladdin jatuh cinta dengan Putri Yasmine Bagdad di masa kanak-kanak dan tidak berhenti menyukainya sejak itu. Yasmine adalah seorang wanita muda yang cantik dan mandiri yang bercita-cita untuk menjadi Ratu Baghdad suatu hari nanti. Pelayan perempuan Yasmine dan sahabat karib Piddhi yang juga teman Aladdin, menyukainya, tetapi Aladdin tidak menyadari perasaannya. Zafar, Wazir Agung manipulatif berencana untuk membunuh Sultan dan menikahi Yasmine untuk mengambil alih takhta Bagdad dengan mengambil lampu ajaib. Dia menawarkan Aladdin sepuluh ribu koin emas sebagai ganti lampu ajaib yang Aladdin setuju.

Yasmine meninggalkan istana sebagai putri yang menyamar untuk memecahkan misteri berlian biru di mana dia bertemu Aladdin untuk pertama kalinya. Aladdin tidak menyadari fakta bahwa Putri Yasmine berdiri di depannya dan menuduhnya berdandan sebagai 'pencuri hitam palsu'. Karena kesalahpahaman yang sangat besar ini, Aladdin dan Yasmine mengembangkan rasa saling tidak menyukai satu sama lain.

Setelah mengatasi banyak tantangan di padang pasir, Aladdin bertemu dengan pelindung lampu yang tidak lain adalah ayahnya Omar tetapi keduanya tidak menyadari fakta ini. Omar menyadari Aladdin baik hati dan membawanya ke gua di mana Aladdin menggunakan kecerdasannya untuk mendapatkan lampu tetapi tidak dapat melarikan diri karena ia secara tidak sengaja mengambil koin emas dari harta bersamanya.

Terperangkap di dalam gua, Aladdin menggosok lampu karena frustrasi dan membebaskan Hassan yang kini jin. Aladdin menjadi penguasa Jin setelah Omar memberinya tanggung jawab untuk menjaganya. Mereka kembali ke Baghdad di mana Aladdin memperkenalkan Genie sebagai Sheikh Ginu. Omar memutuskan untuk membalas dendam dari orang-orang yang menjebaknya karena dia telah menyelesaikan tugasnya menjadi pelindung gua. Dia juga percaya bahwa orang-orang yang menjebaknya membunuh Rukhsar dan ingin membalas dendam dari Sultan.

Sementara itu, Putri Yasmine mengetahui bahwa sebuah geng terlibat dalam kegiatan ilegal di Baghdad. Dia tidak menyadari bahwa pemimpin geng, Muchhad (Pria berjanggut) sebenarnya Zafar. Dia menginfiltrasi kamp Gang tetapi bentrok dengan Aladdin yang tiba di tempat yang sama dan tas mereka ditukar. Keduanya berdebat dan ditangkap oleh pasukan dan penjaga Muchhad. Mereka berhasil melarikan diri sebentar sebelum terjebak dalam sangkar sekali lagi di mana Ginu menyelamatkan mereka dari api. Aladdin mencoba memberikan lampu itu kepada Zafar tetapi tidak dapat melakukannya karena dia dan Rukhsar sekarang telah mengembangkan ikatan yang kuat dengan Ginu. Aladdin juga menyadari bahwa Zafar adalah pemimpin geng dan menipunya untuk mengambil lampu.

Yasmine memberi tahu ayahnya tentang Gang. Melihat kerja keras dan pengabdiannya, ia memutuskan untuk segera memahkotai Sultana di Baghdad. Untuk merayakannya, Yasmine dan Piddhi pergi ke rumah seorang teman untuk pesta di mana Aladdin dan Ginu juga hadir. Aladdin dan Yasmine berselisih sekali lagi dan mulai berdebat meskipun Ginu melihat cinta berkembang di antara mereka.

Zafar menyewa seorang doppelgänger dari Sultan bernama Jhumman untuk sementara mengambil tempat Sultan di istana. Sementara itu, Omar menculik Sultan asli dan menguncinya di tempat terpencil di suatu tempat di Baghdad jauh dari istana. Hari berikutnya di pengadilan atas perintah Zafar, Jhumman yang menyamar sebagai Sultan menyatakan bahwa Yasmine tidak akan menjadi Sultana dan malah menikahi Pangeran Zain dari Marrakesh yang diam-diam memiliki kekuatan untuk menghipnosis orang. Zafar memerintahkan Zain untuk menghipnosis Yasmine untuk membuatnya jatuh cinta padanya. Zain membawa Yasmine ke Taman Kerajaan dalam upaya untuk menghipnosis dan menangkapnya di bawah kendalinya.

Setelah di bawah kendalinya, Zain meminta Yasmine untuk mengambil mawar hitam dari kebun sehingga dia bisa jatuh cinta pada Zafar dengan menciumnya. Untungnya, Aladdin tiba tepat waktu untuk menyelamatkannya dan langsung terpesona oleh penampilannya yang mencolok. Yasmine jatuh pingsan setelah mencium aroma mawar dan Aladdin menyadari bahwa dia peduli padanya dan tidak ingin kehilangannya. Dia mencoba untuk memecahkan medali dan berhasil memecahkannya tetapi Zain mulai menariknya ke arahnya dengan sihir. Mengalahkan Zain, Aladdin akhirnya berhasil melarikan diri dengan Ginu dan Yasmine dan memutuskan untuk menahannya di rumahnya untuk melindunginya dari Zain dan sihir jahat apa pun.

Dengan bantuan Ginu, Yasmine memaparkan Nazneen yang telah menjebak Aladdin untuk mencuri gelang emas Rukhsar. Rukhsar sengaja mendengar semua ini dan memaafkan Aladdin yang sekarang mulai melakukan pemanasan ke arah Yasmine.

Aliza menghukum Zain dengan mengubahnya menjadi Khatuba, kalajengking beracun ajaib dan memerintahkannya untuk menggigit Aladdin. Khatuba gagal menggigit Aladdin dan menggigit Rukhsar sebagai gantinya. Aliza, marah dengan ini, membunuhnya. Dia muncul di hadapan Zafar dan memutuskan untuk menggunakan Rukhsar untuk sampai ke Aladdin.

Sementara itu, Sultan yang ditangkap oleh Omar, mendapatkan kembali akal sehatnya dan berhasil melarikan diri dan muncul di hadapan Yasmine yang sekarang mencurigai perilaku aneh ayahnya ketika Piddhi memberitahunya bahwa ia mencuri cincin yang nenek Yasmine berikan padanya. Yasmine secara cerdik menemukan kebenaran dengan menarik jenggot palsu Jhumman.

Sementara itu, Zafar dan Aliza menyamar sebagai orang suci dan berusaha mencari tahu siapa yang digigit oleh Khatuba. Kesehatan Rukhsar mulai memburuk dan dia mulai kehilangan ingatannya. Dia tidak mengenali Nazneen, Mustafa dan Gulbadan.

Sebuah kompetisi duel diadakan untuk memilih rekrut penjaga baru untuk istana di mana Aladdin berpartisipasi saat ia sangat ingin bertemu Yasmine dan Sultan. Betapapun mengecewakannya, Nazneen dan Mustafa mencuri baju besinya dan memberikannya kepada Gulbadan yang memenangkan duel.

Aladdin dan Ginu membawa pulang Rukhsar di mana dia tidak memiliki ingatan tentang Aladdin menjadi putranya. Ginu melihat tanda gigitan Khatuba di lehernya dan ingat Mallika menggunakannya. Dia memberi tahu Aladdin tentang perpustakaan ajaib tempat dia bisa menemukan obat untuk racun itu. Ginu segera pergi ke sana dan Aladdin pergi ke pasar. Pada saat yang sama, Yasmine mengenakan pakaian pencuri hitam palsunya dan pergi mencari ayahnya. Dia dikejar oleh penjaga di pasar tempat Aladdin menyelamatkannya tepat waktu. Dia memperhatikan kekhawatiran di wajah Aladdin dan dia mengatakan kepadanya bahwa Rukhsar sakit sementara Yasmine mengatakan kepadanya bahwa ayahnya hilang. Di perpustakaan, Ginu menemukan buku dan angka yang tepat bahwa Ilmi Baba di Gua Mehran memiliki jawaban untuk setiap pertanyaan di dunia. Dia juga akan memiliki obat dan dia kembali ke Aladdin, yang senang mendengar ini. Yasmine juga bersikeras untuk ikut mencari lokasi ayahnya.

Aladdin mengeluarkan karpet ajaibnya dan Yasmine kaget melihatnya mengambang di udara. Tidak menyadari kenyataan bahwa dia telah terbang di atas karpet, dia dan Aladdin berangkat menggunakan karpet terbang di mana mereka berbagi beberapa saat. Sementara itu, Ginu tiba di rumah untuk merawat Rukhsar. Badai yang disebabkan oleh Aliza menghantam Aladdin dan Yasmine dan mereka bertemu dengan seorang wanita tua yang mencurigakan yang menawarkan mereka tempat berlindung. Mereka dengan enggan masuk sebelum wanita tua yang sebenarnya Aliza menyamar mendorong mereka ke cermin. Mereka mencapai dunia cermin di mana mereka harus melompat ke cermin yang tepat untuk keluar dan setelah beberapa pilihan yang salah, mereka mencapai dunia yang tepat.

Aladdin dan Yasmine bertemu Ilmi Baba tetapi harus mengalahkannya dalam duel dengan imbalan jawaban yang mereka butuhkan. Mereka berhasil mengalahkannya dan dia memberi obat Aladdin dan Yasmine lokasi di mana ayahnya berada. Aladdin dan Yasmine berpisah untuk memenuhi apa yang mereka inginkan. Ilmi Baba mengirim Aladdin ke suatu tempat magis di mana ia terkejut, Aliza telah mengambil alih lampu dan Ginu. Setelah melawan Aliza, Aladdin terluka parah dan Ginu yang marah menghancurkannya. Ginu membawa Aladdin kembali ke ibunya dan menyembuhkannya sebelum tetangga mereka tiba untuk memperingatkan mereka agar pergi di bawah perintah Nazneen. Aladdin berjanji pada Nazneen bahwa dia akan bertemu dengan Sultan untuk membuktikan bahwa ayahnya tidak bersalah dan tidak akan meninggalkan lingkungan itu.

Yasmine bertemu kembali dengan ayahnya yang mengingatkannya bahwa dia akan menjadi Sultana suatu hari nanti. Untuk memenuhi tugas dan impian ayahnya, Yasmine membuat pengaturan untuk penggalian minyak dari danau minyak. Sementara itu Aladdin melarikan diri dari ayahnya yang berusaha membunuhnya ketika mencoba mencuri mahkota ratu Persia. Ketika berita menyebar di Baghdad bahwa mereka yang bekerja di penggalian akan mendapatkan pekerjaan di istana, Aladdin memutuskan untuk bekerja di sana untuk membuktikan bahwa ayahnya tidak bersalah dan juga memenangkan hati Putri Yasmine. Zafar membuat rencana untuk membantai para pekerja, dengan cara yang sama seperti yang dia lakukan 20 tahun lalu. Yasmine yang menyamar mengunjungi gua untuk mengawasi pekerjaan yang sedang berlangsung dan menghabiskan waktu bersama Rukhsar, Aladdin & Ginu. Aladdin dan Yasmine berbagi beberapa momen hangat di mana ia akhirnya mengungkapkan nama aslinya kepadanya.

Sementara itu, Zafar meledakkan beberapa mainan seperti bom dalam penggalian, setelah Aladdin menemukan danau minyak. Sementara bom meledak, Aladdin berhasil menyelamatkan semua orang dan Yasmine saat Jinu menciptakan hujan untuk memadamkan api bom. Ketika semuanya tampak baik-baik saja, Aladdin memberi tahu Yasmine yang memalsukan identitasnya di depannya bahwa ia jatuh cinta dengan Putri Yasmine. Mendengar ini, Yasmine kecewa seperti orang lain, Aladdin hanya menyukai sang Putri karena penampilan dan kekayaannya, bukan karena siapa dia sebenarnya sebagai pribadi.

Karena itu, Yasmine menulis surat merah untuk Aladdin yang menyatakan bahwa ia tidak dapat bekerja di istana dan mengirimkannya ke Akbar. Baik karena kekecewaan dan kebahagiaannya, Aladdin mendapatkan pekerjaan istana setelah suratnya diganti dengan orang lain. Yasmine lega melihat Aladdin di istana. Aladdin mengatakan kepadanya bahwa ia mendapat pos di dapur kerajaan dan terkejut melihatnya di istana mengenakan pakaian mahal. Yasmine berbohong dengan mengatakan kepadanya bahwa dia juga bekerja di sana untuk Puteri Yasmine. Aladdin diperkenalkan pada Nusrat Appa, yang terpana melihat Yasmine di dapur bersama Aladdin dan memperingatkannya untuk tidak pernah bertemu dengannya lagi dalam pertukaran pekerjaannya. Dalam kemarahan, Nusrat melemparkannya keluar dari istana tetapi menemukan motif sebenarnya di belakang Aladdin yang bekerja di istana. Setelah mendengar nama Omar, Nusrat memberitahunya tentang Mir Mustafa, seorang teman lama Omar. Yasmine yang telah diperingatkan oleh Nusrat terus menemui Aladdin dan membantunya dalam berbagai cara. Nusrat memberinya ultimatum sekarang tetapi masih belum berhasil menghentikan Yasmine bertemu Aladdin. Aladdin dan Yasmine mencari petunjuk tentang hilangnya Mir Mustafa. Bersama-sama mereka menemukan perangkap-gua dan Aladdin menemukan kalung suci milik Mir Mustafa. Ginu dan Aladdin mulai menyelidiki tentang kalung itu dan terpana melihat nama Nusrat terukir padanya.

Nusrat mengungkapkan bahwa dia dan Mir akan segera menikah sebelum dia menghilang. Setelah menemukan detail lebih lanjut tentang lokasinya, Aladdin dan Jinu berangkat untuk menemukannya. Zafar yang berada di belakang menghilangnya Mir menusuk Mir di belakang dengan pisau yang mematikan. Aladdin dan Jinu membawa Mir ke Nusrat di mana keduanya secara singkat bersatu dan Mir memberi mereka kunci ruang rahasia di rumah lama mereka. Sayangnya Mir meninggal, dan Nusrat berduka.

Aladdin pergi ke rumah tuanya untuk menemukan rahasia yang ingin diceritakan Mir dengan putus asa. Mengetahui hal ini, Zafar mengikutinya dengan menyamar sebagai seorang lelaki tua. Aladdin, sebagai Pencuri Hitam, dengan bantuan kunci, menemukan sebuah buku ajaib dengan bercerita tentang Evil Genie of The Ring, yang merupakan yang terkuat yang diciptakan oleh Mallika. Aladdin dan Zafar bertengkar di mana ia jatuh dari ketinggian, dan buku itu diambil oleh Zafar. Zafar mengetahui dari buku bahwa Genie of Ring akan ditemukan di Mesir, dan bahwa ia harus mengorbankan 15 orang. Zafar menyelenggarakan kompetisi untuk memilih 15 anggota. Aladdin ada di dalam pasukan, dan bertujuan untuk mengungkapkan identitas Muchhad kepada semua orang. Di Mesir, sebuah teka-teki diminta, yang tidak dapat dipecahkan oleh pasukan. Jadi, sebuah batu besar dilemparkan ke pasukan, tetapi Aladdin menghentikannya. Kemudian, mereka melawan para pembunuh.

Aladdin berkelahi dengan mereka, bersama dengan Yasmine dan Zafar, tetapi berhenti untuk mendapatkan satu kesempatan lagi untuk menjawab teka-teki itu. Dia benar, dan serangannya berhenti. Semua orang bersorak untuk Aladdin. Sementara itu, setelah Rukhsar menyanyikan lagu pengantar tidur untuk membuat Gulbadan tidur, Jinoo juga tidur, dan kembali ke lampu. Rukhsar tidak dapat menemukannya.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Utama[sunting | sunting sumber]

  • Siddharth Nigam sebagai Aladdin, pencuri kulit hitam Baghdad yang dipukul dengan putri Sultan.
  • Avneet Kaur (2018-2020) / Ashi Singh (2020-2021) sebagai Sultana-e-Baghdad, Sultana Yasmine, (sebelumnya Putri Yasmine) seorang wanita muda yang berani dan cantik, yang menjelajahi Baghdad untuk memastikan kesejahteraan warganya. Dia bertemu Aladdin dan menjadi sahabatnya. Keduanya jatuh cinta dan bertunangan. Ginu memanggilnya Pyari Pareshani Ji, dan dia berteman baik dengan Jinnee-Minee. Dia dibunuh oleh Omar di Musim 2 bersama dengan Aladdin. Di Musim 3, dia terlahir kembali di Turkistan sebagai orang biasa dan menjadi pencuri hitam kerajaan itu dan membantu orang yang membutuhkan. Dia juga memiliki burung beo berbicara bernama Chatar-Patar Shaheen. Yasmine akhirnya jatuh cinta pada Shehzada Aladdin saat ini dan mendapatkan kembali ingatannya.
  • Aamir Dalvi sebagai Zafar, seorang penyihir penipu, Wazir Agung Baghdad yang berencana untuk menggulingkan Sultan sebagai penguasa Baghdad dengan memperoleh lampu ajaib yang berisi Jin.
  • Raashul Tandon sebagai Jin, seorang Jin yang pernah menjadi pelayan enchantress yang kuat dan memiliki kekuatan untuk mengabulkan keinginan magis.

Pendukung[sunting | sunting sumber]

  • Smita Bansal sebagai Rukhsar, ibu Aladin
  • Gireesh Sahedev sebagai Muhammad Omar, ayah Aladin
  • Gyan Prakash sebagai Kaisar Shahnawaz, Sultan Baghdad, ayah Yasmine
  • Farhina Parvez sebagai Piddhi, pelayan Putri Yasmine yang setia dan sahabat.
  • Gulfam Khan sebagai Nazneen Begum, bibi Aladin, ibu Gulbadan
  • Badrul Islam sebagai Mustafa Ahmad, paman Aladdin, ayah Gulbadan
  • Vikas Grover sebagai Gulbadan, putra Nazneen dan Mustafa, sepupu Aladdin
  • Yashu Dhiman sebagai Permaisuri Mehrunisa, Sultana di Baghdad, ibu Yasmine
  • Chandan Anand sebagai Akbar, tangan kanan Zafar dan kepala penjaga istana.
  • Tushar Kawale sebagai Badal, ipar Zafar
  • Ritu Singh sebagai Bijli, ipar Zafar
  • Shweta Khanduri sebagai Aliza
  • Kunal Khosla sebagai Pangeran Zain dari Marrakesh
  • Nupur Alankar sebagai Nusrat Jahan
  • Vinod Kapoor sebagai Mir Mustafa, juru masak Kerajaan, sahabat Omar
  • Nausheen Ali Sardar sebagai Enchantress Mallika

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Tahun Penghargaan Kategori Penerima Referensi
2018 Zee Rishtey Awards Best New Show Aladdin — Naam Toh Suna Hoga
Indian Television Academy Awards Best Actor In A Negative Role Aamir Dalvi [1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]