Akademi Bahasa dan Sastra Persia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Akademi Bahasa dan Sastra Persia
فرهنگستان زبان و ادب فارسی
Farhangestân-e Zabân-o Adab-e Fârsi
Tanggal pendirian20 Mei 1935; 87 tahun lalu (1935-05-20)
Tujuansebagai pembaku dan pengatur bahasa Persia.
Kantor pusatTeheran, Iran
Jumlah anggota
Sekitar 300 anggota
Presiden
Gholam-Ali Haddad-Adel
Situs webhttps://apll.ir/

Akademi Bahasa dan Sastra Persia (bahasa Persia: فرهنگستان زبان و ادب فارسی, Farhangestân-e Zabân-o Adab-e Fârsi) adalah badan pengatur resmi bahasa Persia dan bahasa-bahasa di Republik Islam Iran, yang bermarkas di Teheran, Iran. Sebelumnya dikenal sebagai Akademi Iran (فرهنگستان ایران, Farhangestân-e Iran), organisasi ini didirikan pada tanggal 20 Mei 1935, atas prakarsa oleh Reza Shah, pendiri Dinasti Pahlavi.[1]

Kebijakan tentang nama Persia dalam bahasa asing[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 19 November 2005, Akademi Bahasa dan Sastra Persia menyampaikan pengumuman atas nama bahasa Persia, menyarankan menolak penggunaan kata Farsi dalam bahasa-bahasa asing (sebagai perbandingan dengan Persiki Περσική dalam bahasa Yunani, persa dalam bahasa Prancis, "Persia" dalam bahasa Indonesia, dll). Pengumuman kebijakan itu berbunyi:[2][3][4][5]

  1. Persia telah digunakan dalam berbagai terbitan termasuk catatan kebudayaan, ilmiah, dan diplomatik selama berabad-abad dan, oleh karena itu, membawa makna sejarah dan budaya yang sangat penting. Sehingga, mengubah Persia menjadi Farsi akan meniadakan pengaruh penting yang sudah mapan.
  2. Mengubah penggunaan Persia menjadi Farsi dapat memberikan kesan bahwa "Farsi" adalah bahasa baru, meskipun mungkin merupakan maksud dari beberapa pengguna Farsi.
  3. Mengubah penggunaan juga dapat memberi kesan bahwa "Farsi" adalah dialek yang digunakan di beberapa bagian Iran ketimbang bahasa utama dan resmi.
  4. Kata Farsi tidak pernah digunakan dalam makalah penelitian atau dokumen universitas mana pun dalam bahasa-bahasa di dunia Barat mana pun, dan usulan untuk mulai menggunakannya akan menimbulkan keraguan dan keambiguan tentang nama bahasa resmi Iran.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "فرهنگستان زبان و ادب فارسی". Persian Academy. Diarsipkan dari versi asli tanggal 14 April 2011. Diakses tanggal 23 December 2011. 
  2. ^ "Persian or Farsi?". Iranian. 16 December 1997. Diakses tanggal 23 December 2011. 
  3. ^ "Fársi: 'Recently appeared language!'". Persiandirect. Diarsipkan dari versi asli tanggal 3 March 2016. Diakses tanggal 23 December 2011. 
  4. ^ "Persian or Fársi?". Persiandirect. Diarsipkan dari versi asli tanggal 15 September 2016. Diakses tanggal 23 December 2011. 
  5. ^ Samī‘ī Gīlānī, Aḥmad, ed. (Spring 1995). "متنِ اعلامِ نظرِ شورای فرهنگستانِ زبان و ادبِ فارسی درباره‌ی کاربردِ Farsi به جای Persian در مکاتباتِ وزارتِ امورِ خارجه" (PDF). The Quarterly Journal of the Academy of Persian Language and Literature (dalam bahasa Persian). Tehran. 1 (1): 152. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2016-03-04. Diakses tanggal 2012-02-16.