Harmoni Cinta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Harmoni Cinta
Album studio karya Gita Gutawa
Dirilis1 Maret 2009
GenrePop, Pop remaja, Pop rock, Seriosa, Teater musikal, Balada, Simfoni, Opera
BahasaIndonesia, Inggris
LabelSony Music Indonesia
Kronologi Gita Gutawa
Kembang Perawan
(2007)Kembang Perawan2007
Harmoni Cinta
(2009)
Balada Shalawat
(2010)Balada Shalawat2010
Singel dalam album Harmoni Cinta
  1. "Aku Cinta Dia"
    Dirilis: Maret 2009
  2. "Parasit"
    Dirilis: April 2009
  3. "Meraih Mimpi"
    Dirilis: Agustus 2009
  4. "Mau Tapi Malu"
    Dirilis: Oktober 2009
  5. "Harmoni Cinta"
    Dirilis: Januari 2010
  6. "Selamat Datang Cinta"
    Dirilis: Maret 2010
  7. "Ayo (Come On)"
    Dirilis: Januari 2013

Harmoni Cinta adalah album studio musik pop kedua dari Gita Gutawa, penyanyi cilik Indonesia kala itu, yang dirilis tahun 2009. Lagu utama di album ini ialah Parasit dan Aku Cinta Dia. Lagu Parasit ini diciptakan Gita berdasarkan inspirasi dari pengalaman teman-temannya, saat ujian. Di sini Gita menyanyikan dua lagu daur ulang, Aku Cinta Dia yang pertama kali dipopulerkan pada tahun 1985 oleh Chrisye dan When You Wish Upon A Star, salah satu karya populer komponis Andrew Lloyd-Webber asal Amerika Serikat. Juga Gita menyanyikan lagu Lullaby yang dipersembahkan untuk adik kecilnya, Aura Aria Gutawa yang baru saja lahir saat album ini dirilis. Lagu Harmoni Cinta diiringi oleh orkes The City Of Prague Philharmonic Orchestra, dan direkam di Praha, Republik Ceko.

Daftar lagu[sunting | sunting sumber]

  1. Parasit (Cipt. Erwin Gutawa & Gita Gutawa)
  2. Harmony Cinta (Cipt. Melly Goeslaw)
  3. Selamat Datang Cinta (Cipt. Glenn Fredly)
  4. Mau Tapi Malu (With Duo Maia) (Cipt. Maia Estianty)
  5. Meraih Mimpi (Cipt. Gita Gutawa)
  6. When You Wish Upon a Star (Cipt. Andrew Lloyd-Webber, Ned Washington & Leigh Harline)
  7. Salah Jatuh Cinta (Cipt. Dewiq)
  8. Remember (Cipt. Dick Lee)
  9. Ayo (Come On) (Cipt. Gita Gutawa)
  10. Melangkah Lagi (Cipt. Yovie Widianto, Gita Gutawa & Eross Chandra)
  11. Aku Cinta Dia (Cipt. Adjie Soetama)
  12. Lullaby (Cipt. Erwin Gutawa, Lulu Gutawa & Gita Gutawa)

Parasit[sunting | sunting sumber]

"Parasit" merupakan lagu kedua dalam album ini dan merupakan lagu kelima Gita Gutawa dalam kariernya. Lagu ini menjadi sukses karena judul lagu tersebut, dan juga liriknya yang tidak biasa. Beberapa penggemar mengganggapnya lagu yang memberikan pengetahuan karena liriknya menggunakan istilah-istilah ilmiah yang tidak biasa digunakan dalam lirik lagu pop Indonesia, seperti "Hipotermia" dan "Dehidrasi". Video musik lagu ini juga menampilkan kutipan-kutipan dari kamus mengenai arti istilah-istilah ilmiah tersebut.

Lirik lagu ini bercerita tentang seorang gadis yang berusaha keras menjauh dari seorang teman dekatnya yang selalu meminta apa-apa darinya, dan akhirnya dia menyebut orang itu sebagai "Parasit" atau makhluk hidup yang menumpang hidup di atas hidup makhluk hidup lainnya. Lagu ini dinyanyikan dengan nada ceria dan jenaka sehingga tidak sekeras arti "parasit" yang umumnya dianggap sebagai konotasi negatif dalam slang bahasa Indonesia.

Tangga lagu[sunting | sunting sumber]

Lagu ini pertama kali ditampilkan di media televisi pada tahun 2007 dan mendapatkan sambutan yang meriah, baik dalam dunia RBT maupun tangga-tangga lagu di televisi Indonesia. Dibeberapa bagian, lagu ini melebihi kesuksesan lagu pertamanya, Aku Cinta Dia, karena lagu ini sukses bertahan di Top 5 di beberapa media. Lagu ini juga berhasil menjadi RBT terlaris versi KapanLagi.com selama 3 minggu. Lagu ini bertahan di posisi #1 di Inbox, #3 di Dahsyat, dan #1 di MTV Ampuh, On The Spot, dan Klik.

Tangga lagu (2007) Posisi
MTV Ampuh 1
Inbox 1
Dahsyat 3
On The Spot 1
Klik! 1

Aku Cinta Dia[sunting | sunting sumber]

"Aku Cinta Dia" merupakan versi daur ulang lagu yang diciptakan Adjie Sutama dan pertama kali dipopulerkan pada tahun 1985 oleh penyanyi pop legendaris Indonesia Chrisye lewat album berjudul sama. Versi Gita ini menjadi lebih segar dan bernuansa remaja ceria. Lagu ini merupakan lagu hit dari album Harmoni Cinta yang sangat populer di Indonesia saat dirilis.

Tangga lagu[sunting | sunting sumber]

Seperti lagu versi Chrisyenya, lagu ini kembali mencapai sukses komersial yang besar, karena berhasil mencapai posisi Top 15 di beberapa channel program musik. Lagu ini berhasil bertengger di posisi #12 di Inbox, #6 di Dahsyat, #3 di Klik! dan On The Spot, dan yang tersukses adalah nomor #1 di MTV Ampuh.

Tangga lagu (2009) Posisi
MTV Ampuh 1
Inbox 12
Dahsyat 6
On The Spot 3
Klik! 3

Pranala luar[sunting | sunting sumber]