Akademi Sains, Teknik, dan Kedokteran Nasional

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Akademi Sains, Teknik, dan Kedokteran Nasional
The Keck Center of the National Academies by Matthew Bisanz.JPG
The Keck Center di Akademi Nasional, Washington, D.C.
Didirikan1863 (Akademi Sains Nasional), 1916 (Dewan Riset Nasional), 2015 (Akademi Sains, Teknik, dan Kedokteran Nasional)
Kantor pusatWashington, D.C., USA
KeanggotaanIlmuwan, insinyur, dan profesional kesehatan
Bahasa resmiInggris

Akademi Sains, Teknik, dan Kedokteran Nasional (dalam bahasa aslinya adalah National Academies of Sciences, Engineering, and Medicine) (juga disebut NASEM atau the National Academies) adalah akademi nasional ilmiah kolektif Amerika Serikat. Nama ini digunakan secara bergantian dalam dua pengertian:

1. Sebagai istilah umum untuk tiga organisasi anggota kehormatan independen-semu: Akademi Sains Nasional (NAS), Akademi Teknik Nasional (NAE), dan Akademi Kedokteran Nasional (NAM).

2. Sebagai merek untuk studi dan laporan yang dikeluarkan oleh Dewan Riset Nasional (NRC) yang bertindak sebagai cabang operasional dari ketiga akademi di atas. NRC pertama kali dibentuk pada tahun 1916 sebagai aktivitas dari NAS. Sekarang diatur oleh ketiga akademi secara bersama-sama, NRC menghasilkan sekitar 200 publikasi setiap tahun yang diterbitkan oleh National Academies Press.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Akademi Sains Nasional Amerika Serikat (NAS) dibuat berdasarkan undang-undang "Act of Incorporation" tertanggal 3 Maret 1863, yang pada saat itu ditandatangani oleh Presiden Amerika Serikat, Abraham Lincoln.[1] Undang-undang tersebut menyatakan bahwa "... Akademi, setiap kali dipanggil oleh departemen Pemerintah mana pun, akan menyelidiki, memeriksa, bereksperimen, dan melaporkan setiap subjek ilmu pengetahuan atau seni ..."[1] Dengan meletusnya Perang Saudara Amerika, Akademi baru ini dihadapkan dengan beberapa masalah untuk dipecahkan, tetapi Akademi berhasil menangani masalah "... uang logam, bobot dan ukuran, lambung kapal besi, dan kemurnian dari wiski ..."[1] Semua organisasi yang berafiliasi, secara keseluruhan dibuat di bawah piagam kongres yang sama, termasuk dua akademi yang lebih baru, Akademi Teknik Nasional (NAE) (dibuat pada tahun 1964) dan NAM (awalnya bernama Institute of Medicine di 1970 dan dinamai ulang menjadi NAM pada 2015).[2]

Di bawah piagam yang sama, Dewan Riset Nasional (NRC) dibentuk pada 1916. Pada 19 Juni tahun itu, Presiden AS Woodrow Wilson meminta agar Akademi Sains Nasional (NAS) menyelenggarakan "Dewan Penelitian Nasional". Tujuan dari Dewan (pada awalnya disebut National Research Foundation) sebagian untuk mendorong dan menganjurkan "peningkatan penggunaan penelitian ilmiah dalam pengembangan industri Amerika ... penggunaan metode ilmiah dalam memperkuat pertahanan nasional ... dan aplikasi sains lainnya seperti mempromosikan keamanan dan kesejahteraan nasional."[3]

Program lain[sunting | sunting sumber]

The Christine Mirzayan Science and Technology Policy Fellowship adalah program tahunan bagi mahasiswa pascasarjana saat ini, untuk bekerja selama tiga bulan di Akademi Nasional.[4] Akademi ini juga sempat mengelola Museum Sains Marian Koshland di pusat kota Washington D.C. hingga penutupannya pada tahun 2017. Museum itu kemudian diubah menjadi LabX, sebuah program sumber daya online dan sebagai tempat diadakannya acara publik nasional yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan solusi ilmiah yang berbasis bukti untuk masalah masyarakat.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Rexmond, Cochrane (1978). The National Academy of Sciences: The First Hundred Years, 1863-1963. NAP. hlm. 209–211. ISBN 0-309-02518-4. 
  2. ^ "Institute of Medicine to Become National Academy of Medicine". The National Academies of Sciences, Engineering, and Medicine. 
  3. ^ Rexmond, Cochrane (1978). The National Academy of Sciences: The First Hundred Years, 1863-1963. NAP. hlm. 209–211. ISBN 0-309-02518-4. 
  4. ^ "Christine Mirzayan Science & Technology Policy Graduate Fellowship Program". U.S. National Academies. Diakses tanggal 26 July 2014. 
  5. ^ "About". Marian Koshland Science Museum (dalam bahasa Inggris). 2012-02-16. Diakses tanggal 2019-05-13.