Aksara Mandarin Maharani Wu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Aksara Mandarin Maharani Wu, atau Aksara Zetian (Hanzi: 則天文字; Pinyin: Zétiān wénzì), adalah aksara Mandarin yang diperkenalkan oleh maharani Wu Zetian, satu-satunya kaisar wanita dalam sejarah Tiongkok, untuk menunjukkan kekuatannya. Aksara-aksara itu bukan diciptakan oleh Wu Zetian sendiri, tetapi disarankan oleh seorang pejabat bernama Zong Qinke yang merupakan putra dari salah satu sepupunya pada bulan Desember, 689 Masehi. Jumlah aksaranya bervariasi antara 12, 17, 19, atau 30. Rakyat dipaksa untuk menggunakannya pada masa pemerintahannya, tetapi aksara-aksara itu tidak digunakan lagi setelah kematiannya, namun mereka dapat membantu untuk menentukan kapan tanggal barang-barang yang tercetak dengan aksara itu.

Ada beberapa aksara yang dipertahankan dalam penulisan sejarah tentang Wu Zetian, dan beberapa aksara telah diinput dalam database komputer modern, diklasifikasikan sebagai aksara varian atau dialek khusus.

Bentuk aksaranya bervariasi tergantung di mana atau pada apa aksara itu tertulis. Misalnya nama Wu sendiri 照 zhào diganti dengan 瞾, tetapi ini keliru[butuh rujukan] jika dianggap 曌, dalam Kamus Kangxi, akan ditemukan deskripsi yang memiliki dua aksara 目 ("mata") menjadi karakter yang tepat, alih-alih 明 míng ("terang").

Pranala luar[sunting | sunting sumber]