Ajami (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Ajami
Ajami Arabic.jpg
Poster teatrikal berbahasa Arab
Sutradara Scandar Copti
Yaron Shani
Produser Moshe Danon
Thanassis Karathanos
Talia Kleinhendler
Penulis Scandar Copti
Yaron Shani
Pemeran Fouad Habash
Ibrahim Frege
Scandar Copti
Shahir Kabaha
Eran Naim
Musik Rabih Boukhari
Sinematografi Boaz Yehonatan Yaacov
Penyunting Scandar Copti
Yaron Shani
Tanggal rilis
  • 22 Mei 2009 (2009-5-22) (Cannes)
Durasi
120 menit
Negara Israel
Bahasa Arab
Ibrani
Anggaran $1 juta
Pendapatan kotor $2.2 juta

Ajami (Arab: عجمي‎; bahasa Ibrani: עג'מי) adalah sebuah film drama Arab Israel 2009. Alurnya berlatar belakang wilayah Ajami, Jaffa, Israel.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Film tersebut ditulis dan disutradarai oleh Scandar Copti (orang Palestina yang lahir dan dibesarkan di Yafa) dan Yaron Shani (orang Yahudi Israel), Ajami menampilkan lima kisah yang berbeda yang berlatar belakang wilayah Kristen-dan-Muslim Arab di metropolis Tel Aviv - Jaffa, yang bernama Ajami. Beberapa karakter diperankan oleh aktor non-profesional yang membuat ceritanya serasa sebuah dokumenter. Karakter Arab-nya berbicara menggunakan bahasa Arab satu sama lain, karakter Yahudi-nya berbicara menggunakan bahasa Ibrani satu sama kali, dan adegan antara Arab dan Yahudi merupakan penggambaran alamiah dari karakter-karakter yang menggunakan kedua bahasa tersebut, seperti halnya di kehidupan nyata. Film tersebut adalah hasil kerjasama produksi dari perusahaan Perancis, Jerman dan Israel – Inosan Productions, Twenty Twenty Vision, Israel Film Fund, Medienboard Berlin-Brandenburg, ZDF, Arte, World Cinema Fund.[1]

Sambutan[sunting | sunting sumber]

Di Israel, film tersebut sangat terkenal, dan memenangkan Penghargaan Ophir untuk Film Terbaik, mengalahkan pemenang Penghargaan Golden Lion Lebanon. Film tersebut berbanding dengan film-film awal Pier Paolo Pasolini, danfilm-film kejahatan paling terkini seperti City of God dan Gomorra.

Ajami adalah film berbahasa Arab paling dominan pertama yang diwakilkan oleh Israel pada Academy Award untuk Film Berbahasa Asing Terbaik, dan film tersebut dinominasikan untuk penghargaan tersebut.[2] Film tersebut dikalahkan oleh El secreto de sus ojos (Argentina). Peristiwa tersebut adalah tahun ketiga dimana sebuah film Israel dinominasikan untuk sebuah Academy Award.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Jewish-Arab crime film captures tensions, BBC, October 2009
  2. ^ Brown, Hannah (2010-02-02), "‘Ajami’ nominated for Oscar", The Jerusalem Post 

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Ajami di Free TV Movie Database

Pranala luar[sunting | sunting sumber]