Air terjun Shivanasamudra

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Air Terjun Shivanasamudra
Air Terjun Gaganachukki dan Barachukki
Barahachukki.jpg
Air terjun Shivanasamudra Kaveri
LokasiDistrik Chamarajanagar, Karnataka, India
Koordinat12°17′38″N 77°10′05″E / 12.294°N 77.168°E / 12.294; 77.168Koordinat: 12°17′38″N 77°10′05″E / 12.294°N 77.168°E / 12.294; 77.168
Tinggi total90 meter (300 ft)
Jumlah titik2: Gaganachukki, Barachukki
Anak sungaiSungai Kaveri
Rata-rata laju aliran934 meter kubik/detik (33.000 kaki kubik/detik)

Shivanasamudra adalah sebuah kota kecil di Distrik Chamarajanagar di negara bagian Karnataka, India. Kota kecil ini berada di tepi Sungai Kaveri, yang menjadi perbatasan dengan Distrik Mandya. Air Terjun Shivanasamudra adalah lokasi salah satu pembangkit listrik tenaga air pertama di Asia, yang mulai dibangun pada tahun 1902. Proyeknya didesain oleh Diwan Sheshadri Iyer.[1]

Air terjun[sunting | sunting sumber]

Air Terjun Shivanasamudra berada di Sungai Kaveri melalui aliran sungai itu di antara bebatuan dan jurang di Dataran Tinggi Dekkan dan jatuh membentuk air terjun.[2] Kota pulau Shivanasamudra membagi sungai tersebut menjadi dua air terjun. Sekelompok kuil kuno terletak di sini dan di sana dulu ada sebuah desa.

Air Terjun Shivanasamudra adalah air terjun tersegmentasi. Air terjun tersegmentasi terjadi ketika aliran air terpecah menjadi dua atau lebih saluran sebelum jatuh dari tebing, yang menghasilkan dua atau lebih air terjun bersebelahan. Air terjun ini memiliki lebar rata-rata 305 meter (1001 ft), ketinggian 98 m (322 ft), dan volume air rata-rata 934 meter kubik per detik (33000 cu ft/s). Volume air maksimum yang pernah tercatat adalah 18,887 meter kubik per detik (667,0 cu ft/s).

Ini adalah air terjun abadi (tidak pernah kering). Aliran terbaik adalah pada musim muson mulai Juli hingga Oktober.[3]

Kesalahpahaman umum tentang air terjun ini adalah bahwa segmen kiri disebut Gaganachukki dan kanan disebut Bharachukki. Pada kenyataannya Air Terjun Bharachukki berada beberapa kilometer barat daya Air Terjun Gaganachukki karena Sungai Kaveri sendiri terbelah beberapa kilometer ke selatan menjadi anak sungai barat dan timur. Anak sungai barat menghasilkan Air Terjun Gaganachukki dan yang timur menghasilkan Air Terjun Bharachukki. Tempat terbaik untuk melihat Air Terjun Gaganachukki adalah dari menara pengawas Shivanasamudra. Banyak gambar yang menunjukkan kedua air terjun itu diambil dari lokasi tersebut. Akses lain menuju Air Terjun Gaganachukki adalah dari Darga Hazrath Mardane Gaib (Imam Ali). Meskipun telah dipasang tanda larangan, orang-orang mendaki bebatuan dan mencoba melihat kedua air terjun itu dari belakang/atas, sehingga banyak terjadi kecelakaan fatal. Air terjun ini berjarak 139 km (86 mi) dari kota Bengaluru.

Kuil[sunting | sunting sumber]

Kuil Sri Ranganathaswamy yang berada di sini dibangun dengan gaya arsitektur Dravida. Oleh masyarakat setempat, Sri Ranganathaswamy disebut juga sebagai "Madhya Ranga", yang sangat dihormati oleh penyembah Sri Vyshanava di antara para Ranga. Dari ketiga Ranga, Madhya Ranga diyakini mewakili bentuk muda dari Tuhan dan karena itu, disebut juga sebagai 'Mohana Ranga' dan 'Jaganmohana Ranga'. Kuil Madhya Ranga adalah kuil kuno yang memiliki satu berhala indah, tapi karena lokasinya yang jauh, pengunjungnya sedikit. Kuil sering tetap tertutup bagi pengunjung karena pendeta setempat tidak tepat ada dan otoritas kuil pemerintah Karnataka tidak banyak berbuat untuk memelihara dan mempromosikan tempat ini.[4] Ada tiga candi lagi di tiga sisi lain pulau.

Kuil Sri Someshwara kuno adalah kuil terkenal lainnya di Shivanasamudra. Adiguru Sri Shankaracharya disebut telah mengunjungi tempat ini dan mendirikan "Sri Chakra". Secara tidak biasa dipercayai bahwa Lingga Someshwara di sini telah ada jauh sebelum berhala Ranganantha dan para pengikut Saptaresi melakukan pemujaan dan penyembahan lingga ini.

Kuil Shakthi Devathe di Vanadurga Devi berjarak 1 kilometer (0,62 mi) dari Kuil Someshwara.

Pembangkit listrik[sunting | sunting sumber]

Di air terjun ini terletak pembangkit listrik tenaga air kedua India dan pembangkit listrik itu masih berfungsi. Stasiun pembangkit ini diperintahkan oleh Diwan Mysore, Sir K. Seshadri Iyer. Tenaga listrik yang dihasilkan awalnya digunakan di Area Tambang Emas Kolar. Pembangkit listrik ini termasuk yang pertama di Asia.

Pembangkit listrik ini dapat dikunjungi setelah mendapat izin khusus dari Perusahaan Listrik Karnataka. Di stasiun pembangkit listrik ini pengunjung dapat merasakan lift kerekan buatan Inggris.

Transportasi[sunting | sunting sumber]

Ada beberapa bus yang tersedia dari Pasar Bengaluru dan Malavalli ke Milega. Disarankan untuk berangkat dari Penunjuk Arah Satya Gala yang berjarak 2 kilometer (1,2 mi).

Banyak kendaraan roda tiga tersedia di antara air terjun dan Penunjuk Arah Satya Gala. Baru-baru ini banyak resor ramah lingkungan, seperti Chukkimane, telah muncul di dekat air terjun yang menawarkan penginapan bagi para pelancong yang ingin menghabiskan waktu di air terjun.

Ada sebuah restoran kecil yang dikelola oleh Perusahaan Pengembangan Pariwisata Negara Bagian Karnataka di Air Terjun Gaganachukki. Selain itu, wisatawan harus ke jalan raya untuk bisa menemui beberapa dhaba (rumah makan tepi jalan).

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Sivasamudram Falls comes alive". The Hindu. 2007-07-19. Diakses tanggal 2008-02-15. 
  2. ^ "Shivanasamudra Falls". Bengalooru Tourism (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 16-11-2019. 
  3. ^ "World Waterfall Database". Diakses tanggal 2012-07-07. 
  4. ^ "Sri Ranganathawamy Temple: History about Shivana Samudra". Government of Karnataka (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 05-10-2018. Diakses tanggal 17-11-2019. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]