Akiko Shikata

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Akiko Shikata
Nama lahirAkiko Shikata (志方あきこ)
Lahir7 Januari
Tokyo, Jepang
GenreWorld, Folk, Neoclassical darkwave
PekerjaanPenyanyi-Penulis lagu, Komposer
Tahun aktif2001–sekarang
LabelVagrancy (2001-sekarang)
Hats Unlimited (2005-2007)
Frontier Works (2008-present)
Avex Trax (2009-present)
Artis terkaitTaro Hakase
Situs webhttp://shikata-akiko.com/

Akiko Shikata (志方あきこ, Shikata Akiko, lahir 7 Januari) adalah penyanyi-penulis lagu, komposer dari Jepang, yang dikenal dengan menulis musik untuk berbagai permainan dan anime. Dia terkenal akan kontribusinya di permainan video Ar tonelico, Shadow Hearts dan Umineko no Naku Koro ni, juga adaptasi anime dari Umineko no Naku Koro ni, Akatsuki no Yona dan Tales of Symphonia.

Musik buatan Shikata dikenal akan kekompleksan paduan suara dan rasa etnisnya.[1]Dalam satu lagunya, bisa jadi terdapat 200 rekaman vokal terpisah yang direkam.[2]

Biografi[sunting | sunting sumber]

Shikata lahir di Tokyo.[2]. Dia pertama tertarik pada musik saat dia masih sangat kecil, setelah bernyanyi dengan ibunya secara konstan[3] Dia pertama tertarik kepada lagu-lagu dari Minna no Uta, dan kemudian saat dia belajar musik piano klasik.

Pada tahun 2001, dia membentuk label independen Vagrancy, bekerja sama dengan pemusik Dōjin yang membuat musik independen untuk permainan. Awalnya dia tidak mempunyai keinginan untuk bernyanyi, tetapi ia merasa kurang puas dari membuat lagu hanya dari suara sintesiser.[3]

Pada tahun yang sama, dia merilis EP debutnya, Midori no Mori de Nemuru tori, lewat situsnya.[2] Beberapa tahun kemudian, dia merilis banyak karyanya lewat situsnya, kebanyakan berisi album instrumental yang dilakukan dengan sebuah kotak musik. Album lengkap pertamanya Haikyo to Rakuen (2003) menduduki peringkat di situs pengunduhan musik independen Jepang selama 24 bulan.[2] Pada tahun yang sama, dia mengerjakan jalur suara untuk permainan video independen "Hanakisō," karya pertamanya yang berhubungan dengan permainan video.

Pada tahun 2004, dia mengadakan konser live pertamanya.[2] Pada tahun 2005, dia debut sebagai artis label dibawah label Hats Unlimited yang dijalankan oleh pemain biola Taro Hakase.[2] Kerjasamanya dengan label membimbing Shikata untuk menghasilkan banyak jalur suara untuk permainan video, seperti Shadow Hearts: From the New World dan Ar tonelico: Melody of Elemia. Shikata melanjutkan untuk berkarya untuk waralaba Ar tonelico hingga sekarang, menghasilkan musik untuk permainan video mereka yang kedua dan ketiga.

Album lengkap keduanya, Raka, dirilis pada tahun 2006. Album itu meliputi beberapa lagu dari permainan video (dua lagu yang digunakan di Hanakisō, serta lagu tema pembuka yang telah diaransemen ulang dari Ar tonelico, "Utau Oka ~EXEC_HARVESTASYA/.~ (謳う丘~EXEC_HARVESTASYA/.~, Singing Hill)). Album ini adalah album pertamanya yang mencapai 40 besar, menduduki posisi 34 dalam tangga album Oricon.[4]

Pada tahun 2007, Shikata bekerja sama dengan permainan video dōjin, Umineko no Naku Koro ni, merilis sebuah EP yang meliputi musik dari permainan video tersebut (termasuk lagu tema yang berkaitan). Ini adalah 30 besar rilisan pertamanya.[4] Pada tahun 2009, album ketiganya yang berjudul Harmonia menembus 20 besar.[4]

Pada tahun 2009, Shikata membuat gerakan pertamanya dalam menyanyi untuk anime, dengan single pertamanya "Katayoku no Tori" yang digunakan sebagai lagu tema pembuka dalam adaptasi anime dari Umineko no Naku Koro ni. Pada tahun 2010, single keduanya, "Inori no Kanata", diguunakan sebagai lagu tema penutup untuk adaptasi anime dari Tales of Symphonia. Pada tahun 2014, dia menyusun sebuah jalur suara untuk seri anime Cross Ange.[5]

Discography[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "志方 あきこ - Akiko Shikata" (dalam bahasa Japanese). Diarsipkan dari versi asli tanggal 8 February 2010. Diakses tanggal 2010-02-23. 
  2. ^ a b c d e f "Akiko Shikata Biography" (dalam bahasa Japanese). Diarsipkan dari versi asli tanggal 25 January 2010. Diakses tanggal 2010-02-23. 
  3. ^ a b "『志方あきこ』、2年半振りの3rd Albumをリリース!!" (dalam bahasa Japanese). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-07-22. Diakses tanggal 2010-02-23. 
  4. ^ a b c "オリコンランキング情報サービス「you大樹」". Oricon. Diarsipkan dari versi asli tanggal 4 February 2010. Diakses tanggal 2010-02-23.  (subscription only)
  5. ^ "Sunrise Unveils Cross Ange Original TV Anime With 1st Promo". Anime News Network. August 3, 2014. Diakses tanggal August 3, 2014. 

Tautan luar[sunting | sunting sumber]