Air terjun Rhein

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Air terjun Rhein
bahasa Jerman: Rheinfall
2016-08-30 18-32-03 347.0 Switzerland Kanton Schaffhausen Neuhausen Rheinfall.JPG
Air Terjun Rhein, Agustus 2016
Lokasi Di perbatasan antara Schaffhausen dan Zürich disamping Schaffhausen, di bagian Swiss utara
Tipe Blok tersegmentasi
Ketinggian 364 m (1.194 ft)
Tinggi total 23 meter (75 ft)
Lebar total 150 meter (490 ft)
Anak sungai Rhein
Rata-rata laju aliran 250 m3/s (8.800 cu ft/s) during winter,
600 m3/s (21.000 cu ft/s) during summer

Air terjun Rhein (bahasa Jerman: Rheinfall, singular) merupakan air terjun terluas di Swiss, Eropa.[1][2]

Air terjun ini berlokasi di Rhein Atas yang berbatasan antara Schaffhausen (SH) dan Zürich (ZH), antara kotamadya Neuhausen am Rheinfall (SH) dan Laufen-Uhwiesen/Dachsen (ZH), bersebelahan dengan kota Schaffhausen di Swiss utara.

Air terjun ini memiliki lebar 150 meter (490 ft) dan tinggi 23 meter (75 ft). Di musim dingin, alirannya memiliki rata-rata 250 m3/s (8.800 cu ft/s), sementara di musim panas, aliran sungainya memiliki rata-rata 600 m3/s (21.000 cu ft/s). Aliran tertinggi yang pernah diukur adalah 1.250 meter kubik per detik (44.000 cu ft/s) di tahun 1965; dan yang paling rendah, 95 meter kubik per detik (3.400 cu ft/s) di tahun 1921.[3]

Air terjun tidak bisa didaki oleh ikan, kecuali belut yang mampu menetas jalan mereka di atas bebatuan.

Geologi[sunting | sunting sumber]

Air Terjun Rhein yang dilihat dari Rhein

Air Terjun Rhein terbentuk pada zaman es terakhir, sekitar 14,000 hingga 17,000 tahun yang lalu, akibat resistensi erosi pada batuan yang menyempit dasar sungai. Kemajuan glasial pertama membentuk bentang alam hari ini di sekitar 500.000 tahun yang lalu. Hingga akhir Fase Wolstonian, yang berkisar 132.000 tahun yang lalu, Air Terjun Rhein mengalir ke wilayah barat Schaffhausen melewati Klettgau. Bagian dasar sungai ini kemudian dipenuhi kerikil.

Sekitar 132.000 tahun yang lalu arah sungai berubah ke selatan di Schaffhausen dan membentuk saluran baru, yang juga dipenuhi kerikil. Bagian dari sungai Rhein hari ini mencakup dasar sungai kuno ini.

Selama glasiasi Würm, air terjun Rhein didorong jauh ke selatan, hingga ke tempatnya yang sekarang, di atas batu gamping Jurassic akhir yang keras. Saat sungai mengalir di atas batu gamping serta kerikil yang mudah terkikis akibat glasiasi sebelumnya, air terjun saat ini terbentuk sekitar 14.000 hingga 17.000 tahun yang lalu. Rheinfallfelsen, yaitu batu besar merupakan sisa-sisa tebing kapur asli yang mengapit bekas saluran tersebut. Batu karang tersebut terkikis selama bertahun-tahun karena sedimen kecil yang relatif sedikit turun dari Danau Konstanz.

Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Sisi utara air terjun merupakan situs mill. Pada abad ke-17, sebuah tanur dengan ledakan tinggi dalam peleburan bijih besi ditemukan pada batu kapur yang telah dibangun. Hal ini beroperasi hingga paruh pertama abad ke-19.

Di tahun 1887, perusahaan besi mengajukan izin untuk mengalihkan seperempat hingga satu setengah aliran sungai sebagai pembangkit listrik. Klub Alpine Swiss, atau Schweizerische Naturforschende Gesellschaft (yaitu kelompok alam) dan beberapa masyarakat ilmiah menentang rencana tersebut.

Di tahun 1913, sebuah kompetisi internasional diadakan dalam rencana terbaiknya sebagai rute pengiriman antara Basel dan Danau Konstanz.

Di tahun 1919, sebuah perusahaan ingin membangun pembangkit listrik di Swiss utara dan memberitahukan bahwa terdapat stasiun di air terjun Rhein yang "harus melayani kepentingan ekonomi masyarakat".[4]

Di tahun 1944, Dewan Negara Swiss memberikan izin untuk membangun pembangkit listrik yang diusulkan. Izin tersebut mulai berlaku secara efektif pada tanggal 1 Februari 1948, dengan konstruksi yang dimulai pada tahun 1952. Namun pada tahun 1951, Neuen Helvetischen Gesellschaft (Masyarakat Baru Swiss), di bawah kepemimpinan Emil Egli, mendapati 150.000 warga Swiss menandatangani petisi untuk memprotes proyek tersebut; beberapa pihak yang menandatanganinya terdiri dari 49 warga terkenal, termasuk Hermann Hesse dan Carl Jacob Burckhardt. Petisi tersebut tidak hanya menenggelamkan proyek pembangkit listrik, tetapi secara efektif mencegah semua proyek rekayasa tenaga air dan navigasi di masa depan di Rhein hulu hingga kini.[5]

Saat ini, air terjun tersebut masih dalam pertimbangan proyek PLTA. Jika aliran air secara penuh digunakan, daya yang dihasilkan rata-rata sekitar 50 MW. Nilai ekonomi air terjun tersebut berpotensi besar dijadikan sebagai objek wisata.

Pariwisata[sunting | sunting sumber]

Komunitas terdekat adalah Neuhausen am Rheinfall, di mana para wisatawan juga dapat melihat Kastil Wörth.[6] Perjalanan dengan kapal dapat ditempuh di Rhein hingga mengarah ke air terjun dan Rheinfallfelsen. Terdapat pula platform dengan pemandangan spektakuler dari air terjun yang dibangun di kedua sisi Rhein. Hal ini dicapai melalui tangga curam dan sempit (di mana akses dengan biaya berada pada sisi Schloss Laufen). Tur berpemandu dengan beragam panjang mulai dari Schloss Laufen di samping Zürich, yaitu sebuah hostel pemuda yang terletak di Schloss Laufen. Berbagai restoran terletak di Schloss Laufen, yaitu Schloss Wörth dan taman Rheinfall.

Air Terjun Rhein mudah diakses dengan mobil, sepeda dan transportasi umum (stasiun kereta api SBB "Neuhausen am Rheinfall" yang berada di sisi utara air terjun dan stasiun kereta api SBB atau "Schloss Laufen am Rheinfall" berada di tepi selatan sungai). Tempat parkir besar terletak di kedua sisi air terjun.

Para turis terpesona oleh Air Terjun Rhein selama berabad-abad. Pada abad ke-19, pelukis J. M. W. Turner membuat beberapa penelitian dan lukisan yang lebih besar air terjun,[7] dan penyair liris Eduard Mörike menulis tentang air terjun sebagai berikut:

Halte dein Herz, o Wanderer, fest in gewaltigen Händen!
Mir entstürzte vor Lust zitternd das meinige fast.
Rastlos donnernde Massen auf donnernde Massen geworfen,
Ohr und Auge, wohin retten sie sich im Tumult?
(Pegang hatimu, oh musafir, pegang erat dengan kuat!
Tambang hampir roboh, menggigil dengan senang hati.
Massa gemuruh yang dilemparkan, massa yang bergemuruh,
Telinga dan mata, ke mana mereka menyelamatkan diri, yang sedemikian gempar?)

Di tahun 1840, penulis Mary Shelley mengunjungi Air Terjun saat melakukan tur ke Eropa bersama anaknya. Dia menggambarkan kunjungannya dalam sebuah narasi perjalanan yang dia publikasikan di tahun 1844, dengan judul Pelancong Jerman dan Italia. Dia berkata: "Sebagian dari lengkungan katarak yang berada di atas lapisan paling bawah, dan semprotan yang jatuh tebal pada kami, saat berdiri di atasnya dan ketika melihat ke atas, kami melihat gelombang, batu, dan awan, serta surga yang jelas melalui kilau yang pernah ada - hal ini merupakan pemandangan baru, melebihi apapun yang pernah saya lihat, tetapi tidak menjadi basah, saya terpaksa segera melepaskan diri.".[8]

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Northeast Switzerland". Berlitz:Switzerland Pocket Guide. Princeton, NJ: Berlitz Publishing Company. April 1999. hlm. 39. ISBN 2-8315-7159-6. 
  2. ^ "Lakes and Rivers" (official site). Berne, Switzerland: Presence Switzerland. Diakses tanggal 2017-11-18. 
  3. ^ "Facts & figures". Schaffhausen, Switzerland: Interessensgemeinschaft Rheinfall. Diakses tanggal 2016-11-07. 
  4. ^ Uehlinger, A. (1941): Die Naturschutzbestrebungen am Rheinfall. In: Schweizer Naturschutz 7:95-102.
  5. ^ Alfred Barthelmeß (1988): Landschaft-Lebensraum des Menschen S. 165 ff. Verlag Alber.
  6. ^ http://www.planetware.com/schaffhausen/rhine-falls-schloss-worth-ch-sh-sw.htm
  7. ^ Turner painting at nationalgalleries.org
  8. ^ Shelley, Mary (1996). Travel Writing. London: Pickering. hlm. 102. ISBN 1-85196-084-8. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]