Akademi Teknik Soroako

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Akademi Teknik Soroako
RektorJasman, S.S.T., M.M.
Logo ATS.png

Akademi Teknik Soroako (sebelumnya bernama ISTC: Inco–Sumitomo Technical Training Center), adalah perguruan tinggi swasta di Sorowako, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, Indonesia, yang berdiri pada tahun 1991. Rektor periode tahun 2014-2018 adalah Jasman, S.S.T, M.M.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

ATS (awalnya bernama ISTC: Inco–Sumitomo Technical Training Center) didirikan oleh PT Inco Tbk atas dana patungan INCO Ltd. Canada dan Sumitomo Metal Mining – Jepang pada tahun 1991 dengan tujuan memberikan kontribusi di bidang pendidikan dan keterampilan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia masyarakan di area pertambangan PT. Inco Tbk maupun nasional, agar memiliki kesiapan dalam menghadapi tuntutan kebutuhan tenaga kerja bagi industri.

Pada awal berdirinya, ISTC menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan selama dua tahun hingga tahun 1993. Kemudian dikembangkan menjadi institusi pendidikan perguruan tinggi melalui pengajuan izin penyelenggaraan ke Dikti dan Kopertis IX. ISTC berubah nama menjadi Akademi Teknik Soroako (ATS) sesuai dengan Kepmen P & K RI No.151/D/O/1993. ATS secara resmi menyelenggarakan program pendidikan Diploma III - Program Studi Perawatan dan Perbaikan Mesin.

Dengan semakin bertambahnya fasilitas pendukung, sumber daya, serta tuntutan untuk berproduksi maka sejak Tahun Akademik 2003/2004 program studi dikembangkan menjadi empat bentuk konsentrasi/spesialisasi teknik sebagai berikut:

  • Gambar dan Desain Mekanik (Drawing, Drafting and Design),
  • Pemeliharaan dan Perbaikan Mesin (Mechanical Maintenance),
  • Pembuatan Sukucadang Mesin (Machine and Process Operation / Machining),
  • Fabrikasi dan Pengelasan (Fabrication and Welding).
  • Otomotif (Automotive)

Program Studi[sunting | sunting sumber]

Akademi Teknik Soroako memiliki 1 program studi, yaitu:

  1. Program Studi Perawatan dan Perbaikan Mesin

Sertifikasi[sunting | sunting sumber]

  1. ISO 9001:2008 oleh PT TÜV Rheinland Indonesia No. Sertifikat: 01 100 059071[pranala nonaktif permanen]
  2. Akreditasi B per 2011 s.d. 2016 berdasarkan SK BAN-PT No. 003/BAN-PT/Ak-XI/Dpl-III/VI/2011[pranala nonaktif permanen]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]