Al Qunfudzah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Al Qunfudzah
القنفذة
Kota
Bendera Al Qunfudzah
Bendera
Lambang Al Qunfudzah
Lambang
Julukan: Selatan dari Ghadah
NegaraFlag of Saudi Arabia.svg Arab Saudi
ProvinsiMakkah (Mekkah)
Bergabung dengan Arab Saudi1925
Pemerintahan
 • Kegubernuran KotaFadha Al Bogami[1]
Penduduk (2010)
 • Total185.000
Zona waktuEAT (UTC+3)
 • Musim panas (DST)EAT (UTC+3)
Postal Code(5 digits)
Kode wilayah+966-17

Al Qunfudhah / Al Qunfudzah (bahasa Arab: القنفذة‎), juga dikenal sebagai Kunfuda, adalah sebuah kota di wilayah Tihamah di pantai Laut Merah. Penduduknya terbesar keempat di Provinsi Makkah, dan itu adalah salah satu pelabuhan laut besar Kerajaan Arab Saudi di Laut Merah.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Kota ini terletak di perbatasan barat daya provinsi Makkah, selatan Al Lith, berbatasan dengan kota Al Aradhiyah. Provinsi Asir di tenggara kota dan melewati jalan pesisir Internasional dari Jeddah - Jizan. Terletak 290 km ke selatan dari kota suci Mekkah, dan 340 km dari Jeddah. Diperkirakan populasi Al Qunfudzah adalah lebih dari 185.000 orang dibagi antara daerah perkotaan dan desa-desa pesisir dan ditinggalkan.

Rata-rata suhu tahunan adalah yang tertinggi dari Arab Saudi.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kota Al Qunfudzah dibangun pada tahun 709 pada awal abad kedelapan Hijriah. Sejak zaman kuno, kota ini menerima kafilah-kafilah dagang laut yang melakukan perjalanan dari Yaman ke Suriah dan sebaliknya. Nama Al Qunfudzah tidak muncul dalam tulisan-tulisan sejarah sampai dengan awal abad kesembilan Hijriyah setelah kepunahan Kesultanan Hali bin Yakub dari suku Bani Kinana dalam Hali selatan dari Al Qunfudhah.

Abad ketiga belas adalah titik awal untuk kampanye dari perang Muhammad Ali Pasha, karena itu merupakan arena bagi pasukan Tills melawan Ottoman dan Italia. Bangkai kapal Ottoman tenggelam oleh Italia yang ditemukan di perairan Laut Merah, sebelah selatan Qunfudzah.

Itu juga merupakan basis untuk kampanye Ottoman dan sekutunya mereka mengawasi Asir yang sebelumnya disebut (Bandar) oleh Ottoman, yang berarti (pasar) dalam bahasa turki. King Abdul Aziz memerintahkan Pangeran Al Qunfudzah Syarif Abdullah bin Hamzah untuk meninggalkannya pada bulan April 1344 H dan menunjuk Muhammad bin Agag sebagai pangeran di Qunfudah dan Turki bin Mohammed Bin Madi sebagai bagian keuangan. Sebagai pelabuhan, Qunfudzah adalah sebuah pelabuhan penting di pantai Laut Merah di mana ia memberikan kontribusi untuk menerima kapal-kapal besar dari Yaman dan Syam. Pelabuan ini menerima kapal laut Yunani dan Rumania. Datang untuk mendapatkan emas yang ada di wilayah ini. Pelabuhan ini juga menerima kafilah-kafilah dagang dan jamaah haji ke Mekah bahkan setelah pengambilalihan oleh pasukan Saudi. Pelabuhan itu juga menerima jamaah haji dari selatan semenanjung Arab dan jamaah haji dari Asia Tenggara, khususnya jamaah haji dari India.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

  • Daftar kota-kota di Arab Saudi

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Governor of Al Qunfudhah is promoted to the 15th degree". Al Riyadh. 19 November 2012. Diakses tanggal 21 April 2013.